Perempuan Wajib Tahu Fakta Dibalik Mitos Seputar Menstruasi

Smart Viewers, sebagai perempuan tentu kita sudah tidak asing lagi dengan banyaknya rumor yang beredar seputar masa menstruasi, ya! Dari sekian banyaknya rumor tersebut, faktanya sebagian besar hanya sekedar mitos saja loh, Smart Viewers! Salah satu dari beragam mitos yang akrab kita dengar yaitu tidak boleh minum air es, konon katanya wanita yang meminum air es saat menstruasi dapat membuat darah menstruasi membeku.

Meski begitu, mungkin saja hal tersebut dapat dibuktikan secara ilmiah atau mungkin terdapat alasan lain yang menjadikan hal tersebut sebagai sebuah pantangan bagi perempuan saat menjalani masa menstruasi. Untuk itu, BINUS TV akan membahas seputar mitos-mitos yang akrab di dengar selama masa menstruasi beserta fakta ataupun penjelasannya secara ilmiah. Simak informasinya di bawah ini, yuk!

  1. Makan Mentimun

Konon saat sedang menstruasi, memakan mentimun dapat menyebabkan darah menempel pada dinding rahim yang memicu kanker ovarium, karena nya kita tidak diperbolehkan memakan mentimun saat sedang menstruasi. Dikutip dari hellosehat, dokter spesialis kandungan membantah dengan mengatakan mitos tersebut tidaklah benar.

Faktanya, dikutip dari laman YesDok bahwa mentimun merupakan asupan yang aman dan baik dikonsumsi saat menstruasi. Sebab timun memiliki kandungan air yang tinggi, kaya serat, dan vitamin A, C, K, karbohidrat, magnesium, kalium, folat, dan mangan. Sehingga dengan itu, konsumsi timun dapat membantu mencukupi kebutuhan cairan tubuh harian dan mencegah dehidrasi saat menstruasi. Manfaat lain yang dimiliki timun selain itu diantaranya dapat meredakan nyeri, kram atau perut kembung selama haid.

  1. Minum Soda

Konsumsi minuman bersoda konon dapat melancarkan aliran darah saat menstruasi. Namun dalam hal tersebut, tidak dapat ditemukan keterkaitan antara pengaruh soda dengan menstruasi, sehingga hal itu hanya sekedar mitos. Dilansir dalam laman klikdokter, menstruasi membuat tubuh wanita mengalami perubahan hormon. Karenanya, wanita cenderung lebih memilih makanan dan minuman yang kurang baik bagi tubuh, salah satunya konsumsi minuman bersoda. Didalamnya terkandung gas karbon dioksida, dan kafein, serta gula yang tinggi. Berdasarkan beberapa studi yang telah dilakukan menyebutkan bahwa minum soda saat haid meningkatkan volume dan durasi menstruasi. Meskipun meningkat, tapi bukan berarti haid menjadi lancar.

Dikutip dari hellosehat, faktor yang mempengaruhi lancarnya darah menstruasi disebabkan oleh perubahan hormon yang terjadi selama masa menstruasi, sehingga dapat menimbulkan rasa tidak nyaman selama masa menstruasi. Dengan begitu, konsumsi soda dapat lebih memberikan rasa tidak nyaman selama menstruasi. Namun jika Smart Viewers ingin melancarkan aliran darah selama masa menstruasi, kamu dapat mulai membangun pola hidup sehat dan berolah raga secara teratur.

  1. Berenang

Berenang tidak diperbolehkan saat sedang menstruasi karena alasan dapat mencemari kebersihan kolam. Dikutip dari laman merdeka, secara ilmiah berenang bermanfaat dalam meredakan rasa nyeri dan kram perut yang timbul saat menstruasi, hal itu dikarenakan ketika kita berolahraga tubuh akan memproduksi hormon endorfin yang berperan sebagai penghilang rasa sakit secara alami.

Mitos ini terbukti salah, dikutip dari laman Penn Medicine bahwa tekanan dalam air dapat memperlambat aliran darah menstruasi. Hal itu disebabkan tidak adanya gravitasi dalam air, sehingga darah tidak akan mengalir. Sebab adanya tekanan air, membuat aliran darah terhenti sementara waktu selama kita berenang atau saat tubuh kita berada dalam air.

  1. Keramas

Konon saat sedang menstruasi, pori-pori kulit kepala kita akan terbuka dan karenanya hal tersebut dapat menimbulkan rasa sakit kepala. Namun pada tahun 2019, hal tersebut langsung dibantah oleh Kementrian Kominfo yang menatakan bahwa hal itu adalah hoax. Kemudian, disampaikan juga faktanya bahwa pori-pori kepala kita terbuka karena tubuh kita kepanasan dan berkeringat. Sedangkan, sakit kepala umumnya dipicu oleh perubahan hormon yang terjadi sebelum dan saat menstruasi berlangsung atau yang akrab kita sebut PMS (Pra Menstrual Syndrome).

Meskipun demikian, keramas memiliki beragam manfaat positif bagi tubuh kita seperti dikutip dari laman halodoc, keramas dapat memperbaiki suasana hati, menghindari rambut rontok, menyegarkan tubuh dan pikiran, merilekskan otot, serta dapat meningkatkan rasa percaya diri kita.

  1. Minum Air Es

Meminum air es sangatlah menyegarkan, terlebih saat cuaca sedang terik panas. Namun, mendengar larangan meminum air es saat menstruasi bukan hal baru bagi wanita. Konon, minum air es dapat membuat darah membeku dan tidak bersih saat dikeluarkan hingga dapat memicu terbentuknya kista pada rahim. Dikutip dari laman halodoc, terbentuknya kista biasanya disebabkan oleh infeksi, penyumbatan kelenjar, dan sejumlah kondisi lain, seperti masalah hormonal.

Faktanya menurut UNICEF, mengonsumsi air dingin tidak berpengaruh apapun pada kelancaran atau terhambatnya menstruasi seseorang, karena hal itu tidak berhubungan dengan siklus menstruasi, melainkan dengan sistem pencernaan yang tidak berkaitan dengan sistem reproduksi. Hanya saja, mengonsumsi es pada masa menstruasi dapat memperparah kram perut yang dialami. Karenanya untuk kenyamanan saat menstruasi, baiknya kita dianjurkan untuk mengonsumsi sesuatu yang hangat sehingga dapat merilekskan nyeri dan kram yang terasa saat menstruasi.

  1. Berolahraga

Berdasarkan mitos yang beredar, berolahraga saat menstruasi mampu membuat energi terkuras dan membuat kita semakin lemas. Faktanya, olahraga saat menstruasi sangat diperlukan untuk meredakan rasa nyeri dan kram perut. Dilansir dari Iranian Journal of Nursing and Midwifery Research, rutin melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki, senam, yoga, dan bersepeda akan sangat berguna dalam meminimalisir gejala-gejala PMS ataupun rasa tidak nyaman selama menstruasi. Namun yang perlu diperhatikan selama masa menstruasi adalah menghindari olahraga berat seperti angkat beban dan konsumsi banyak air putih untuk mengganti cairan tubuh yang hilang selama beraktivitas agar terhindar dari dehidrasi.

Smart Viewers, itulah tadi beberapa fakta-fakta dari berbagai mitos yang beredar mengenai menstruasi. Berbicara mengenai menstruasi, sebagian besar wanita yang sedang dalam masa menstruasi biasanya mengalami gejala-gejala tertentu, salah satunya rasa nyeri atau dikenal juga sebagai dismenore. Namun pada kondisi tersebut, setiap perempuan memiliki intensitas yang berbeda terhadap rasa sakit yang dirasa, mulai dari ringan hingga berat, bahkan banyak pula yang sampai mengganggu aktivitas. Apakah hal ini normal ?

Jika kamu ingin mengetahui lebih dalam tentang dismenore dan bagaimana cara mengatasinya, kamu dapat menyaksikan program W.O.W (Worthy Obvious Wonder) dalam episode “Mengapa Hampir Semua Wanita Merasakan Sakit Saat Menstruasi?” Pada link di bawah ini.

Jika kamu tertarik dengan informasi mengenai fenomena, peristiwa, dan hal unik lainnya, kamu dapat menyaksikan program W.O.W (Worthy Obvious Wonder) yang dapat kamu saksikan episode barunya setiap hari Selasa, pukul 14.00 WIB di YouTube Channel BINUS TV!

Erlingga Jelita