5 Tips Dalam Membuat Marketing Content untuk Bisnismu!

Smart Viewers,  Marketing Content merupakan bentuk pemasaran dengan mendistribusikan konten yang relevan dan konsisten kepada audiens. Konten tersebut dapat berupa konten yang menghibur, edukatif, dan bermanfaat.

Adanya sosial media, membuat banyak perusahaan menggunakan content marketing sebagai strategi digital marketing mereka. Konten lebih mudah dikonsumsi sebagai sarana promosi karena memberikan value kepada audiens.

Untuk menarik minat audiens, konten yang dibuat haruslah  menarik dan relevan dengan target pasar. Jika konten yang kamu buat belum berhasil menarik perhatian calon pelanggan, BINUS TV akan membahas 5 tips yang dapat digunakan dalam membuat konten yang menarik.Yuk, simak informasi selengkapnya!

  1. Buatlah konten yang berkualitas dan mengikuti tren

Konten yang kamu buat harus memberikan value kepada target audiens. Untuk membuat konten yang berkualitas, kamu dapat mulai untuk melakukan riset terlebih dahulu, mengenai konten apa yang nantinya tepat untuk dibagikan. Selain itu, riset juga apa yang sebenarnya audiens butuhkan sehingga konten kamu dapat tersalurkan dengan tepat.

Selanjutnya, kamu harus memahami apa yang sedang tren di pencarian Google dengan membuka situs google trends dan melihat apa yang menjadi bahan perbincangan saat ini.

Setelah menemukan konten apa yang akan dibuat, kamu bisa menambahkan promosi di dalamnya. Contohnya, jika kamu menjual produk pakaian olahraga serta kamu menemukan bahwa yang sedang tren saat ini adalah perbincangan mengenai Covid19, maka konten marketing yang dapat kamu buat adalah berupa artikel mengenai pentingnya kesehatan dan produk pakaian olahraga. Kemudian, hubungkan antara tren perbincangan mengenai Covid-19 dengan bisnis kamu. Hal ini akan menjadi relevan dibandingkan kamu membuat konten tanpa adanya riset tren.

  1. Sesuaikan Konten Dengan Target Audiens

Membuat konten yang relevan dan sesuai dengan minat target audiens adalah hal yang penting. Untuk mengetahui target audiens, kamu bisa mencari segmentasi pasar yang akan menjadi sasaran. Segmentasi dapat berdasarkan geografi, demografi, psikografi, dan juga perilaku. Jika konten sudah sesuai dengan kebutuhan target audiens, kamu akan lebih mudah untuk menarik perhatian mereka.

  1. Ciptakan Konten yang Membangun Interaksi

Salah satu aspek untuk membuat konten yang viral adalah konten yang dapat memancing interaksi audiens seperti komentar, likes, atau repost. Buatlah konten yang mudah dipahami agar mereka mudah menerima pesan yang ingin kamu sampaikan. Dengan begitu, mereka dapat dengan mudah memberikan respon pada konten.

Kamu dapat memberikan CTA (Call to Action) di dalam konten jika audiens menyukai konten yang kamu buat. CTA sangat efektif untuk membuat audiens memberikan respon dan mengambil tindakan. CTA harus menawarkan manfaat kepada audiens, agar audiens tertarik untuk mengkliknya dan diharapkan dapat mengarah ke pembelian.

  1. Promosikan dan Distribusikan Konten Secara Rutin

Jika kamu sudah berhasil memproduksi konten yang bagus, langkah selanjutnya adalah mendistribusikannya. Distribusi konten dapat melalui sosial media, blog, website, dan channel promosi yang lain. Selain itu, konsisten dalam mendistribusikan konten tidak kalah penting. Jika kamu rutin untuk membagikan konten, hal itu dapat membuat pelanggan semakin mengenal bisnis kamu. Secara tidak langsung, brand kamu lebih mudah diingat oleh mereka.

  1. Membuat Tujuan Konten

Pemilik bisnis tentunya harus akan menetapkan tujuan dalam content marketing a untuk meningkatkan penjualan. Namun, hal itu tidak dapat dicapai dalam waktu yang singkat. Diperlukan tahapan-tahapan yang harus dilalui sebelum mencapai tujuan akhir, yaitu meningkatkan penjualan.

Pada tahap awal content marketing, kamu dapat fokus pada pembuatan konten yang mengenalkan bisnis kamu, solusi yang ditawarkan, dan apa yang kamu lakukan. Tahap inbertujuan untuk meningkatkan brand awareness.

Setelah brand awareness sudah dicapai, kamu dapat membuat target tujuan baru yaitu meningkatkan penjualan. Kamu sudah bisa memulai untuk membuat konten promo-promo atau sebagainya. Diharapkan, strategi ini berhasil memunculkan pelanggan potensial yang tertarik dengan bisnis kamu.

Tujuan akhir untuk meningkatkan penjualan adalah tolak ukur keberhasilan content marketing kamu. Sebelumnya pastikan sumber bisnis terpenuhi, contohnya jika kamu menjual produk pakaian dan terjadi peningkatan penjualan, pastikan kamu sudah memiliki supply yang memadai.

Kemunculan berbagai platform media sosial dengan format video, seperti  Youtube, Tiktok, dan Instagram Reels membuat konten video semakin diminati berbagai kalangan. Video bisa kamu jadikan alternatif sebagai sarana marketing content yang efektif. Pembuatan konten dapat dilakukan sendiri ataupun dilakukan pada penyedia jasa marketing content yang sudah banyak ditemukan saat ini.

Nah, jika kamu membutuhkan jasa pembuatan konten video dalam kebutuhan content marketing terhadap bisnis yang kamu sedang jalani, BINUS TV menawarkan jasa Professional Services, yaitu  Live Streaming, Zoom Live Streaming, Docummentation, dan Video Production yang tentunya dikerjakan oleh tim broadcaster yang berkompeten dibidangnya.

Jadi, kini waktunya membuat konten bisnismu semakin menarik dengan bekerja sama dengan BINUS TV! Let’s Collaborate!