Apa Jabatan yang Paling Dinikmati Luhut Binsat Pandjaitan (LBP), Ternyata Bukan Menteri, Lalu Apa?

Buku LUHUT: Biografi Luhut Binsar Pandjaitan diluncurkan, Jumat (7/10/2022).
Buku LUHUT: Biografi Luhut Binsar Pandjaitan diluncurkan, Jumat (7/10/2022).

BINUS TV– Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dikenal sebagai orang yang banyak memiliki jabatan, terutama sejak bergabung dengan pemerintahan Presiden Jokowi dari periode pertama.

Ternyata, dari banyak jabatan yang diembannya, Luhut Binsar Pandjaitan yang dikenal dengan sebutan LBP, bukan jabatan menteri yang paling dinikmatinya, tetapi sebagai tentara.

“Dari berbagai jabatan bergengsi yang pernah diembannya selama ini, Saya paling menikmati sebagai tentara.” tegas Luhut saat peluncuran bukunya di Hotel Dharmawangsa, Jakarta (7/10/2022).

LBP mengakui, meski sangat bangga sebagai prajurit profesional, namun dirinya juga sempat ada sesuatu “mengganjal hati”. LBP menganggap karirnya di TNI tergolong biasa saja sampai berpangkat Letnan Jenderal.

LBP baru mendapat Jenderal Bintang Empat Kehormatan usai pensiun dari Presiden Keempat Abdurahman Wahid.

“Saya tidak pernah merasakan previllege di TNI di mana saya dibesarkan. Tapi itulah part of my life. Tidak yang ada perlu sakit hati,” ujarh LBP.

LBP kini justru banyak berperan di masa Pemerintahan Jokowi, terutama saat penanganan pandemi COVID-19. Peran Luhut sangat besar untuk membantu negara ini keluar dari kemelut pandemi.

Pada Jumat (7/10/2022) buku berjudul LUHUT: Biografi Luhut Binsar Pandjaitan diluncurkan.

Buku yang digagas oleh adik kandung LBP yaitu Nurmala Kartini Pandjaitan-Sjahrir dan ditulis oleh Noorca M. Massardi.

Buku tersebut diterbitkan sebagai hadiah ulang tahun sang Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) ke 75 tahun.

Kiprah LBP sebagai militer dari satuan khusus, pengusaha, pejabat publik, duta besar, menteri hingga menteri koordinator mengantarkan dirinya didaulat sebagai ujung tombak dalam perang melawan pandemi COVID-19 di Jawa dan Bali.

Sosoknya sering menghiasi layar kaca dan aneka media, baik saat menjawab pertanyaan para wartawan maupun saat memberikan penjelasan mengenai permasalahan yang muncul akhir-akhir ini. Dari sana, terlihat bahwa LBP adalah sosok yang tenang, teguh, tegas, dan berwibawa.

Buku yang digagas oleh adik kandung LBP, Nurmala Kartini Pandjaitan-Sjahrir, memuat hal-hal yang selama ini luput dari sorotan publik, seperti perhatiannya yang berimbas pada kebijakan pemberdayaan perempuan dan sumbangsihnya bagi dunia pendidikan serta generasi muda pada umumnya.**

Editor: Mouse

Sumber: InfoPublik.id