Tips Jitu Tingkatkan Imunitas di Musim Pancaroba Ala BINUS TV!

Smart Viewers, Belakangan ini cuaca seringkali tidak menentu ya! Terkadang, cuaca yang tidak menentu seringkali membuat kita rentan terserang penyakit. Lemah nya imunitas akibat musim pancaroba, menghadirkan beberapa penyakit yang umum di derita selama musim pancaroba seperti merasa sakit kepala, flu, demam, batuk,  radang, dan berbagai penyakit lainnya.

Meski flu seringkali dikaitkan dengan musim pancaroba, ternyata flu ini tidak disebabkan oleh cuaca lho Smart Viewers! Hal itu dapat terjadi, disebabkan karena kondisi udara yang menjadi lebih kering, dingin, dan jauh lebih lembab. Karenanya, selama musim pancaroba ini kita harus selalu dapat menjaga daya tahan tubuh agar tetap fit dan produktif dalam beraktivitas. Untuk itu, BINUS TV akan membahas tips menjaga tubuh tetap sehat dan bugar agar terhindar dari flu. Simak informasi nya di bawah ini ya, Smart Viewers!

  1. Hindari Kebiasaan Buruk

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk membangun pola hidup yang sehat adalah dengan menghindari atau mengurangi kebiasaan buruk dengan hanya menerima segala hal yang baik dan tidak merusak tubuh. Kebiasaan buruk yang dimaksud adalah seperti gaya hidup yang tidak sehat, misalnya merokok, seringnya konsumsi junkfood, atau bahkan mengonsumsi minuman beralkohol.

  1. Istirahat Yang Cukup

Bagaikan ponsel yang perlu di charge, begitu pun kita sebagai manusia yang juga perlu di charge. Dengan mencukupi kebutuhan istirahat, hari yang dijalani akan terasa lebih bersemangat dan penuh energi. Sebab saat kita beristirahat, segala organ, saraf, otot, dan bagian anggota tubuh kita yang lain juga ikut beristirahat.

Pada hakikatnya, manusia ternyata membutuhkan waktu istirahat sebanyak 7 sampai 8 jam di setiap harinya. Kualitas tidur yang kita miliki sangat bergantung pada kelanjutan aktivitas dan keseharian kita selanjutnya. Oleh karena itu, begadang bukan merupakan hal yang baik untuk tubuh kita.

  1. Cukupi Kebutuhan Cairan

Rutin mengonsumsi banyak air mineral akan sangat baik bagi tubuh untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya dehidrasi. Selain itu air mineral juga sangat bermanfaat bagi tubuh, beberapa diantaranya yaitu untuk memberikan oksigen ke seluruh tubuh, mencegah peradangan, mencegah kerusakan ginjal, membantu sistem pencernaan, mampu menjaga kestabilan tekanan darah, dan mendukung sistem pernapasan.

  1. Menjaga Pola Makan

Makan dapat diumpamakan sebagai bahan bakar untuk memulai kegiatan. Makan juga menjadi suatu kebutuhan bagi manusia untuk bertahan hidup. Bicara soal menjaga pola makan, rasanya Smart Viewers sudah tidak asing lagi dengan sakit maag dan asam lambung, ya. Karena itu, kita harus bisa menjaga pola makan yang diimbangi dengan makan secukupnya, mengonsumsi maknanan bergizi, serta memperbanyak konsumsi makanan berserat, seperti buah, sayur-mayur, dan kacang-kacangan.

  1. Rutin Mengonsumsi Vitamin

Selain kebutuhan cairan dan makanan yang penting untuk kita penuhi, vitamin juga sangat diperlukan tubuh, terlebih dimasa pancaroba dan pasca pandemi seperti saat ini. Hal itu berguna untuk dapat menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh. Asupan vitamin yang dapat Smart Viewers konsumsi, yaitu vitamin C dan vitamin D.

Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi sel dari radikal bebas dan menjaga daya tahan tubuh, sedangkan vitamin D berfungsi untuk meningkatkan kinerja sistem imun untuk daya tahan tubuh. Peran penting yang dimiliki vitamin C adalah memproduksi kollagen untuk perbaikan dan pertumbuhan jaringan tulang, gigi, dan kulit. Sedangkan, vitamin D berperan penting dalam menyerap kalsium untuk tulang dan menjaga fungsi otot.

  1. Rutin Berolahraga

Sebagai awal dalam memulai pola hidup sehat, mungkin Smart Viewers bisa mulai melakukan olahraga ringan seperti jogging, jalan santai untuk pemanasan, atau bahkan bersepeda secara teratur sekitar 150 menit per minggu, atau 30 menit per hari. Dengan olahraga, kita mampu melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh dan melepas penat sambil melihat pemandangan sekitar.

  1. Kenali Bahasa Tubuh

Setelah seharian beraktivitas, atau ketika kita sedang mengalami overwhelmed, seringkali tubuh kita memberikan sinyal sebagai tanda untuk beristirahat sejenak, atau mengisyaratkan terjadinya sesuatu. Penting bagi kita untuk dapat memahami diri secara lebih dalam, agar kita mampu berkomunikasi dengan lebih baik. Bahasa tubuh, dalam memberikan sinyalnya akan berbeda pada setiap individu. Sebagian orang lainnya justru merasa cenderung lebih emosional, bahkan bisa sampai mempengaruhi kesehatan mental. Jika Smart Viewers merasa lelah, ambil waktumu untuk istirahat sejenak atau bisa juga healing guna melepas stress.

  1. Berpikiran Positif

Tips yang satu ini juga menjadi kunci yang paling utama nih Smart Viewers. Sebab secara tidak langsung, pikiran seseorang dapat mempengaruhi tubuh kita. Berpikiran positif nyatanya mampu membawa kita kepada perubahan yang lebih baik. Selain itu , berpikiran positif juga mampu membuat kita mengelola stress dengan baik.

  1. Menjaga Kebersihan

Menjaga kebersihan tidak hanya seputar tubuh saja, tetapi juga apa yang masuk ke dalam tubuh kita. Cermat dalam mengolah makanan, membuat kita menjadi lebih yakin akan apa yang kita konsumsi. Sebab, kita mengetahui mulai dari proses awal pengolahan sampai dengan makanan yang masuk ke dalam tubuh kita.

Selain itu, kita juga perlu menjaga kebersihan lainnya, seperti ketika di tempat umum, dengan sebisa mungkin tidak membuang sampah sembarangan, serta menjaga etika di tempat umum dengan menutup mulut ketika batuk atau bersin, agar partikel yang keluar ketika kita batuk atau bersin tidak hinggap pada orang lain.

Nah, itu dia beberapa tips jitu menjaga kesehatan ala BINUS TV. Bicara soal flu, pernah nggak sih kamu terpikir mengapa kita menutup mata saat sedang bersin ? Daripada overthingking, kamu bisa langsung mengetahui penyebabnya dengan menyaksikan program W.O.W (Worthy Obvious Wonder) dalam episode “Mengapa Kita Selalu Menutup Mata Saat Bersin?”  pada link di bawah ini.

Jika kamu tertarik dengan informasi mengenai fenomena, peristiwa, dan hal unik lainnya, kamu bisa menyaksikan program W.O.W (Worthy Obvious Wonder) yang dapat kamu saksikan episode barunya setiap hari Selasa, pukul 14.00 WIB di YouTube Channel BINUS TV!

Erlingga Jelita