Fakta-Fakta Unik Tentang Perselingkuhan

Smart Viewers, kamu setuju nggak jika suatu hubungan kekasih maupun pernikahan harus dilandasi kejujuran? Di dalam suatu hubungan, tentunya sepasang kekasih sudah seharusnya memegang komitmen untuk saling setia, terlebih hubungan pernikahan. Namun, kerap kali suatu hubungan percintaan rusak dikarenakan kesetiaan dalam hubungan tersebut terkhianati.

Jika suatu kesetiaan telah dirusak, maka tidak menutup kemungkinan bahwa hubungan akan berakhir. Pengkhianatan memang kerap dikaitkan dengan perselingkuhan atau kemunculan orang ketiga yang hadir di hubungan tersebut.

Kasus perselingkuhan yang banyak menyita perhatian sering ditemui pada public figure atau orang terkenal, yang mana hubungan tersebut selama ini terlihat bahagia di hadapan orang banyak. Hal ini tentunya menjadi contoh nyata bagi masyarakat luas, bahwa perselingkuhan bisa terjadi pada pasangan walaupun hubungan tersebut terlihat baik-baik saja.

Smart Viewers, ternyata banyak loh fakta-fakta unik tentang perselingkuhan berdasarkan studi maupun penelitian. Mau tahu selengkapnya seperti apa? Simak informasinya di bawah ini, ya!

  1. Perbedaan Alasan Laki-laki dan Wanita Berselingkuh

Menurut jurnal Evalutionary Psychology, terdapat perbedaan alasan mengapa seorang laki-laki dan wanita bisa berselingkuh.  Dalam jurnal tersebut menjelaskan bahwa, laki-laki berselingkuh karena dorongan ketertarikan seksual. Sedangkan wanita cenderung berseselingkuh karena alasan emosional.

Hal ini berarti menunjukkan, bahwa pada umumnya seorang wanita memilih untuk berselingkuh karena ia merasakan jatuh cinta kembali pada selingkuhannya, yang mana ini lebih berbahaya karena wanita melibatkan perasaan. Sementara, laki-laki berselingkuh dengan wanita lain karena ingin mencari kepuasaan seksual lebih dari selingkuhannya dan cenderung hanya kepada faktor fisik yang tidak melibatkan perasaan.

  1. Selingkuhan Merupakan Orang Terdekat

Ashley Madison yang merupakan salah satu situs kencan khusus seseorang yang sudah menikah namun juga mencari selingkuhan, melakukan penelitian terhadap 1.300 laki-laki dan wanita. Survei tersebut menunjukkan bahwa orang-orang tersebut berselingkuh dengan orang yang sudah dikenalnya, seperti teman sendiri atau teman sang pasangan, rekan kerja, saudara, dan orang-orang yang masih dalam ruang lingkup kerabat.

Pernyataan ini juga didukung dengan hasil penelitian yang dilakukan U.S. General Social Survey yang menunjukkan hasil sebanyak 53.5 persen orang yang berselingkuh merupakan teman dekatnya sendiri. Diikuti dengan sebanyak 29.4 persen adalah tetangga, rekan kerja, dan kenalan. Selanjutnya sebanyak 21 persen adalah teman kencan bayaran, dan sisahnya adalah jawaban lainnya.

  1. Laki-laki dan Wanita memiliki Potensi yang Sama untuk Selingkuh

Perihal selingkuh, pasti banyak timbul pertanyaan manakah yang lebih berpotensi selingkuh antara laki-laki  dan wanita? Ternyata jawabannya, laki-laki dan wanita sama-sama memiliki potensi dengan proporsi yang hampir sama lho, Smart Viewers. Dalam New York Magazine menyebutkan bahwa memang dahulu pelaku perselingkuhan didominasi oleh laki-laki, namun kali ini kedudukannya setara.

Bahkan dalam jurnal Archives of Sexual Behavior menyebutkan bahwa, sebanyak 23 persen laki-laki dan 19 persen wanita berselingkuh dari pasangan mereka. Walaupun angka tersebut menunjukkan lebih banyak laki-laki yang melakukan perselingkuhan, namun jumlah tersebut tidak jauh berbeda. Yang mana hal ini menunjukkan bahwa perselingkuhan bisa dilakukan oleh siapapun, baik pada laki-laki maupun wanita.

  1. Orang yang Pernah Selingkuh Cenderung untuk Berselingkuh Kembali

Mungkin pernyataan mengenai “Sekali selingkuh, selamanya akan berselingkuh.” Memang sepenuhnya tidak salah lho, Smart Viewers. Karena sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Achives of Sexual Behaviour yang dilakukan pada 500 orang menunjukkan bahwa orang yang sudah pernah berselingkuh, maka akan cenderung mengulanginya.

Pernyataan ini juga didukung oleh studi pada tahun 2016 yang menunjukkan sebanyak 30 persen orang yang berselingkuh akan cenderung berselingkuh lagi dan sebanyak 13 persen lainnya berselingkuh karena belum pernah menyelingkuhi pasangannya sebelumnya.

  1. Penyuka Rock and Roll Rentan Berselingkuh

Fakta selanjutnya mungkin terdengar agak unik, karena berdasarkan genre musik menunjukkan bahwa orang yang berselingkuh didominasi oleh penyuka musik Rock and Roll. Dilansir dari Your Tango pada tahun 2021, menemukan bahwa penyuka musik dengan genre rock lebih rentan untuk berselingkuh. Hal ini didukung dengan data yang menunjukkan sebanyak 41% seseorang yang berselingkuh merupakan penggemar musik rock, disusul dengan 16% penyuka musik pop, 11% penyuka musik country, 7% penyuka musik klasik, dan 2% lainnya penyuka hip hop.

Nah Smart Viewers, ternyata cukup menarik ya fakta-fakta penelitian mengenai perselingkuhan. Jika kalian sudah memiliki pasangan, perselingkuhan tentu tidak dibenarkan untuk alasan apapun. Jika memang ada permasalahan dengan pasangan, sebaiknya kamu dan pasangan membicarakan masalah tersebut untuk dipecahkan bersama daripada melarkan diri ke orang lain apalagi berselingkuh!

Anis Sahara