Hasil Studi: Mengkonsumi Pemanis Buatan Ternyata Miliki Resiko Penyakit Jantung Lebih Tinggi

Hasil studi menemukan, pemanis buatan memiliki keterkaitan dengan resiko penyakit jantung. Sumber Foto: Pixabay.com

BINUS.TV – Pemanis buatan ternyata tidak boleh dianggap sebagai alternatif yang aman untuk pengganti gula. Hasil studi menemukan, mengkonsumsi pemanis buatan memiliki resiko penyakit jantung 9% lebih tinggi.

Peneliti dari Sorbonne Paris Nord University di Prancis seperti dilaporkan news.Sky.com juga menemukan, konsumsi pemanis buatan juga mempengaruhi aliran darah ke otak. Hasil studi menemukan, pengkonsumsi pemanis buatan memiliki resiko 20% lebih tinggi mengalami masalah soal aliran darah ke otak.

Studi ini memeriksa asupan pemanis peserta dari semua sumber makanan termasuk minuman, pemanis meja, dan produk susu, sebelum membandingkannya dengan risiko penyakit jantung atau peredaran darah. Para peneliti menggunakan lebih dari 100.000 orang dewasa dari Prancis untuk penelitian yang dipublikasikan di British Medical Journal. Peserta memiliki usia rata-rata 42 dan empat dari lima adalah perempuan.

Para peneliti melacak asupan pemanis mereka menggunakan catatan diet. Peserta mencatat semua yang mereka makan, termasuk merek yang digunakan, selama 24 jam, dengan diet harian diulang tiga kali pada interval enam bulan – dua kali pada hari kerja dan sekali pada hari akhir pekan.

Sekitar 37% peserta mengonsumsi pemanis buatan.

Selama periode tindak lanjut rata-rata sembilan tahun, 1.502 kejadian kardiovaskular dicatat oleh peserta. Ini termasuk serangan jantung, stroke, serangan iskemik transien (juga dikenal sebagai stroke mini) dan angina – nyeri dada terkait dengan aliran darah yang buruk ke otot jantung. Para peneliti menemukan bahwa konsumsi pemanis buatan dikaitkan dengan risiko penyakit jantung 9% lebih tinggi.

Dan ketika mereka melihat secara khusus pada setiap jenis penyakit, mereka menemukan konsumsi pemanis buatan dikaitkan dengan risiko 18% lebih tinggi dari penyakit serebrovaskular – kondisi yang mempengaruhi aliran darah ke otak.

Jenis pemanis tertentu – aspartam – dikaitkan dengan peningkatan risiko kejadian serebrovaskular sebesar 17%, sementara acesulfame potassium dan sucralose dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung koroner.

“Dalam kohort prospektif orang dewasa Prancis skala besar ini, pemanis buatan (terutama aspartam, acesulfame potassium, dan sucralose) dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular, serebrovaskular, dan jantung koroner,” tulis para penulis.

“Hasilnya menunjukkan bahwa pemanis buatan mungkin mewakili faktor risiko yang dapat dimodifikasi untuk pencegahan penyakit kardiovaskular.

“Temuan menunjukkan bahwa bahan tambahan makanan ini, yang dikonsumsi setiap hari oleh jutaan orang dan hadir dalam ribuan makanan dan minuman, tidak boleh dianggap sebagai alternatif yang sehat dan aman untuk gula, sejalan dengan posisi beberapa lembaga kesehatan saat ini.”

Mengomentari penelitian ini, Tracy Parker, ahli diet senior di British Heart Foundation (BHF), mengatakan: “Studi observasional seperti ini hanya dapat menunjukkan hubungan, dan penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami hubungan antara pemanis buatan dan risiko pengembangan jantung. dan penyakit peredaran darah.

“Kebanyakan orang dewasa di Inggris makan terlalu banyak gula, dan ini terkait dengan masalah kesehatan seperti obesitas dan kerusakan gigi.

“Pemanis buatan adalah cara yang menarik untuk mengurangi asupan gula dan sebelum dapat ditambahkan ke makanan di Eropa, Badan Keamanan Pangan Eropa (EFSA) harus menyetujui penggunaannya. Ini adalah proses yang ketat, sehingga Anda dapat merasa yakin bahwa mereka aman. untuk makan.”

Sumber: News.sky.com

Editor: Mouse