Rekomendasi Film Pembangkit Semangat Nasionalisme

Smart Viewers, menyambut HUT RI yang ke-77, tentunya banyak cara yang dapat dilakukan oleh seluruh warga Indonesia untuk memperingatinya. Peringatan HUT Kemerdekaan RI menjadi waktu yang paling tepat untuk mengingatkan dan membangun kembali semangat Nasionalisme yang ada di hati kita. Salah satu cara yang pasti dapat dilakukan adalah turut menyaksikan dan memperingati upacara pengibaran Sang Saka.

Selain menyaksikan Upacara Pengibaran Sang Saka, banyak cara mudah lainnya untuk membangkitkan rasa Nasionalisme kita lho, Smart Viewers. Di HUT Kemerdekaan RI, kamu bersama keluarga  bisa menyaksikan beberapa film yang bertema Nasionalisme. Selain untuk mengisi waktu liburan di tanggal merah, menonton film bertema Nasionalisme juga mampu membangkitkan semangat Nasionalisme di HUT Kemerdekaan RI.

Di bawah ini, BINUS TV akan memberikan beberapa rekomendasi film-film bertema Nasionalisme yang bisa kamu saksikan menyambut HUT Kemerdekaan RI. Simak informasi selengkapnya ya, Smart Viewers!

  1. Soekarno (2013)

Film “Soekarno” rasanya layak dijadikan rekomendasi utama film bertema Nasionalisme yang bisa kamu saksikan menyambut HUT Kemerdekaan RI. Film yang rilis pada tahun 2013 ini digarap langsung oleh sutradara Hanung Bramantyo yang sempat menjadi kontroversi saat perislisannya.

Film “Soekarno” berkisah tentang masa kecil Soekarno (Ario Bayu), sang proklamator sekaligus Presiden pertama RI. Soekarno terlahir dengan nama Kusno, hingga akhirnya ayahnya mengganti namanya menjadi Soekarno karena Kusno sering sakit-sakitan. Film ini juga menceritakan tentang perjuangan Soekarno dalam memperjuangkan kemerdekaan RI saat masa remaja serta kisah romansa dari Sang Presiden.

  1. Gie (2005)

Rekomendasi film selanjutnya adalah film yang digarap oleh sutradara Riri Riza bertajuk “Gie” yang dirilis pada 2005 lalu.  “Gie” menceritakan tentang seorang aktivis muda bernama Soe Hok Gie (Nicholas Saputra) yang merupakan mahasiswa fakultas sastra jurusan sejarah Universitas Indonesia pada tahun 1962 hingga 1969. Meskipun Gie merupakan keturunan keluarga Tionghoa, ia memiliki semangat juang, setia kawan, dan sangat peduli terhadap Tanah Air Indonesia.

Gie adalah sosok anak muda yang menentang ketidakadilan dan selalu berpegang teguh terhadap pendiriannya.  Gie juga memiliki kebiasaan untuk mendokumentasikan apa yang telah dialaminya kedalam buku harian. Film ini juga menceritakan sosok Gie yang berupaya keras untuk menggulingkan rezim Soekarno.

  1. Trilogi Habibie & Ainun: Habibi & Ainun (2012), Rudy Habibie (2016), Habibie & Ainun 3 (2019)

Meskipun seri film “Habibie & Ainun” lebih mengangkat kisah kasih perjalanan  BJ Habibie dan Ibu Ainun, namun ketiga seri film ini layak untuk disaksikan serta mampu membangkitkan semangat sikap Nasionalisme. Dalam trilogi film ini, menceritakan sosok Rudy Habibie dan Ainun yang memiliki rasa cinta dan mimpi yang sangat besar untuk Tanah Air Indonesia. Dalam film ini, diceritakan juga bagaimana perjuangan mereka pada masa remaja sebagai pemuda Indonesia, hingga lika-liku kehidupan mereka untuk memperjuangkan visi, misi, dan mimpinya untuk Indonesia. Seri film yang dikemas dengan genre romantis ini rupanya juga mampu membangkitkan rasa cinta dan Nasionalisme para penontonnya melalui kisah kehidupan BJ Habibie dan Ainun.

  1. Kartini (2017)

RA Kartini yang merupakan salah satu tokoh sejarah yang cukup populer karena dikenal sebagai sosoknya sebagai kaum wanita yang mengupayakan kesetaraan perempuan Indonesia, terutama di bidang sosial dan pendidikan. Keberaniannya melawan patriaki, diangkat menjadi sebuah film bertajuk “Kartini” yang di sutradarai langsung oleh Hanung Bramantyo.

Sosok Kartini yang diperankan oleh Dian Sastrowardoyo merupakan anak perempuan keturunan ningrat yang memiliki kesempatan untuk mengenyam dunia pendidikan. Yang mana pada masa itu, wanita ningrat Jawa diharapkan menjadi Raden Ayu dan menikahi seorang pria Ningrat. Kartini yang sepanjang hidupnya berjuang menyetarakan hak bagi semua orang, terutama perempuan. Hingga Kartini bersama kedua saudarinya, Roekmini (Acha Septriasa) dan Kardinah (Ayushita) membuat sekolah untuk kaum miskin dan menciptakan lapangan pekerjaan di Jepara dan sekitarnya.

  1. Perburuan (2019)

Selanjutnya adalah film bertajuk “Perburuan” yang disutradarai oleh Richard Oh yang telah dirilis sejak 2019. Film yang diangkat dari Novel karya Pramoedya Ananta Toer ini menceritakan tentang enam bulan setelah kegagalan PETA dalam melawan Jepang. Hardo yang diperankan oleh Adipati Dolken, diburu oleh tentara Jepang karena dianggap sebagai otak dari pemberontakan. Menjelang proklamasi kemerdekaan, sebuah pengejaran selama satu hari dan satu malam mengungkap sebuah drama perjuangan. Pengkhianatan ayah tunangan Hardo dan sahabatnya serta kekejaman Jepang tidak membuat Hardo patah semangat dalam merebut kemerdekaan RI.

  1. Laskar Pelangi (2008)

Salah satu film yang cukup populer di Indonesia bertajuk “Laskar Pelangi’ juga menjadi salah satu rekomendasi yang tepat untuk disaksikan menjelang HUT Kemerdekaan RI. Diangkat dari novel karya Andrea Hirata dengan judul yang sama, film yang menceritakan persahabatan anak-anak Bangka Belitong memiliki keunikan tersendiri. Film ini memperlihatkan kehidupan anggota Laskar Pelangi yang tak luput untuk memiliki semangat belajar walaupun kehidupannya jauh dari dari kota yang tidak banyak terfasilitasi. Film ini diperankan oleh Zulfanny sebagai Ikal, Ferdian sebagai Lintang, Cut Mini sebagai Bu Muslimah, dan masih banyak lagi aktor ternama Indonesia lainnya.

  1. Susi Susanti: Love All (2019)

Bukan hanya film mengenai kilas balik sejarahwan, namun kilas balik tentang perjuangan atlet Indonesia dalam memperjuangkan nama Bangsa juga menjadi salah satu pilihan film yang bisa disaksikan untuk membangkitkan semangat Nasionalisme. Tokoh pembulutangkis, Susi Susanti yang pernah meraih medali emas Olimpiade pertama untuk Indonesia diangkat menjadi sebuah film apik bertajuk “Susi Susanti: Love All”. Susi Susanti yang diperankan oleh Laura Basuki, sangat mencintai dunia bulu tangkis sejak remaja. Di tengah masa kerusuhan yang terjadi di Indonesia, Susi Susanti tak pernah lelah untuk terus mengupayakan diri serta berjuang meraih prestasi untuk Tanah Air Indonesia.

Nah Smart Viewers, itulah tadi beberapa rekomendasi film dari BINUS TV yang bisa menjadi pilihanmu untuk mengisi liburan di HUT Kemerdekaan RI, sekaligus mampu membangkitkan semagat Nasionalisme. Semoga semangat Kebangsaan terus membara di hati kita ya, Smart Viewers!

Kamu juga bisa mengetahui rekomendasi-rekomendasi serta review film menarik lainnya di program BINUS TV bertajuk MOVIE FREAK. MOVIE FREAK tayang setiap hari Selasa, Pukul 19.00 WIB hanya di YouTube Channel BINUS TV!

Anis Sahara