Mengenal Berbagai Jenis Jajanan Aci Populer Selain Cilok

Smart Viewers, jika kamu pecinta jajanan street food, kamu pasti sudah tidak asing dengan makanan bernama aci. Camilan khas Jawa Barat yang terbuat dari tepung tapioka ini memang memiliki banyak penggemar karena memiliki rasa yang gurih, kenyal, dan nikmat. Selain nikmat, ternyata aci sangat mudah untuk diolah, sehingga banyak ditemukan pada penjual-penjual jajanan di pinggir jalan.

Saking populernya, makanan aci banyak ditemukan dalam berbagai macam jenis, namun masih dengan tekstur kenyalnya. Hanya saja, setiap jenis aci tersebut memiliki perbedaan dalam bentuk, bumbu pendamping, serta cara memasaknya.

Nah Smart Viewers, bagi kamu si penggemar aci berikut BINUS TV akan memberikan informasi macam-macam olahan aci yang kenyal dan gurih ini. Yuk, simak informasi selengkapnya!

  1. Cimol (Aci digemol)
Sumber Foto: NusaDaily

Cimol mungkin menjadi salah satu jenis makanan aci yang paling populer dan paling banyak ditemui oleh pedagang-pedagang pinggir jalan. Cimol merupakan camilan aci yang yang terbuat dari adonan tepung aci yang diberi garam, merica, dan minyak ikan. Adonan ini kemudian dibentuk bulat kecil-kecil atau dalam bahasa Sunda disebut digemol. Setelah digemol, adonan cimol kemudian digoreng.

Biasanya, cimol paling nikmat disantap saat masih panas serta diberi bumbu bubuk rasa pedas dan asin. Namun, tekstur cimol akan alot jika disantap saat dingin.

  1. Cilok (Aci dicolok)
Sumber Foto: Lifestyle Okezone

Tak kalah populer dari cimol, cilok juga memiliki banyak penggemar loh, Smart Viewers. Cilok memiliki bentuk seperti bakso. Hanya saja, cilok memiliki tekstur yang lebih lembut dan kenyal saat dikunyah. Adonannya terbuat dari tepung kanji, gajih sapi, garam, gula, merica, dan irisan daun bawang yang dimasak dengan cara dikukus.

Cara makan cilok biasanya menggunakan tusukan dan dimakan bersama dengan pilihan bumbu yang beragam, seperti saus kacang, saus sambal, kecap, atau dimakan bersama kuah kaldu seperti pada bakso. Saat ini, cilok sudah banyak ditemukan dengan beragam isian, seperti telur puyuh, keju, tahu, cabai, dan masih banyak yang lainnya.

  1. Cireng (Aci digoreng)
Sumber Foto:Cookpad

Cireng atau aci digoreng merupakan cemilan yang  sering ditemui pada penjual gorengan dimanapun walaupun di luar daerah Jawa Barat. Adonan cireng sama seperti cimol, hanya saja cireng berbentuk gepeng dan lebih besar dibanding cimol. Cireng biasanya disantap tanpa menggunakan bumbu apapun. Namun pada penjual gorengan, cireng bisa disantap menggunakan cabai rawit. Dan dibeberapa restauran, cireng disantap menggunakan bumbu rujak atau sambal kecap.

  1. Cilung (Aci Gulung)
Sumber Foto: Ayo Bandung

Sama seperti adonan aci pada umumnya, aci pada cilung atau aci gulung dibuat dengan cara mengepal-ngepalkan adonan aci yang kemudian ditusuk pada tusukan sate atau tusukan lidi. Selanjutnya, aci yang telah ditusuk tersebut dilapisi telur dan digoreng. Biasanya, cilung lebih nikmat jika disantap dengan bumbu saus sambal. Di Jawa Tengah, cilung juga disebut dengan nama papeda.

  1. Cilor (Aci Telor)
Sumber Foto: NusaDaily

Cilor merupakan singkatan dari aci telor. Bentuk cilor sama dengan cilung karena aci ditusuk-tusuk menggunakan tusukan lidi kemudian digoreng menggunakan balutan telur. Hanya saja, bentuk dari aci pada cilor adalah dibuat kotak-kotak kecil sebelum ditusuk ke tusukan lidi. Cilor juga disantap menggunakan dengan bumbu saus sambal, bubuk asin, bubuk cabai, dan kecap.

  1. Cibay (Aci Ngambay)
Sumber Foto: Kulinear

Nama cibay mungkin masih jarang terdengar sebagai salah satu jajanan atau camilan yang sering ditemui pedagang aci. Cibay sendiri merupakan singkatan dari aci ngambay. Dalam Bahasa Sunda, ngambay berarti berjuntai, yang mana menunjukkan bentuk aci yang meleleh ketika digoreng. Cibay sendiri dibuat menggunakan kulit lumpia yang didalamnya diberi adonan aci dengan isian ayam, sosis, atau, kornet.

  1. Cimin (Aci Mini)

Cimin merupakan singkatan dari aci mini. Adonan aci dibuat dalam bentuk kotak-kotak kecil yang kemudian dikukus setengah matang agar teksturnya sedikit kenyal. Adonan yang telah dikukus tersebut dicampur bersama dengan telur yang telah dibumbui oleh bumbu bubuk asin dan pedas sesuai selera. Biasanya, cimin juga dicampur dengan makaroni dan selanjutnya digoreng.

Itulah tadi beberapa macam jajanan aci yang nikmat khas Jawa Barat. Jajanan berbahan dasar aci ini juga bisa dibuat dengan mudah di rumah sesuai dengan selera kamu loh, Smart Viewers!

Untuk inspirasi menu masakan aci, kamu bisa menyaksikan program BINUS TV bertajuk WEEKEND DISH episode “Resep CILOR, Aci Telor Rumahan” pada link di bawah ini!

Temukan juga berbagai inspirasi resep masakan lainnya di WEEKEND DISH yang tayang setiap hari Sabtu, pukul 10.00 WIB hanya di YouTube Channel BINUS TV!

Anis Sahara