Serupa dengan Close Friend pada Instagram, Twitter Meluncurkan Fitur Twitter Circle!

Smart Viewers, apakah kamu merupakan salah satu pengguna aktif Twitter? Jika iya, pasti kamu sudah tahu bahwa Twitter meluncurkan fitur barunya yang cukup menyita perhatian pengguna media sosial, bernama Twitter Circle. Twitter sendiri memang dikenal sebagai salah satu platform media sosial yang kerap kali menciptakan inovasi-inovasi menarik untuk penggunanya.

Meski Twitter Circle ini sudah cukup lama diuji coba, yaitu sejak bulan Mei 2022, namun fitur ini sedang menjadi perbincangan kembali oleh pengguna media sosial. Bagi kamu yang belum mengetahui tentang Twitter Circle, kali ini BINUS TV akan membahas seputar Twitter Circle, yang mana merupakan fitur menarik untuk digunakan bagi pengguna Twitter. Simak informasinya di bawah ini, ya!

Apa itu Twitter Circle?

Jika Instagram memiliki fitur Close Friend, kali ini Twitter juga menggarap fitur yang serupa dengan Close Friend ala Instagram. Dikutip melalui laman Twitter, Twitter Circle merupakan cara untuk mengirim cuitan atau Tweet kepada orang-orang tertentu dan membagikan pendapat dalam ruang lingkup yang lebih kecil. Dalam fitur ini, kamu dapat memilih siapa saja yang termasuk kedalam Twitter Circle kamu. Dimana hanya orang yang kamu pilih saja yang dapat membalas dan berinteraksi dengan Tweet yang kamu bagikan di circle tersebut.

Namun dengan catatan, bahwa fitur Twitter Circle ini masih terbatas oleh beberapa pengguna yang dapat digunakan pada iOS, Twiiter for Android, dan Twitter.com. Fitur ini dapat memberikan pilihan pada pengguna, agar cuitan-cuitannya tidak terlihat oleh semua orang, walaupun akun Twitter kamu tidak menggunakan private mode.

Cara Menggunakan Fitur Twitter Circle

Bila kamu ingin menggunakan fitur terbaru dari Twitter ini, sebenarnya penggunaan Twitter Circle inipun sangat mudah. Berikut cara penggunaannya saat kamu ingin membuat cuitan baru:

  1. Pilih kolom untuk membuat Tweet
  2. Sebelum mengirim cuitan, kamu dapat meng-klik pada bagian “siapa saja” / “Choose Audience
  3. Setelah itu, akan muncul pilihan Twitter Circle
  4. Disini kamu dapat memilih siapa saja pengguna yang nantinya dapat melihat cuitan kamu tersebut dengan meng-klik pilihan edit yang terdapat di samping pilihan Twitter Circle
  5. Selanjutnya, pilih selesai dan lanjutkan tweetmu
  6. Tweet yang telah diterapkan sebagai Twitter Circle ini selanjutnya hanya dapat dilihat oleh orang-orang yang ada di Twitter Circle kamu

Dalam penggunaan fitur Twitter Circle, ada beberapa poin yang harus kamu ketahui terkait dengan fitur ini. Berikut penjelasannya:

  • Pengguna Twitter hanya dapat menambahkan maksimal sebanyak 150 orang ke daftar Twitter Circle, yang mana hal ini berbeda dengan fitur Close Friend dalam Instagram. Pada Instagram, kamu dapat memilih orang-orang yang masuk kedalam daftar Close Friend dalam jumlah yang tidak terbatas.
  • Kamu dapat mengubah, menambah, dan mengurangi orang-orang yang termasuk kedalam Twitter Circle yang sebelumnya telah kamu pilih.
  • Pengguna Twitter lain tidak akan menerima notifikasi apapun saat kamu menghilangkan atau menambahkan seseorang pada fitur Twitter Circle yang kamu buat
  • Cuitan yang kamu bagikan di Twitter hanya dapat dilihat dan direspon oleh orang-orang yang termasuk kedalam daftar Twitter Circle yang kamu pilih tersebut

Nah, itu dia informasi seputar Twitter Circle yang saat ini sedang kembali diperbincangkan. Bagaimana Smart Viewers, apakah kamu sudah kebagian untuk mencoba fitur ini?

Anis Sahara