Christian Bale, Sosok Villain dalam “Thor: Love and Thunder” yang Bertransformasi Sepanjang Karirnya sebagai Aktor Hollywood

Sebagai pecinta Marvel, kehadiran film “Thor: Love and Thunder” yang sudah tayang di Indonesia sejak 6 Juli 2022 ini sangat dirasakan antusiasnya bagi masyarakat luas. Selain diperankan oleh Chris Hemsworth dan Natalie Portman, “Thor: Love and Thunder” juga akan diramaikan dengan karakter villain yang diperankan oleh Christian Bale.

Sejak pengumuman resmi pada Desember 2020 lalu yang menyatakan bahwa Christian Bale resmi didapuk menjadi salah satu karakter dalam “Thor: Love and Thunder”, rupanya sangat menarik perhatian bagi seluruh penikmat film Marvel dan menjadi salah satu yang paling dinantikan. Di film ini, Christian Bale memerankan sosok villain dengan penampilan dan karakternya yang sangat mengerikan sebagai Gorr.

Christian Bale sendiri memang telah dikenal sebagai aktor yang memiliki metode akting yang sangat baik dengan totalitas dalam semua peran yang dimainkan.  Hal ini dibuktikan dengan Christian Bale yang berhasil masuk kedalam 4 nominasi dalam ajang penghargaan Academy Award atau Oscar dan meraih penghargaan pertamanya pada Academy Awards ke-83 sebagai Aktor Pendukung Terbaik dalam perannya sebagai Dicky Eklund di film “The Fighter”.

Aksi ciamiknya di setiap film yang dilakoni ini berkat usahanya yang selalu berhasil dalam membangun karakter fiksinya. Tak tanggung-tanggung, ia bahkan rela untuk menaikkan dan menurunkan berat badannya demi melakoni perannya. Untuk lebih mengenal sosok aktor anyar ini, BINUS TV akan merangkum transformasi ekstrem dari Christian Bale yang menunjukkan totalitasnya di dunia industri perfilman.

  1. American Psycho (2000), Reign of Fire (2002), dan Equilibrium (2002)

Christian Bale yang telah memulai karirnya sejak umur 8 tahun, membuat gebrakan yang sangat besar di industri perfilman sejak filmnya yang di rilis pada tahun 2002 bertajuk “American Psycho”. Bale yang sudah beranjak dewasa tersebut, memerankan diri menjadi seorang eksekutif muda yang psikopat bernama Patrick Batemen. Patrick Batemen yang merupakan karakter laki-laki metroseksual dengan bentuk tubuh berotot. Demi membuat tampilan tubuh yang sesempurna mungkin dalam karakternya tersebut, Bale menjalankan waktunya setiap hari untuk melakukan latihan kebugaran selama beberapa jam di pusat kebugaran dan tambahan 3 jam lainnya pada saat di lokasi syuting.

Selain diharuskan memiliki bentuk tubuh sempurna di dalam film “American Psycho”, Bale juga tampil dengan karakter berbadan tegap di beberapa film lainnya. Dalam film berikutnya, ia memerankan diri sebagai Quinn Abercromby di film “Reign of Fire” dan berperan sebagai John Preston di film “Equilibrium” yang mana memiliki berat badan 83 kilogram.

  1. The Machinist (2004)
Sumber foto: IMDb

Penampilan takjub selanjutnya dari Christian Bale adalah pada saat ia memerankan karakter Trevor Reznik pada film “The Machinist” di tahun 2004. Perubahan ekstrem pada tubuh Bale sangat terlihat saat memerankan sosok Trevor Reznik ini.  Sosok Trevor Reznik sendiri merupakan seorang pekerja industri yang menderita penyakit insomnia akut dan tidak tidur selama setahun. Hal ini membuat sosok Trevor nampak memiliki tubuh yang kurus kering, mata yang sayu, dan wajah yang pucat. Untuk menjadi sosok Trevor, Christian Bale kehilangan berat badannya hingga 29 kilogram dengan berat badannya yang hanya mencapai 55 kilogram. Untuk mendapatkan tubuh yang sesuai, Bale setiap harinya hanya mengonsumsi sekaleng tuna dan 1 buah apel.

  1. Batman Begins (2005)
Sumber Foto: Reddit

Tak sampai setahun, Bale harus kembali merubah bentuk tubuhnya sebagai sosok pahlawan super dalam film “Batman Begins” yang dirilis pada tahun 2005. Berperan sebagai Bruce Wayne, membuat Bale harus mengembalikan bentuk tubuhnya yang berotot. Hanya dalam kurun waktu 6 bulan, Christian Bale harus berjuang ekstra di pusat kebugaran dan berhasil menaikkan berat badannya dari 55 kilogram menjadi 104 kilogram.

  1. Rescue Dawn (2006)
Sumber foto; Fandango

Hanya berselang 1 tahun, Christian Bale harus kembali menjalani transformasi tubuh di filmnya yang berjudul “Rescue Dawn”. Dalam film ini, Bale berperan sebagai Dieter Dengler yang merupakan seorang pilot Amerika Serikat pada era Perang Vietnam yang berusaha menyintas setelah pesawatnya ditembak di Laos. Untuk memerankan diri sebagai Dieter Dengler, Bale mengurangi berat badannya hingga 25 kilogram dan menjadi 61 kilogram.

Setelah “Rescue Dawn”, Christian Bale kembali memerankan diri sebagai Bruce Wayn dalam film “The Dark Knight” pada tahun 2008. Hal ini membuatnya harus kembali lagi merubah tubuhnya menjadi berotot.

  1. The Fighter (2010)

Berselelang 2 tahun setelah film “Batman: The Dark Knight”, Christian Bale menurunkan berat badannya hingga 14 kilogram pada 2010 di film “The Fighter”. Bale yang saat itu memiliki bobot 66 kilogram, berperan menjadi karakter bernama Dick Eklund. Dick Eklund yang merupakan seorang pelatih tinju serta seorang pecandu ini berhasil membuat Christian Bale mendapuk penghargaan Oscar dengan nominasi Aktor Pendukung Terbaik.

  1. American Hustle (2013)
Sumber foto: Movies and Bacon

Selanjutnya pada tahun 2012, Bale kembali menjalani syuting sebagai Batman di film “The Dark Knight Rises”. Di tahun 2013, Bale berhasil mengejutkan penggemarnya dengan tampilan tubuh gemuknya yang sangat berbeda dari tampilan dirinya pada film terakhirnya. Hal ini ia lakukan untuk memerankan diri di film “American Hustle”. Bale berperan sebagai penipu kelas kakap bernama Irving Rosenfeld. Di film tersebut, Bale tampil dengan tubuh gemuk dan berhasil menaikkan berat badannya dari 84 kilogram menjadi 103 kilogram. Bale menyebut bahwa dirinya pada saat itu selalu mengonsumsi donat, burger keju, dan apapun yang bisa ia santap.

Beranjak dari “American Hustle”, Bale kembali tampil dengan tubuh tegap dan bugar dalam film “Exodus: Gods Kings” pada tahun 2014. Setelah itu, ia berperan menjadi karakter lainnya di beberapa film, hingga karakternya yang mengagumkan sebagai mantan wakil presiden AS bernama Dick Cheney dalam film “Vice”.

Sebagai seorang aktor, Christian Bale memang patut untuk diacungi jempol ya, Smart Viewers! Apa yang dilakukan Christian Bale merupakan bentuk dedikasi dan totalitasnya sebagai seorang aktor. Namun, apa yang dilakukan Christian Bale ini tentunya didampingi oleh tim yang profesional sehingga ia mampu mengontrol berat badannya dengan aman.

Film-film yang diperankan oleh Christian Bale ini tentunya bisa menjadi rekomendasi film yang bisa kamu tonton untuk mengisi waktu luang loh, Smart Viewers! Kamu juga bisa mendapatkan rekomendasi film-film menarik lainnya serta review film di program BINUS TV bertajuk MOVIE FREAK yang tayang setiap setiap hari Selasa, Pukul 19.00 WIB hanya di YouTube Channel BINUS TV!

Anis Sahara