Cari Tahu Manfaat Mengonsumsi Yogurt Secara Rutin!

Smart Viewers, sebagai salah satu makanan kaya akan sumber probiotik, yogurt sangat populer sebagai pilihan makanan bagi orang-orang ingin melancarkan pencernaan. Makanan yang terbuat dari  campuran susu matang dengan bakteri utamanya adalah Lactobacillus Bulgaricus dan Streptococcus Thermophilus yang dibiarkan selama beberapa jam dalam suhu 43 hingga 46 derajat celsius.

Laktosa yang merupakan jenis gula yang terkandung dalam susu ini dipecah dan berubah menjadi asam laktat. Zat inilah yang membuat tekstur dari susu mengental serta memberikan cita rasa asam yang ada pada yogurt. Makanan yang difermentasi bukan hanya mengubah zat gizi, melainkan meningkatkan kualitasnya.

Selain itu, seseorang yang mengonsumsi yogurt akan mendapatkan berbagai kebaikan yang diperoleh. Di bawah ini, BINUS TV akan merangkum kebaikan yang akan kamu dapatkan dari mengonsumsi yogurt secara rutin:

  1. Mengatasi Masalah Pencernaan

Probiotik yang terkandung di dalam yogurt rupanya baik untuk kesehatan dan mampu mengatasi masalah pencernaan. Probiotik yang terdapat dalam yogurt diantaranya adalah Bifidobacteria dan Lactobacillus yang mana telah terbukti dalam mengurangi gejala sindrom iritasi usus besar (IBS). Kamu juga dapat memastikan probiotik yang terkadung dalam yogurt tetap efektif dengan cara memperhatikan kandungan kultur bakteri aktif yang tercantum pada kemasan.

  1. Sumber Protein

Meskipun kandungan protein di dalam yogurt berbeda setiap jenisnya, namun yogurt menyediakan jumlah protein yang cukup besar di setiap 7 ons 200 gramnya mengandung sekitar 12 gram protein. Sementara itu, greek yoghurt memiliki jenis kandungan protein yang tertinggi, yaitu mengandung 15 hingga 20 gram protein di setiap 6 ons yang mana dapat memenuhi 30% protein kebutuhan harian. Protein bermanfaat untuk mendukung metabolisme tubuh dengan meningkatkan energi yang dikeluarkan untuk aktivitas tubuh serta penting untuk pengaturan nafsu makan. Protein sendiri sangat penting bagi tubuh dalam pertumbuhan dan perbaikan sel, yang mana jika kita kekurangan protein dapat mengakibatkan hilangnya masa otot, kesulitan berpikir, serta rapuhnya rambut, kulit, dan kuku.

  1. Menguatkan Sistem Imun

Dengan mengonsumsi yogurt, maka kamu akan merasakan manfaat dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mengurangi kemungkinan tubuh tertular dari penyakit karena mengandung magnesium, selenium, seng, dan vitamin D. Probiotik di dalam yogurt juga bermanfaat untuk mengurangi peradangan, seperti infeksi virus. Selain itu, yogurt juga terbukti untuk membantu mengurangi tingkat keparahan saat flu.

  1. Memperkuat Tulang dan Gigi

Yogurt juga kaya akan zat gizi, seperti kalsium, fosfor, dan kalium yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Vitamin D yang terkandung pada yogurt juga mampu membantu dalam penyerapan kalsium. Semua zat gizi ini dapat menjaga kepadatan tulang dan gigi sehingga mencegah osteoporosis. Selain itu, asam laktat di dalamnya berfungsi untuk melindungi gusi dari infeksi.

  1. Menjaga Kesehatan jantung

Yogurt nyatanya mengandung HDL (high-density liporotein) yang dapat meningkatkan kolesterol baik yang mampu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi resiko penyakit jantung. Selain itu, kandungan kalium didalamnya juga dapat mengeluarkan kelebihan natrium yang ada dalam tubuh, dimana natrium merupakan mineral yang dapat meningkatkan tekanan darah yang merupakan penyebab utama penyakit jantung.

Bagaimana Smart Viewers? Sudah tau kan seberapa besar manfaat yogurt bagi tubuh! Selain bisa kamu temukan di supermarket dan toko-toko penjual makanan, kamu juga bisa loh membuat yogurt sendiri di rumah dengan mudah. Kamu bisa membuatnya dengan menggunakan yoghurt maker.

Untuk mengetahui cara membuat yogurt dengan praktis di rumah, kamu bisa loh menyaksikan program BINUS TV bertajuk LIFE TECH di Episode “Animor Yoghurt Maker Yang Buat Kalian Mudah Hidup Sehat” pada link di bawah ini!

Kamu juga bisa mendapatkan berbagai informasi mengenai perkembangan dan kemajuan teknologi bedasarkan fakta dan data, serta tips dan trik mengenai teknologi terkini dalam program LIFE TECH. Program LIFE TECH bisa kamu saksikan setiap hari Kamis, pukul 16.00 WIB hanya di YouTube Channel BINUS TV!

Anis Sahara