Truk Berbahan Bakar Hidrogen Segera Diproduksi Massal, Sekali Isi untuk Daya Tempuh 500 KM

Truk berbahan bakar hidrogen akan segera diproduksi massal di Inggris. Sumber Foto: Tevva.com
Truk berbahan bakar hidrogen akan segera diproduksi massal di Inggris. Sumber Foto: Tevva.com

BINUS TV – Truk berbahan bakar hidrogen akan segera diproduksi massal di Inggris oleh perusahaan yang berbasis di Essex.

Tevva, perusahaan yang berbasis di Thurrock, telah menambahkan sistem sel bahan bakar hidrogen ke desain HGV baterai-listriknya. Menurut perkiraan truk berbahan bakar hidrogen berbobot 7,5 ton itu dapat dikendarai hingga sejauh 310 mil (500km).

Pendiri dan kepala eksekutif Tevva, Asher Bennett mengatakan, truk berbahan bakar hidrogen sangat baik untuk kesehatan udara. Selain itu, biaya hidrogen lebih murah dibandingkan disel.

“Ketika truk tanpa emisi melakukan lebih banyak mil per hari, itu sangat baik untuk udara yang kita hirup, untuk planet ini dan untuk ekonomi menjalankan truk listrik.Setiap mil yang Anda kendarai dengan truk listrik, jauh lebih murah daripada mengendarai truk diesel,” jelas Asher Bennett.

Hidrogen lebih mahal dan lebih sulit didapat daripada listrik. Oleh karena itu, Bennett mengatakan bahan bakar utama truk baru akan terus menjadi baterai bertenaga listrik, yang diisi ulang dalam semalam.

Penambahan catu daya alternatif akan “menghilangkan kekhawatiran” bahwa baterai bisa kehabisan daya, klaimnya.

“Tidak ada operator armada yang akan mengeluarkan truk di pagi hari yang akan mendekati batas jangkauannya,” kata Bennett.

“Yang berarti menempatkan truk listrik pada jarak yang jauh lebih pendek daripada yang bisa dilakukan,” tambahnyaa.

Bennet menambahkan bahwa truk bertenaga hidrogen akan menjadi populer bagi operator armada di seluruh Eropa dan Amerika Utara.

Tevva menawarkan pasokan hidrogen yang “terjangkau” kepada pelanggan, dengan waktu pengisian bahan bakar yang sama dengan tangki diesel.

Penjualan truk bertenaga diesel akan dilarang pada tahun 2040 dan Menteri Transportasi Inggris, Trudy Harrison mengatakan sel bahan bakar hidrogen akan “penting untuk membantu transportasi dekarbonisasi”.

“Industri hidrogen Inggris yang berkembang tidak hanya dapat membantu kami memenuhi kewajiban perubahan iklim kami, tetapi juga mendukung ribuan pekerjaan di seluruh negeri di tahun-tahun mendatang,” katanya.

“Produsen yang berbasis di Inggris seperti Tevva terus mengembangkan keterampilan dan keahlian yang kami miliki dalam hidrogen di Inggris, mengembangkan teknologi baru, mendukung pertumbuhan ekonomi, dan bekerja menuju nol bersih,” tegasnya.

Sumber: Sky News.com

Editor: Moese