Robot Terkecil di Dunia yang Berpotensi Membantu Operasi

Saat ini kemajuan di bidang teknologi memang berkembang dengan pesat. Banyak sekali ilmuwan yang memanfaatkan kemajuan teknologi untuk membuat sebuah inovasi baru yang bermanfaat. Salah satunya adalah dengan merakit robot yang bisa membantu kehidupan manusia.

Ilmuwan dari Univesitas Northwestern di Amerika Serikat telah menciptakan robot kecil berbentuk kepiting yang ukurannya hanya setengah milimeter. Saking mungilnya, robot ini bisa berdiri di atas sisi koin. Duh, imut sekali ya Smart Viewers!

Asal Usul Robot Terkecil di Dunia

Ilmuwan utama dalam project ini, Profesor John A. Rogers mengatakan bahwa robot ini diciptakan oleh para mahasiswa karena gemas dengan kepiting kecil yang hanya bergerak ke samping. Berangkat dari alasan sederhana itulah mereka mulai membuat robot mungil berbentuk kepiting. Beliau juga mengatakan bahwa robot mikro ini memang topik yang digemari untuk bereksplorasi dalam bidang akademis.

Robot kepiting yang sangat mungil ini dapat berubah menjadi lentur saat dipanaskan dan akan kembali ke bentuk semula saat sudah dingin. Bentuk robot ini dirancang terinspirasi dengan buku pop up 3D anak-anak, di mana bagian dasarnya berbentuk pipih dan kaki-kakinya dibuat menggunakan karet sehingga bentuknya mirip seperti mencuat ke atas.

Robot Kecil ini Tidak Memiliki Sumber Energi

Berbeda dengan robot lain pada umumnya yang bisa digerakkan dengan hardware, hidrolika, atau perangkat listrik, robot ini memiliki kekuatan pada elastisitas tubuhnya. Memanfaatkan program shape memory alloy (SMA) robot ini akan berubah bentuk sesuai dengan “ingatan” mereka ketika dihadapkan dengan sinar laser.

Karena ukuran robot yang mungil, daya panas atau dingin dapat menyebar dengan cepat. Hal ini mempengaruhi robot untuk bergerak menjadi lebih cepat. Dibutuhkan waktu 20 detik untuk menempuh jarak 1cm bagi si robot mungil ini. Para ilmuwan juga mengatakan bahwa robot ini bisa bergerak dengan cara merangkak, berjalan, berputar dan melompat.

Manfaat Robot Kecil untuk Kehidupan Manusia

Saat ini, kemampuan yang dimiliki oleh robot kecil ini hanya bisa bergerak saja. Profesor John A. Rogers mengatakan bahwa robot ini memiliki potensi besar dalam dunia medis. Misalnya untuk membersihkan arteri yang tersumbat, menghentikan pendarahan internal ataupun menghilangkan tumor kanker. Ia juga mengatakan bahwa robot ini berpotensi untuk bisa merakit robot lain yang lebih kecil.

Hingga saat ini, para ilmuwan dan mahasiswa di Northwestern University masih terus mengembangkan robot-robot unik dan menarik lainnya yang dapat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Bagi kamu yang penasaran dan ingin tahu lebih lanjut mengenai robot ini, kamu bisa membaca jurnal Science Robotics dengan judul Submilimeter-scale Multimaterial Terrestrial Robots yang rilis pasa 25 Mei 2022 lalu.

Source :

https://nationalgeographic.grid.id/read/133303006/tim-ilmuwan-northwestren-university-ciptakan-robot-terkecil-di-dunia?page=all

https://www.vice.com/id/article/v7d579/ini-robot-terkecil-sedunia-yang-bisa-masuk-tubuh-kita-bentuknya-mirip-kepiting

Tamara Pramesti