“Do Not Hesitate” menjadi Film dalam Acara Pembukaan Europe on Screen 2022

Pembukaan Festival film Eropa terbesar di Indonesia, Europe on Screen (EoS) 2022 telah dilaksanakan pada 16 Juni 2022 yang diawali dengan pemutaran film Belanda berjudul “Do Not Hesitate”. Acara Pembukaan Festival yang disambut baik oleh para pecinta film ini merupakan dimulainya festival EoS 2022 yang akan diselenggarakan selama 15 hari dan menghadirkan lebih dari 170 pemutaran film serta rangkaian 20 acara tambahan lainnya. Pemutaran film akan dilaksanakan secara hybrid, yaitu pada tanggal 16 hingga 26 Juni 2022 dilaksanakan luring (offline) di 6 kota besar di Indonesia (Jakarta, Bandung, Denpasar, Medan, Surabaya, dan Yogyakarta). Sedangkan untuk pemutaran film yang dilaksanakan secara daring (online) bisa disaksikan pada laman festivalscope.com yang akan berlangsung dari tanggal 20 hingga 30 Juni 2022.

Bapak Vincent Piket selaku Duta Besar Uni Eropa pada pembukaan EoS 2022 mengungkapkan rasa senangnya karena telah dilaksanakannya kembali EoS 2022 yang menyajikan 69 film yang mengesankan dari 25 negara Eropa dengan beragam genre, dari thriller hingha komedi, romansa hingga musikal, dan drama hingga horor. Film-film tersebut merupakan film persembahan dari sineas muda ternama di Eropa yang diantaranya merupakan pemenang penghargaan dan juga membahas seputar isu besar yang terjadi saat ini.

Sementara itu, film “Do Not Hesitate” (2021) sebagai film pembuka dalam EoS 2022 ini bercerita tentang 3 orang tentara yang ditugaskan menjaga kendaraan militer yang rusak di tengah gurun panas dan terpencil. Saat mereka tidak sengaja menembak mati seekor kambing, pemilik kambing yang berumur 14 tahun menuntut ganti rugi. Tidak lama, keadaan berubah menjadi kacau.

Ibu Ardi Stoios-Braken selaku Kuasa Usaha a.i. Kedutaan Belanda juga mengungkapkan rasa bangganya karena dapat turut menjadi tuan rumah EoS 2022 di ErasmusHuis setelah 2 tahun dilaksanakan secara daring. Festival Co-Directur, Nauval Yazid menyatakan EoS yang merupakan salah satu Festival Film Eropa terbesar di dunia mengaku sangat bangga karena semakin dikenal publik untuk menjaga kualitas festival dengan memutar banyak film dari sineas terbaik.

Sebagai Festival Film pertama yang berjalan dengan konsep hybrid secara penuh, Meninaputri Wismurti sebagai Festival Co-Directur mengungkap perasaan senang dapat kembali bertemu dengan para penonton EoS dan dapat menambah teman-teman baru. Selain itu, acara pembukaan EoS 2022 juga memperkenalkan program #fellini102 yang mana ini merupakan restrospektif dari karya sutradara Italia Federico serta EoS 2022 Short Film Pitching Project (SFPP) yang merupakan kompetisi pitching film pendek tahunan dari festival EoS.

Anis Sahara