Europe on Screen ke-22 Menyajikan 69 Film dari 25 Negara Eropa yang diselenggarakan Hybrid

Pagelaran festival film Eropa terbesar, Europe on Screen (EoS) edisi ke-22 akan diselenggarakan secara hybrid setelah 2 tahun telah diselenggarakan secara virtual akibat pandemi. Pada tanggal 16 hingga 26 Juni 2022, pemutaran film akan dilakukan secara luring di beberapa kota besar di Indonesia, diantaranya Jakarta, Bandung, Denpasar, Medan, Surabaya, dan Yogyakarta. Penonton juga bisa mengakses pemutaran film-film yang ditayangkan oleh EoS secara daring dan gratis pada situs festivalscope.com pada tanggal 20 hingga 30 Juni 2022.

Vincent Piket selaku Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia mengungkapkan bahwa EoS 2022 akan menghadirkan sebanyak 69 film dari 20 nsegara-negara Anggota UE (Australia, Belgia, Kroasia, Republik Ceko, Denmark, Finlandia, Perancis Jerman, Yunani, Hungaria, IrlandiaItalia, Belanda, Romania, Polandia, Portugal, Spanyol, Slovakia, dan Swedia) serta dari 5 neara Eropa lainnya (Armenia, Norwegia, Swiss, Ukraina, dan Britania Raya) dengan berbagai macam genre serta mengangkat berbagai isu. Selain itu, EoS 2022 juga akan menghadirkan acara-acara menarik lainnya, seperti diskusi, webinar, dan pameran.

EoS 2022 ini juga menyelenggarakan kompetisi Short Film Pitching Project (SFPP) sebagai dukungan kepada industri perfilaman di Indonesia. SFPP sendiri merupakan kompetisi tahunan yang mengundang submisi dari para pembuat film Indonesia yang memiliki berbagai ide brilian dalam pembuatan film pendek yang telah dilakukan sejak tahun 2018 dan telah  melahirkan berbagai film-film pendek berkualitas serta diputar di berbagai ajang festival film internasional di seluruh dunia. Pemenang dalam SFPP ini nantinya akan mendapatkan pendanaan parsial untuk memproduksi idenyanya menjadi film yang bisa dipertontonkan pada acara EoS selanjutnya.

Gita Fara selaku salah satu juri SFPP EoS 2022 juga mengungkapkan bahwa industri perfilman di Indonesia kini semakin bertumbuh yang banyak meraih penghargaan serta diakui di banyak festival internasional. Gita Fara juga berharap dengan adanya SFPP EoS 2022 dapat mendukung industri perfilman di Indonesia sehingga mampu melahirkan generasi pelaku film yang baru.

Tiga film pendek yang telah berhasil memenangkan SFPP EoS 2021 nantinya akan ditayangkan pada tanggal 19 Juni 2022 pukul 13.00 WIB di GoetheHais dan akan ditayangkan secara daring melalui festivalscope.com pada tanggal 20 hingga 30 Juni 2022. Berikut adalah daftar tiga film yang berhasil menjadi pemenang pada SFPP EoS 2021:

  1. Bibir Merah Siapa yang Punya – Pawadi & Haris Supiandi (Pontianak)
  2. Men and Their Birds – Andrew Kose & Evi Cecilia (Jakarta)
  3. What Ceti Does (Sejarah Ceti) – Azalia Muchransyah & Adhi Anugroho (Bogor)

Tak hanya itu, EoS 2022 juga akan menghadirkan sorotan seni bagi sutradara legendaris dari Italia, Federico Fellini. Bertajuk #Fellini102, program retrospektif ini akan menghadirkan pemutaran film-film klasiknya serta satu film dokumenter terkini tentang pembuatan filmnya, dan pameran yang menampilkan kerja visualnya yang  akan ditayangkan perdana di Pusat Kebudayaan Italia, Istituto Italiano di Cultura (IIC) pada 17 Juni 2022.

Anis Sahara