Kembali Digelar, FLEI 2022 Hadir Kawal Waralaba Demi Membangun Pemulihan Ekonomi Indonesia

Franchise & License Expo Indonesia (FLEI) yang merupakan salah satu pameran bisnis terbesar di Indonesia, akhirnya kembali di gelar pada tahun 2022 ini setelah 2 tahun tertunda akibat pandemi Covid-19. Berbagai kalangan dari komunitas bisnis waralaba, lisensi, kemitraan dan peluang usaha menyambut baik diselenggarakannya FLEI 2022.

Pelaksanaan FLEI 2022 sendiri didasari karena melonjaknya permintaan pembelian dari konsumen sejak kondisi pandemi yang mulai melandai, sehingga membuat para pelaku bisnis kembali bergerak untuk mencari peluang bisnis. Hal ini juga menjadi harapan besar bagi Pemulihan Ekonomi Indonesia pascapandemi.

FLEI 2022 diselenggarakan oleh Panorama Media yang bekerja sama dengan Kamar Dagang & Industri Indonesia (KADIN), Perhimpunan Waralaba & Lisensi Indonesia (WALI), serta Kementerian Perdagangan, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Pameran ini akan mengusung tema “Getting Back To Growth” mempersembahkan “One Stop Solution for Business Opportunity Seekers” yang berlangsung di Assembly Hall, Jakarta Convention Center pada tanggal 3 hingga 5 Juni 2022. Acara ini dibuka untuk umum, dimulai pukul 10.00 hingga 21.00 WIB, dengan tiket masuk sebesar Rp 55.000,- per orang.

Nantinya, FLEI 2022 akan memamerkan lebih dari 200 merek usaha waralaba, lisensi, pendukung usaha retail, dan berbagai peluang usaha lainnya. Selain itu, terdapat juga program diskusi yang diharapkan bisa memberikan motivasi kepada para calon pengusaha.

Pembukaan FLEI 2022 akan berlangsung pada tanggal 3 Juni 2022, yang diawali dengan paparan pengembangan industri waralaba di Indonesia dan sesi keynote dalam pembahasan seputar tren milenial jago bisnis yang diisi oleh Kementerian Perdagangan,.

Tri Raharjo selaku Ketua Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI) menyampaikan bahwa FLEI 2022 ini merupakan tekad besar untuk memajukan waralaba lokal agar dikenal dunia. Selanjutnya, Levita G. Supit selaku Ketua Komite Tetap Kadin Indonesia bidang Franchise, Lisensi & Networking Marketing juga mengungkapkan rasa bangganya bisa bertemu dengan para pengusaha lokal dari seluruh penjuru  Indonesia di FLEI 2022.

Kementerian Perdagangan RI juga memfasilitasi sejumlah pelaku usaha binaan untuk ikut serta dalam FLEI 2022 guna menjaring lebih banyak pengusaha waralaba. Sehingga, para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mendapat kesempatan besar untuk berpartisipasi dalam FLEI 2022. Hal ini karena UMKM punya peran penting dalam pemulihan ekonomi nasional pascapandemi serta memiliki pengaruh besar bagi perkembangan bisnis.

Anis Sahara