Merasa Hampa dalam Hubungan, Bisa Jadi kamu Sedang Mengalami Empty love

Dunia percintaan memang selalu menarik untuk dibahas. Karena cinta adalah hal yang bisa membuat manusia menjadi lebih bahagia. Sebagai manusia yang memiliki kodrat untuk berpasang-pasangan, cinta adalah suatu perasaan yang tak terlihat namun dibutuhkan bagi semua orang. Selain membuat perasaan bahagia, cinta juga bisa menimbulkan perasaan lainnya, mulai dari sedih, antusias, kecewa, dan terluka.

Bagi Smart Viewers yang telah memiliki pasangan, apakah dalam hubungan tersebut kamu pernah merasakan perasaan yang hampa? Keadaan ini terjadi atas semua tindakan dan perilaku yang dilakukan bersama pasangan terasa tidak menyenangkan dan berbeda dari sebelumnya. Jika kamu mulai merasakan hal ini, bisa jadi kamu sedang mengalami Empty love.

Sederhananya, Empty love merupakan hubungan sepasang kekasih yang dijalani tanpa adanya perasaan cinta yang tulus. Bisa dibilang, Empty love di suatu hubungan tidak memiliki gejala-gejala yang pasti. Namun, kali ini BINUS TV akan merangkum beberapa ciri-ciri hubunganmu sedang berada dalam kondisi Empty love.

Ciri-ciri Empty love

Beberapa pasangan mungkin pernah berada dalam keadaan dimana hubungan terasa hambar dan tidak berkembang menjadi lebih baik. Selain itu, masih ada beberapa tanda-tanda lainnya yang bisa jadi menunjukkan bahwa kamu sedang mengalami hubungan Empty love.

  1. Keintiman yang Bekurang

Jika kita mencintai seseorang, tak jarang kita akan menunjukkan perasaan tersebut dengan perasaan yang hangat melalui tindakan, salah satunya melalui kemesraan ataupun keintiman yang dijalin. Kemesraan yang terjalin dengan pasangan memang menjadi salah satu tolak ukur apakah perasaan cinta yang dimiliki oleh sepasang kekasih masih kuat.

Namun, jika kamu merasakan keintiman serta kemesraan di dalam hubunganmu bersama kekasih semakin berkurang bahkan sudah tidak ada lagi, itu merupakan awal dimana kamu terjebak dalam hubungan Empty love. Keadaan ini menunjukkan dimana kamu dan pasangan sudah tidak dipenuhi oleh kehangatan dan terasa hambar, bahkan sudah tidak ada lagi perasaan senang yang menggebu-gebu saat bersama pasangan.

  1. Selalu Setuju dengan Semua Hal

Ketika kamu dan pasangan memiliki satu opini yang sama, memang suatu hal yang diimpikan oleh banyak pasangan. Namun, jika kamu terus menerus setuju tanpa ada pendapat berbeda dengan tujuan untuk menghindari perselisihan, justru hal ini patut untuk dipertanyakan. Karena terkadang dalam suatu hubungan, perselisihan ataupun pertengkaran adalah hal yang wajar.

Perselisihan yang terjadi diantara sepasang kekasih terkadang justru bisa mempererat hubungan, karena nantinya pasangan akan lebih mengenal dan belajar dari permasalahan yang timbul pada hubungan mereka. Jika pasangan tersebut selalu setuju akan suatu hal, padahal hal tersebut tidak sesuai dengan kata hatinya, hal ini bisa menjadi bumerang. Pendapat dan pandangan antara pasangan yang tidak diungkapkan hanya untuk menghindari pertengkaran akan menumpuk tanpa diungkapkan hingga pada akhirnya membuat masalah yang lebih besar untuk hubungan tersebut.

  1. Merasa Canggung Ketika Bertemu

Hal yang paling terlihat jelas saat suatu hubungan terjebak dalam Empty love adalah timbulnya perasaan canggung saat bertemu. Tentu hal ini menjadi suatu yang aneh, karena semestinya sepasang kekasih memiliki rasa kenyamanan dan bahagia saat menghabiskan waktu berdua. Bahkan, kalian akan merasa seperti orang asing saat bersama. Apalagi jika kalian bisa merasakan perbedaannya dari yang kalian rasakan sebelumnya, dimana dulu obrolan yang terjalin saat berdua terasa sangat mengalir dan semua topik pembahasan selalu menarik saat dibicarakan berdua.

  1. Tidak Peduli dan Tidak ada Rasa Cemburu

Saat mengalami Empty love, kamu dan pasangamu tidak benar-benar merasakan perasaan cinta satu sama lain. Jika hal ini terjadi, baik kamu dan pasangamu akan kehilangan rasa peduli satu sama lain, bahkan tidak ada rasa cemburu yang kalian rasakan.  Ketika pasanganmu bersama lawan jenis, kamu tidak merasakan emosi apapun dan tidak peduli atas apa yang dikerjakan oleh pasanganmu.  Kamu maupun pasangan merasa hal-hal yang dilakukan hanya dianggap sebagai formalitas belaka tanpa adanya saling memahami satu sama lain.

  1. Berkurangnya Komunikasi

Sudah seharusnya dalam suatu hubungan sepasang kekasih, komunikasi yang terjalin dengan baik adalah kunci dari kelanggengan hubungan. Namun, jika kamu sudah merasakan berkurangnya komunikasi yang sangat jauh berbeda dari sebelumnya, maka hubunganmu dan pasangan sedang mengalami Empty love. Keadaan ini dimana kamu dan pasangan sudah jarang berkomunikasi, seperti tidak saling bertukar kabar, tidak saling bercerita tentang hal-hal yang dialami, dan tidak adanya komunikasi yang intens. Hal ini membuat kamu dan pasangan tidak saling mengatahui keadaan masing-masing dari pasanganmu.

  1. Merasa Kesepian Walaupun Saat Bersama Pasangan

Perasaan yang sangat ekstrem terjadi saat hubunganmu dan pasangan sedang mengalami Empty love adalah merasa kesepian padahal kamu dan pasangan saling memiliki. Kamu dan pasangan merasakan seperti seseorang yang tidak memiliki kekasih. Kamu ataupun pasangan juga merasa tidak ada tempat untuk berkeluh kesah ataupun untuk berbagi kebahagiaan. Saat seperti ini, kalian merasa saling diabaikan dan tidak dianggap. Sepasang kekasih merasa sudah bukan menjadi prioritas yang utama lagi bagi hubungan kalian.

Setelah mengetahui ciri-ciri Empty love, kamu juga harus mengetahui beberapa penyebab yang mungkin terjadi hingga akhirnya kamu mengalami Empty love:

  • Perasaan bosan karena sudah terlalu lama menjalin hubungan dengan rutinitas yang tidak berubah.
  • Tidak terlalu sering melakukan quality time saat bersama pasangan.
  • Komunikasi yang tidak terjalin dengan baik.
  • Selalu menghadapi konflik dan permasalahan yang sama di dalam hubungan sehingga menganggap hubungan tidak berkembang ke arah yang lebih baik.
  • Perasaan cinta yang sudah memudar.
  • Hubungan didasari oleh keterpaksaan dan tidak dilandasi rasa cinta atau tidak mencintai satu sama lain sejak mengawali hubungan.
  • Kesibukan yang padat akan pekerjaan ataupun kegiatan yang dimiliki masing-masing.

Jika kamu sedang mengalami Empty love serta telah mengetahui penyebabnya dan kamu merasa hubunganmu bisa diperbaiki, kamu bisa melakukan hal-hal di bawah ini:

  • Komunikasikan

Kamu mencoba mengkomunikasikannya kepada pasangan. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa komunikasi adalah kunci dari suatu hubungan. Kamu bisa memperbaiki komunikasi yang tejalin antara kamu dan pasanganmu agar saling terbuka satu sama lain.

  • Quality Time

Meskipun kamu dan pasangamu sangat sibuk, tidak ada salahnya jika kamu dan pasanganmu meluangkan waktu untuk menghabiskan waktu bersama ke tempat-tempat yang kalian sukai.

  • Berani untuk Merelakan

Empty love merupakan salah satu pertanda bahwa hubunganmu dan pasangan sudah tidak sehat. Jika hubungan ini diteruskan, maka hanya akan menyakiti satu sama lain dan menghambat kamu dan pasangamu untuk mencari kebahagiaan lain. Ini saatnya kamu harus mengambil tindakan untuk saling melepaskan dan merelakan satu sama lain.

Bagaimana Smart Viewers? Sudah ada bayangan untuk mengambil keputusan saat mengalami Empty love? Semoga informasi di atas bermanfaat ya untuk kamu dan pasangan!

Anis Sahara