Memahami Peristiwa Badai Matahari serta Dampaknya pada Bumi

Smart Viewers pasti pernah mendengar tentang badai angin, tapi bagaimana dengan badai matahari? Badai matahari adalah suatu kondisi di mana adanya peningkatan radiasi secara mendadak di matahari. Menurut Peneliti Pusat Riset Antariksa pada Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa BRIN (Pussainsa), Dr. Johan Muhammad menjelaskan, badai matahari diidentikan dengan suatu ledakan-ledakan atau peristiwa eruptif yang terjadi pada matahari itu sendiri. Kali ini BINUS TV akan memberikan informasi mengenai pengertian dan dampak badai matahari untuk bumi. Simak informasinya di bawah ini ya, Smart Viewers!

Pengertian Badai Matahari

Kondisi sebagian massa matahari yang terlempar ke luar angkasa saat meledak itulah yang disebut dengan badai matahari. Tanda-tanda sederhana yang bisa dikenali sebelum matahari meledak adalah adanya bagian dari matahari yang tiba-tiba bersinar terang, tapi bukan berarti kamu bisa melihatnya dengan mata telanjang ya, Smart Viewers! Dibutuhkan alat berupa teleskop dan mengirim satelit ke luar angkasa untuk melakukan pemantauan. Badai matahari memiliki 5 klasifikasi berbeda yaitu, A, B, C, M, dan X. Sama dengan pengukuran skala Richter, setiap huruf bernilai 10 kali lipat lebih besar dari huruf sebelumnya.

Dampak Badai Matahari

Setelah mengetahui secara singkat tentang pengertian badai matahari, Pasti peristiwa ini memiliki dampak pada bumi dimana merupakan planet yang kita tinggali saat ini. Berikut ini BINUS TV akan memberikan informasi tentang dampak badai matahari pada bumi::

  1. Gangguan pada sistem komunikasi

Dampak dari badai matahari dapat menganggu sistem komunikasi pada radio pesawat, satelit navigasi, bahkan mengakibatkan pada kehancuran satelit. Besarnya dampak yang dihasilkan pada sistem komunikasi pesawat membuat manusia harus selalu siap siaga dalam menghadapi badai matahari. Pusat Prediksi Cuaca Luar Angkasa (SWPC) dari Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional (NOAA) di Amerika Serikat akan memberikan peringatan pada operator infrastruktur bila akan terjadi badai matahari.

  1. Gangguan pada sistem kabel bawah laut

Sebenarnya badai matahari dapat mempengaruhi seluruh alat komunikasi yang memancarkan elektromagnetik, termasuk yang ada di dasar laut. Dalam hal ini adalah Sistem Komunikasi Kabel Laut atau disingkat menjadi SKKL. Penelitian yang dihasilkan oleh Universitas California Sangeetha Abdu Jyothi mengungkapkan dalam laporannya yang berjudul “Solar Superstorms: Planning for an Internet Apocalypse”, bahwa badai matahari akan membuat infrastruktur internet tidak berfungsi. Meningkatkan risiko kanker

Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN), Rhorom Priyatikanto menyatakan bahwa badai matahari ini akan meningkatkan risiko kanker pada manusia. Risiko ini semakin besar jika kita semakin dekat dengan paparan partikel badai matahari. Seorang pilot yang berada di luar angkasa harus berlindung di dalam kapsul ketika badai matahari terjadi.

Jadi, itulah informasi seputar badai matahari yang sedang terjadi saat ini. Tapi kamu tidak perlu khawatir Smart Viewers, karena letak Indonesia yang berada di garis lintang ekuator tidak akan terkena dampak yang besar dari badai matahari. Sejauh ini dampak yang dirasakan di Indonesia adalah adanya muncul gangguan komunikasi radio HF pada frekuensi 3-30 Mega Hertz. Gangguan sinyal radio tersebut mempengaruhi penerbangan, militer, dan radio amatir.

Ternyata menarik ya Smart Viewers mengetahui fenomena-fenomena alam yang terjadi di sekitar kita. Jika kamu ingin tahu informasi, program, dan konten menarik serta menghibur, kamu bisa temukan di seluruh social media, YouTube Channel BINUS TV, dan di www.binus.tv, ya!

Source :

https://www.kreditpintar.com/education/badai-matahari

https://www.kompas.com/sains/read/2021/10/30/210200123/3-fakta-badai-matahari-penyebab-hingga-dampaknya-pada-manusia?page=all

https://teknologi.bisnis.com/read/20210913/101/1441696/material-pilihan-cegah-gangguan-badai-matahari-terhadap-kabel-bawah-laut

Tamara Pramesti