Pelajaran Hidup yang bisa diambil dari “Doctor Strange: Multiverse of Madness”

Halo Smart Viewers! Kalian sudah menonton film “Doctor Strange: Multiverse of Madness” belum? Sejak perilisan perdananya di Indonesia pada 5 Mei 2022 lalu, film besutan Marvel Studios ini memang banyak sekali  meraup perhatian pecinta film di seluruh dunia, terutama penggemar karakter dari Marvel.

Film yang mengangkat perjalanan terbaru dari Doctor Strange ini selain menyuguhkan petualangan heroik dalam melewati alam semesta, ternyata banyak menanamkan nilai kebaikan yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari lho, Smart Viewers! Nah Smart Viewers, di bawah ini BINUS TV telah merangkum beberapa pelajaran yang bisa dipetik dari film “Doctor Strange: Multiverse of Madness”. Simak informasinya di bawah ini, ya!

  1. Pengingat dalam Merefleksikan Diri: Apa yang Sebenarnya yang Membuat Kita Bahagia?

Salah satu dialog yang cukup membekas dari film “Doctor Strange: Multiverse of Madness” adalah “Are you happy? (Apa kamu bahagia?)”. Kalimat yang dilontarkan dari Doctor Strange kepada Wong ternyata cukup mendalam dan menyiratkan makna tersendiri bagi para penontonnya. Setelah melewati perjalanan mengunjungi berbagai alam semesta, Doctor Strange menyadari bahwa setiap versi dirinya di setiap semesta menjalani kehidupan yang berbeda-beda. Tak jarang, Doctor Strange sering mengalami perasaan kecewa, tidak bahagia, hingga memiliki rasa takut yang mendalam dalam dirinya karena sering membohongi perasaannya sendiri.

Hal ini juga menunjukkan bahwa di kehidupan nyata, kita harus menghadapi kenyataan bahwa realita yang dijalani harus diterima. Menjalani kehidupan dengan tidak membohongi diri sendiri juga merupakan sumber kebahagiaan lho, Smart Viewers. Karena kebahagiaan bukan selalu tentang kesempurnaan seperti yang kita impikan, tapi kebahagiaan bisa didapat dari kejujuran dalam menerima atas kenyataan yang kita jalani saat ini.

  1. Percaya pada Kemampuan dalam Diri

Salah satu karakter yang menyita perhatian di film “Doctor Strange: Multiverse of Madness” adalah America Chavez. Sebagai gadis muda yang memiliki kekuatan super, America awalnya belum mampu untuk mengendalikan kekuatannya. Hal ini karena kurangnya kepercayaan diri di dalam dirinya.

Namun, seiring berjalannya waktu dan atas semua pengalaman serta petualangan yang dijalaninya bersama Doctor Strange, akhirnya America bisa mengendalikan kekuatan supernya. Ini juga berlaku bagi diri kita, Smart Viewers! Terkadang, kemampuan yang ada dalam diri kita tidak disadari. Hal ini tentunya akan menghambat potensi yang ada di dalam diri kita untuk berkembang. Agar kita mampu mengembangkan diri, sudah seharusnya kita percaya akan kemampuan yang ada di dalam diri kita agar kita bisa lebih berkembang dan akhirnya menyadari seberapa besar potensi yang kita miliki

  1. Setiap Orang Berkesempatan untuk Berubah menjadi Lebih Baik

Pada semesta yang ditinggali oleh para Illuminati, Docor Strange merupakan karakter yang telah berkhianat. Hal ini membuat Doctor Strange kehilangan kepercayaan dari semua teman-temannya. Kehadiran Doctor Strange yang berada dari semesta lainpun dianggap menjadi ancaman bagi semesta tersebut.

Namun, hanya Chales Xavier yang menganggap bahwa bukan berarti Doctor Strange yang mereka kenal berbuat salah, lalu Doctor Strange yang lainpun juga dapat melakukan kesalahan yang sama. Chales Xavier menjadi satu-satunya orang yang percaya dan memberikan kesempatan kepada Doctor Strange, hingga akhirnya Doctor Strange menunjukkan bahwa dirinya tidak seburuk yang orang lain pikirkan. Hal ini menjukkan bahwa semua orang memiliki kesempatan untuk berubah. Jika seseorang pernah berbuat kesalahan, bukan berarti kesalahan tersebut tidak membuatnya memiliki kesempatan untuk berbuat kebaikan.

  1. Selalu Bersyukur dan tidak Memaksakan Kehendak

Pada film “Doctor Strange: Multiverse of Madness” juga mengisahkan tentang Wanda atau Scarlet Witch yang berusaha menjadi versi dirinya pada semesta lain. Dalam semesta lain, Scarlet Witch melihat dirinya menjadi seorang ibu dari anak-anak yang dicintainya. Namun, keinginannya ini membuatnya menjadi sosok yang jahat hingga menghancurkan dan merugikan orang-orang disekelilingnya.

Hal yang dialami oleh Wanda atau Scarlet Witch memang sering terjadi dalam kehidupan nyata kita. Seringkali kita iri dengan kehidupan orang lain yang dirasa lebih beruntung dibanding kita. Namun, meski banyak rintangan yang sering kita lewati, sudah sepatutnya kita selalu bersyukur atas apa yang kita miliki. Karena, memaksakan kehendak untuk menjadi versi orang lain tentunya tidak baik untuk diri sendiri. Kita harus bisa mengapresiasi kehidupan yang kita miliki sekarang, karena masih banyak kehidupan lain di luar sana yang terkadang tidak memiliki keberuntungan sebanyak yang kita miliki.

  1. Tulus dan Ikhlas dalam Mengasihi

Perjalanan cinta dari Doctor Strange dan Christine Palmer memang sangat rumit. Di setiap semesta, Doctor Strange harus menerima kenyataan pahit bahwa dirinya tidak bisa bersatu dengan Christine. Meski awalnya berat, namun Doctor Strange menyadari bahwa, meski ia tidak bisa bersatu dengan Christine, ia menerima dan tetap mencintai Christine.

Dalam menyayangi seseorang, terkadang memang kita tidak harus selalu memilikinya.  Karena mencintai yang sebenarnya adalah mencintai dengan tulus tanpa mengharapkan imbalan apapun walaupun orang yang kita cintai tidak bisa kita miliki. Kita harus ikhlas jika orang yang kita cintai memiliki kebahagiaan dengan bersama orang lain.

Gimana Smart Viewers? Ternyata selain menyuguhkan kisah yang menarik serta tontonan yang memukau, ternyata film “Doctor Strange: Multiverse of Madness” memiliki makna tersirat yang bisa menjadi pelajaran hidup untuk diterapkan di kehidupan sehari-hari, ya!

Selain “Doctor Strange: Multiverse of Madness”, banyak lagi film-film besutan Marvel lainnya yang bisa kamu saksikan. Kamu bisa melihat fakta menarik lainnya seputar Marvel Cinematic Universe di program BINUS TV bertajuk Movie Freak episode “Tantang Nathan vs Ryanda Siapa Yang Paling Paham MCU!” pada link di bawah ini!

Kamu juga bisa menyaksikan berbagai review film dan serial menarik di program Movie Freak yang tayang setiap hari Selasa, Pukul 19.00 WIB hanya di YouTube Channel BINUS TV!

ANIS SAHARA