Hakka Indonesia Berekspansi Memberikan Pelatihan Pembuatan Konten TikTok

Hakka Indonesia berekspansi dalam memberikan pelatihan tentang pembuatan konten di TikTok yang diselenggarakan di Surabaya setelah sebelumnya sukses diselenggarakan secara luring maupun during sejak Desember lalu. Pelatihan yang bertema “Hakka TikTok Creator Training” ini merupakan program pelatihan uuntuk memberikan edukasi mengenai konten TikTok.

Program pelatihan “Hakka TikTok Creator Training” merupakan salah satu pelatihan luring dimana Hakka Indonesia berpartisipasi dalam program kartu PRAKERJA. Berlokasi di SMKA Negeri 1 Surabaya, “Hakka TikTok Creator Training” memberikan pelatihan kepada lebih dari 50 peserta dari kalangan pelajar tingkat SMK serta Umum.

Bersama mentor Debra Zuan yang merupakan Lead Program & Content Development Hakka Indonesia, pelatihan yang dimulai sejak pukul 09.00 hingga 16.00 WIB ini memberikan pelatihan bagi peserta bagaimana cara menjadi seorang content creator. Peserta diberikan pelatihan proses awal mula penentuan konsep hingga proses pengunggahan konten dalam aplikasi TikTok, serta pemberian contoh beberapa content creator yang telah sukses dan telah memiliki banyak followers di TikTok.

Selain pelatihan, peserta juga diajak untuk mempraktikan cara membuat konten TikTok dengan peralatan yang sederhana, sehingga peserta mampu untuk mengembangkan kepercayaan diri dan kemampuan public speaking, yang mana merupakan hal terpenting dalam pembuatan TikTok. Selain itu, peserta juga dilatih untuk menyunting hingga mengunggah video yang dibuat. Hal ini tentunya bertujuan untuk mengedukasi peserta mengenai fitur-fitur yang ada di TikTok.

Debra juga menyampaikan bahwa banyak berlatih dan konsisten dalam membuat konten yang sedang tren di TikTok merupakan kunci agar memperoleh followers yang banyak di TikTok. Sementara itu, Arya Putra Hadi selaku dari siswa kelas 12 SMK Negeri 1 Surabaya menyampaikan bahwa setelah menyimak dan mengikuti pelatihan bersama Debra Zuan di “Hakka TikTok Creator Training”, ia jadi mengetahui bagaimana cara memaksimalkan konten dan mengetahui trik agar konten-konten TikTok dapat muncul dalam FYP (For You Page).

Sebagai dukungan program kartu pelajar, Hakka Indonesia akan menjadikan kegiatan ini berkelanjutan kedepannya guna mengembangkan potensi masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan TikTok dan platform digital lainnya. Melalui pelatihan-pelatihan yang telah dilaksanakan, Hakka Indonesia berharap mampu memberikan dampak yang positif bagi pengembangan sumber daya di Indonesia, serta dapat berkontribusi dalam peningkatan karya melalui platform digital.

Anis Sahara