Menangis Tidak Membatalkan Puasa?

Hai Smart Viewers, ketika menjalani ibadah puasa selama bulan suci Ramadhan memang ada beberapa hal yang dapat membatalkan puasa. Saat seseorang sengaja untuk minum, dan minum, maka ibadah puasa orang tersebut akan batal. Namun bagaimana hukum islam menilai seseorang yang menangis saat berpuasa?

Ketika Smart Viewers ngabuburit di rumah dengan cara menonton film, atau pun menonton video di internet, terkadang muncul perasaan sedih, terharu, atau marah yang dapat membuatmu menangis. Perasaan ingin menangis muncul karena adanya emosi yang berlebih dalam diri manusia. Dilansir dari tribunnews.com, Wahid Ahmadi yang merupakan Dai dan anggota Ikatan Dai Indonesia (Ikadi) Jawa Tengah mengatakan, sebaik-baiknya menangis adalah ketika seorang hamba takut dan memohon ampunan atas dosa-dosanya kepada Allah SWT.

Selain itu, banyak ulama yang menjelaskan mengenai hukum Islam menilai seseorang yang menangis saat berpuasa, salah satunya adalah Habib Husein Ja’far.

Berdasarkan hukum islam, menangis saat berpuasa hukumya adalah mubah. Mubah adalah hukum islam yang memberikan pilihan untuk dilakukan atau ditinggalkan. Jika dilakukan tidak dapat pahala, dan bila ditinggalkan tidak pula mendapat dosa. Dalam kitab Matan al-Ghaayah wat Taqrib karya Syaikh Abu Syuja’ al-Asfihani ada 10 hal yang membatalkan puasa :

10 hal yang dapat membatalkan puasa, yaitu :

  1. Sesuatu yang sampai pada rongga bagian dalam tubuh (jauf) atau kepala
  2. Mengobati dengan memasukkan sesuatu pada salah satu dari dua jalan (qubul dan dubur)
  3. Muntah secara sengaja
  4. Melakukan hubungan seksual secara sengaja pada alat kelamin
  5. Keluarnya mani sebab bersentuhan kulit
  6. Haid
  7. Nifas, masa haid selama 40 hari setelah melahirkan
  8. Gila
  9. Pingsan di seluruh hari
  10. Murtad

Ibadah puasa di bulan suci Ramadhan adalah hal penting bagi umat Muslim, maka dari itu harus dijalankan dengan maksimal. Setelah mengetahui bahwa menangis ternyata tidak membatalkan puasa, ternyata masih banyak hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama menjalankan ibadah puasa, lho. Kamu bisa menyaksikan NGABUBURIT YUK! dalam episode “Do And Don’ts Saat Berpuasa” bersama Habib Husein Ja’far agar ibadah puasamu semakin lancar pada link di bawah ini.

NGABUBURIT YUK! juga akan membahas episode-episode menarik lainnya bareng Habib Husein Ja’far untuk menemanimu selama menunggu waktu berbuka puasa, setiap hari Jum’at selama bulan Ramadhan, pukul 17.30 WIB, hanya di YouTube Channel BINUS TV.

Sumber :

https://islam.nu.or.id/ramadhan/apakah-menangis-dapat-membatalkan-puasa-kOXf1

https://www.tribunnews.com/ramadan/2022/03/22/apakah-menangis-membatalkan-puasa-ini-penjelasan-ustaz

Tamara Pramesti