Minuman yang Harus Dihindari Saat Sahur

Halo Smart Viewers! Di bulan suci Ramadhan ini, umat muslim di seluruh dunia sedang menjalankan puasa selama sebulan penuh. Selama berpuasa, mereka dilarang untuk minum dan makan sampai dengan waktu maghrib tiba. Meskipun sedang berpuasa, seseorang juga tetap menjalani aktivitas sehari-hari seperti biasanya. Cairan tubuh yang hilang melalui keringat atau urin saat beraktivitas selama berpuasa ini dapat mempengaruhi kesehatan tubuh dan kulit.

Maka dari itu, diperlukan asupan tubuh yang tepat dengan gizi yang seimbang agar tubuh kuat untuk berpuasa seharian. Smart Vieweers, berikut ini BINUS TV akan memberikan informasi seputar minuman yang harus dihindari saat sahur, simak informasi di bawah ini ya, Smart Viewers!

  1. Jus Buah Instan

Jus buah memang memiliki banyak vitamin yang dapat bermanfaat bagi tubuh. Tapi, jus buah instan memiliki kadar gula yang tinggi sebagai pengawet, sekaligus agar rasa dari jus buah instan tersebut terasa nikmat bagi konsumen. Kadar gula yang tinggi ini akan membuatmu merasa cepat haus nantinya.

  1. Kopi

Sebagian orang memiliki kebiasaan untuk mengonsumsi kopi sebelum memulai hari. Selama menjalankan ibadah puasa, mereka memilih untuk mengonsumsi kopi di saat sahur. Padahal, minum kopi dapat membuat tubuh cepat kehilangan cairan, karena kopi memiliki sifat diuretik. Sifat diuretik adalah tubuh yang mengeluarkan cairan secara berlebih melalui keringat atau urin. Jika Smart Viewers meminum kopi saat sahur, kamu akan kekurangan cairan lebih cepat, sehingga akan cepat merasa haus.

  1. Teh

Selain kopi, banyak orang yang juga mengonsumsi teh saat sahur. Hal ini karena mereka menganggap teh adalah minuman yang menyehatkan. Faktanya, teh adalah minuman yang mengandung kafein, sama seperti kopi. Kandungan kafein memiliki sifat diuretik yang dapat menyebabkan cepat lemas, rasa haus berlebih, sering buang air kecil, dan sebagainya.

Selama puasa, penting untuk memenuhi kebutuhan energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Air putih yang biasa dikonsumsi sehari-hari adalah minuman terbaik yang dapat dikonsumsi saat sahur. Minum air putih yang cukup saat sahur dan berbuka puasa sangat baik agar tubuh tidak kekurangan cairan. Berikut ini adalah strategi untuk mengatur asupan air minum yang cukup selama berpuasa :

  1. 1 gelas setelah bangun sahur
  2. 1 gelas selepas sahur
  3. 1 gelas saat berbuka puasa
  4. 1 gelas setelah sholat maghrib
  5. 1 gelas setelah makan malam
  6. 1 gelas setelah sholat isya
  7. 1 gelas setelah sholat tarawih
  8. 1 gelas sebelum tidur

Smart Viewers dapat mengurangi konsumsi minuman jus buah instan, teh, ataupun kopi selama berpuasa, dan beralih mengonsumsi air putih lebih banyak. Air putih tidak hanya bermanfaat untuk memenuhi cairan tubuh, tapi juga dapat membantu sistem pencernaan, penyerapan makanan, dan mempertahankan suhu tubuh. Kelelahan otot selama berpuasa juga dapat dibantu dengan mengonsumsi air putih selama sahur, lho! Yuk Smart Viewers, perbanyak minum air putih, ya!

Source :

https://www.suara.com/lifestyle/2022/04/04/095151/agar-tak-cepat-haus-hindari-konsumsi-4-minuman-dan-makanan-ini-saat-sahur-dan-berbuka-puasa

https://indonesiabaik.id/infografis/minum-8-gelas-air-perhari-saat-puasa

Tamara Pramesti