Sumber Energi Terbarukan Melimpah, Besar Peluang Indonesia Produksi Energi Baru Terbarukan (EBT)

Ilustrasi Energi Baru Terbarukan (EBT). Sumber: Pixabay.com
Ilustrasi Energi Baru Terbarukan (EBT). Sumber: Pixabay.com

BINUS.TV –Indonesia memiliki sumber energi terbarukan yang melimpah dan beragam seperti air, panas bumi dan biogas. Oleh karena itu, Indonesia sudah siap untuk memproduksi Energi Baru Terbarukan (EBT).

Penjelasan kesiapan Indonesia untuk memproduksi EBT tersebut diungkapkan oleh Direktur SDM dan Penunjang Bisnis Pertamina Power Indonesia, Said Reza Pahlevy, seperti dikutip dari InfoPublik.id, Sabtu (16/4/2022).

Said Reza Pahlevy menambahkan, dengan selain siap, dengan sumber energi terbarukan yang melimpah, Indonesia memiliki peluang besar untuk memproduksi EBT.

“EBT adalah sebuah keniscayaan, daripada menunggu, lebih bagus kita inisiasi. Jika harus berdampingan dengan energi baru terbarukan, kita sudah siap, paling tidak kita harus persiapkan dari sekarang,” jelas Said.

Sementara itu, Direktur Jenderal Energi Baru dan Terbarukan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Dadan Kusdiana menyatakan, Indonesia sebenarnya sudah mulai memproduksi EBT yaitu biodesel.

Saat ini menurut Dadan, dari 1 liter biodisel, 30 persennya bersumber dari bahan nabati yaitu sawit.

“Sebenarnya kita sudah mulai energi baru terbarukan dari penggunaan biodiesel. Dari satu liter biodiesel, 30 persennya kita sudah gunakan minyak yang bersumber dari sawit,” kata Dadan.

Sebelumnya, Menteri ESDM Arifin Tasrif meminta pemerintah daerah dapat membuat kebijakan yang mengarah pada pengembangan EBT.

Langkah itu didorong untuk mendukung pemerintah pusat dalam mencapai target bauran energi baru terbarukan sebesar 23 persen pada 2025.

Arifin menilai dukungan ini sangat dibutuhkan untuk menjalankan pembangunan rendah karbon dan energi hijau.**

Sumber: InfoPublik.id

Muslikhin