Ini Rekomendasi Makanan Ringan Saat Berbuka Puasa

Hai Smart Viewers! Memasuki detik-detik waktu berbuka puasa adalah saat yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim di bulan suci Ramadhan. Setelah menahan rasa lapar dan haus selama 13 jam, tubuh manusia pasti membutuhkan asupan makanan untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Meskipun begitu, kamu tetap harus memastikan makanan yang akan dikonsumsi higienis, dan memenuhi kebutuhan gizi seimbang.

Beberapa orang memilih untuk mengonsumsi makanan ringan terlebih dahulu saat berbuka puasa. Alasannya adalah untuk menghindari rasa kekenyangan dan mengantuk saat tarawih. Nah, BINUS TV sudah merangkum 5 rekomendasi makanan ringan saat berbuka puasa untuk kamu nih Smart Viewers, simak di bawah ini ya!

1. Kolak

Hidangan satu ini adalah makanan wajib yang harus ada saat berbuka puasa. Kolak memiliki bahan dasar dari buah pisang dan ubi dengan kandungan gizi dan serat yang banyak menjadi andalan bagi para umat muslim untuk mengganjal perut. Rasa manis dari gula aren, dapat menjadi energi tambahan pada tubuh agar dapat menjalani solat tarawih dengan lancar.

2. Bubur Kacang Hijau

Rasa bubur kacang hijau yang nikmat dan mengenyangkan dapat menjadi salah satu pilihan menu dalam berbuka puasa. Smart Viewers pasti ingin tampil  maksimal saat lebaran nanti, kan? Serat dan protein yang dimiliki oleh kacang hijau dapat membantumu dalam menjaga berat badan, lho. Selain itu, kandungan gizi dalam kacang hijau yang kaya akan mineral yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung, melancarkan pencernaan, menurunkan kolestrol jahat, dan masih banyak lagi.

3. Sop Buah

Saat berbuka puasa, yang pertama kali dikonsumsi pasti adalah minuman pelepas dahaga. Rasa sop buah yang manis dan segar, ditambah dengan sajian aneka buah yang kaya akan vitamin dan mineral menjadi daya tarik lebih bagi makanan yang satu ini. Menurut Konsultan Gizi Royal Sport Performance Center Senayan City, Dr Rita mengatakan bahwa sop buah aman dikonsumsi karena buah-buahan dalam sop buah memiliki kandungan air yang tinggi, seperti semangka, blewah, apel,  melon, dan jeruk. Beliau juga menambahkan, untuk berhati-hati dalam mengonsumi sop buah yang menggunakan pemanis buatan secara berlebihan, karena pemanis buatan yang berlebihan dapat meningatkan resiko diabetes dan obesitas.

4. Es Pisang Ijo

Makanan segar berbuka puasa khas Makassar ini berbahan dasar dari buah pisang. Berbeda dengan kolak, es pisang ijo disajikan dingin sehingga dapat memberikan rasa segar bagi tubuh. Tepung hijau yang menyelimuti buah pisang juga kaya akan karbohidrat yang tinggi sehingga dapat memenuhi kebutuhan energi tubuh.

5. Biji Salak

Menu berbuka yang satu ini tidak benar-benar dibuat dari biji salak ya, Smart Viewers! Bentuknya yang bulat dan kecil mirip dengan biji salak, sehingga dinamakan biji salak. Makanan ini memiliki bahan dasar dari ubi jalar atau ubi ungu yang direbus dan dibentuk bulat-bulat sebesar biji salak. Ubi jalar mengandung vitamin A yang bermanfaat untuk mata dan dapat membantu tubuh dalam melawan penyakit. Sedangkan manfaat ubi ungu adalah untuk menjaga organ hati serta menurunkan resiko kanker. Wah, makanan biji salak ini kecil mungil tapi kaya akan manfaat, ya!

Dari 5 rekomendasi menu buka puasa di atas, mana nih yang akan pertama kamu coba? Menu buka puasa yang menggugah selera di atas, dapat kamu buat sendiri di rumah lho Smart Viewers! Atau kamu bisa mengikuti resep-resep masakan lainnya yang nikmat dan menarik dalam acara Weekend Dish. Weekend Dish bisa kamu saksikan setiap hari Sabtu pukul 10.00 WIB di Channel BINUS TV!

Source :

https://www.tokopedia.com/blog/resep-aneka-jajanan-buka-puasa-hlv/

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5008508/tips-sajikan-sop-buah-untuk-buka-puasa-agar-tetap-sehat-dan-kaya-nutrisi

Tamara Pramesti