Strategi Marketing Cerdas yang Perlu Kamu Tahu!

Smart Viewers pasti sudah sering mendengar kata product placement, salah satu strategi marketing yang sekarang sedang banyak dilakukan oleh para brand.  Product placement sendiri adalah sebuah strategi marketing untuk mempromosikan sebuah produk yang dilakukan secara halus pada sebuah film, program televisi, atau media digital lainnya yang bertujuan untuk menarik konsumen dan meningkatkan penjualan. Selain itu, product placement juga bertujuan untuk meningkatkan brand awareness.

Kegiatan promosi sudah mulai bergeser dari yang biasa melalui iklan secara tradisional, dan kini mulai memanfaatkan perkembangan komunikasi media massa. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan LOWE yang merupakan sebuah agensi periklanan multinasional asal London, menunjukan bahwa sebesar 53% pemirsa mengganti saluran televisi ketika siaran program televisi tersebut sedang iklan. Maka dari itu, diperlukan sebuah trobosan baru dalam dunia marketing, salah satunya dengan product placement.

Dalam melakukan strategi ini, perlu diperhatikan jenis program yang akan ditayangkan. Smart Viewers pasti pernah menonton film atau drama yang di dalamnya memuat product placement. Salah satu contohnya adalah dalam drama “Crash Landing on You” di mana tokoh utamanya yaitu Yoon Seri yang diperankan oleh Son Ye Jin makan ayam goreng di restoran Olive Chicken BBQ bersama dengan teman-teman tentara dari Korea Utara. Dalam scene tersebut, diceritakan mereka menonton pertandingan bola sembari makan malam. Strategi marketing dari product placement seperti ini terlihat alami dan menyatu dengan alur cerita membuat penonton tidak sedang merasa menonton iklan.

 

Product placement tidak hanya ditempatkan pada film, tetapi juga bisa ditempatkan pada program YouTube, loh! Pasti smart viewers sering melihat disalah satu tayangan Youtube, dimana pembawa acara sedang menggunakan barang atau mengonsumsi produk makanan serta memberikan informasi secara detail, mulai dari deskripsi produk hingga harganya. Ini adalah salah satu contoh product placement di sebuah program yang bisa dilakukan secara softselling, atau bisa juga dilakukan secara hardselling. Strategi ini terbilang cukup berhasil jika melakukannya di program yang sesuai dengan identitas brand tersebut. Biaya yang dikeluarkanpun relatif murah, karena setiap brand hanya perlu menyesuaikan budget dengan channel YouTube yang dituju.

Nah, bagi smart viewers yang memiliki bisnis dan ingin mempromosikan produknya, kamu bisa melakukan strategi branding dan marketing di BINUS TV. Karena BINUS TV memiliki banyak program menarik yang bisa disesuaikan dengan produk yang ingin kamu promosikan. Mulai dari membahas film, teknologi, kuliner, hingga game. Blibli Dot Com telah menjadi salah satu brand yang pernah bekerjasama dengan BINUS TV dalam hal placement. Sekarang, waktunya kamu bekerja sama dengan BINUS TV untuk membuat produk dan brandmu semakin dilirik! So, Let’s Collaborate!

 

 

Source :

https://media.neliti.com/media/publications/140181-ID-none.pdf

Asrita, S. Prionazvi, D. 2020. Wacana Product placement Tropicana Slim dalam Branded Web Series. Yogyakarta. Universitas AMIKOM.

https://ojs.unikom.ac.id/index.php/common

https://www.idx.co.id/StaticData/NewsAndAnnouncement/ANNOUNCEMENTSTOCK/From_EREP/201912/3cf32371dc_85b5efd556.pdf

https://money.kompas.com/read/2021/01/20/165327826/jumlah-pelanggan-melonjak-di-tengah-pandemi-netflix-raup-pendapatan-rp-350