Tidak Enak Menolak Permintaan Orang Lain, Ini Pertanda Kamu Terlalu Baik!

Hai, smart viewers! Apakah kamu orang yang tidak bisa berkata tidak jika ada seseorang yang meminta bantuanmu? Bahkan kamu sering merasa bersalah atas hal yang orang lain rasa sepele? Atau kamu merasa sedih jika ada sesuatu yang tidak sesuai ekspektasi mereka? Jika iya, sepertinya kamu terlalu baik, deh!

Kadang perasaan-perasaan yang kamu rasakan seperti itu tidak perlu loh, smart viewers! Karena, selain hanya memikirkan perasaan orang lain, kamu juga harus memerhatikan diri kamu dan kebahagiaanmu terlebih dahulu. Jika kamu sedang dalam keadaan seperti ini, berarti ini adalah waktu yang tepat bagi BINUS TV untuk memberikan informasi seputar sifat “Terlalu Baik”, mulai dari pengertian, tanda-tanda, hingga dampak buruknya bagi kamu. Simak informasi selengkapnya ya, smart viewers!

Pengertian Terlalu Baik

Perbuatan baik merupakan hal positif yang menunjukkan kepedulian dan rasa kasih sayang sesama manusia sebagai makhluk sosial. Berbagai perasaan dicurahkan dalam bentuk tingkah laku yang berusaha untuk menyenangkan orang lain yaitu berbuat baik. Jika dilakukan dengan benar, berbuat baik dapat membuat perasaan menjadi bahagia dan hubungan dengan orang lain menjadi lebih harmonis. Bahkan perilaku baik yang kamu lakukan bisa menginspirasi orang lain untuk melakukan hal yang sama.

Namun, jika perilaku baik dilakukan secara berlebihan, perbuatan baik itu akan menjadi masalah untuk kamu. Bagi orang tertentu, perbuatan baik yang dilakukan secara berlebihan terhadapnya bisa membuat perasaan tidak nyaman, bahkan orang itu akan menjauhimu.

Selain itu, kamu juga bisa dimanfaatkan oleh orang lain karena mereka tahu bahwa kamu tidak akan menolak permintaan mereka. Hal ini tentunya bukan sesuatu yang baik untuk kamu. Kamu bisa aja merasa lelah berbuat baik dan merasa bahwa orang lain tidak memperlakukan kamu sebaik kamu memperlakukan mereka.

Tanda Terlalu Baik

Terkadang, perasaan terlalu baik terhadap orang lain tidak disadari oleh pelakunya. Jika kamu melakukan hal-hal di bawah ini, ini merupakan pertanda jika kamu terlalu baik terhadap orang lain.

  1. Selalu Berusaha Membantu di setiap Keadaan

Berbuat baik memang tidak salah, tapi jika harus memaksakan diri kamu membantu orang lain, sedangkan keadaanmu juga tidak memungkinkan adalah hal yang kurang bijaksana. Berbuat baik juga ada batasannya, jangan sampai menempatkan dirimu di posisi yang sulit, ya!

  1. Selalu Ingin Membuat Orang Lain Senang

Membuat orang lain senang tentu hal yang baik, tapi jangan sampai mengorbankan kebahagiaanmu dengan terlalu mementingkan opini orang lain. Walaupun kamu telah berbuat segalanya, tapi kamu tentu tetap tidak bisa membuat senang semua orang, jadi jangan terlalu dipikirkan.

  1. Orang Lain Selalu Bergantung Denganmu

Orang lain bisa saja memanfaatkanmu dengan bergantung padamu atas segala urusannya karena tahu jika kamu akan selalu bersedia membantu.Jika hal ini terus berlangsung, kamu kamu akan kelelahan secara mental.

  1. Sering Mengabaikan Kebutuhan Pribadi

Tanda utama orang terlalu baik adalah lebih mengutamakan kebutuhan orang lain dibandingkan kebutuhannya sendiri. Kamu tidak boleh melupakan jika kamu juga membutuhkan hal yang sama dan jangan mengorbankan kebutuhanmu sendiri ya, smart viewers!

  1. Sering Meminta Maaf

Tanda orang terlalu baik adalah meminta maaf meskipun bukan kesalahannya. Menjaga perasaan orang lain memang penting untuk dilakukan, tapi kamu tidak perlu meminta maaf berulang kali hanya untuk menyenangkan orang lain.

Dampak Buruk Terlalu Baik

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa perilaku baik memang suatu sikap yang positif untuk dilakukan. Namun, jika perilaku baikmu dilakukan secara berlebihan, hal ini juga akan berdampak buruk bagi dirimu sendiri. Di bawah ini adalah dampak buruk jika kamu terlalu baik terhadap orang lain.

  1. Sering menyalahkan diri sendiri

Berbuat baik kepada orang lain membuat kamu juga jadi lebih mudah memaafkan kesalahan mereka. Tapi dampak buruknya adalah kamu akan merasa kesulitan untuk memaafkan kesalahanmu sendiri.

  1. Sering merasa kecewa

Ketika kamu berbuat baik kepada orang lain, ada harapan bahwa orang tersebut akan membalas kebaikanmu juga. Sehingga ketika mereka tidak membalas kebaikanmu, kamu akan merasa sedih dan kecewa.

  1. Mudah berada dalam hubungan yang tidak sehat

Terlalu baik kepada orang lain akan membuat kamu disepelekan oleh orang lain loh, smart viewers! Orang lain akan memandang kamu sebagai orang yang mudah mengiyakan segala sesuatu dan akan memperlakukanmu seenaknya.

  1. Kesehatan mental menjadi terganggu

Ketika kamu terus menerus memendam emosi supaya tetap bisa berbuat baik kepada orang lain ternyata tidak baik untuk kesehatanmu. Emosi yang menumpuk akan mempengaruhi kesehatan mentalmu, seperti depresi dan gangguan kecemasan.

Smart viewers, sekarang sudah tahu secara lengkap tentang sikap terlalu baik? Berbuat baik memang menyenangkan dan bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik. Namun, kamu juga tidak boleh lupa untuk memprioritaskan dirimu. Jangan sampai kamu malah jadi melupakan hal-hal yang kamu butuhkan dan melewatkan kesenanganmu untuk memaksakan diri membantu orang lain. Berbuat baik boleh kok, tapi tetap utamakan diri sendiri, ya!

Source :

Tamara Pramesti