5 Negara dengan Hutan Hujan Terbesar di Dunia

Jika mendengar kata hutan, pasti sebagian besar orang akan terbesit tentang tempat penampung karbon dioksida, sekaligus penghasil oksigen terbesar di dunia. Namun apakah kamu tahu apa sebenarnya hutan hujan serta fungsinya?

Nah smart viewers, hutan hujan merupakan hutan yang terletak pada daerah tropis dan memiliki curah hujan yang tinggi. Karena tingginya curah hujan, hutan hujan kaya akan flora dan fauna di dalamnya. Beberapa hutan hujan di dunia tidak pernah mengalami kekeringan sepanjang tahun, sehingga muncul istilah everwet yaitu selalu basah, dan evergreen yaitu selalu hijau. Berikut adalah 5 negara dengan hutan hujan terbesar di dunia :

  1. Brazil
    Smart Viewers pasti pernah mendengar Hutan Amazon, bukan? Hutan Amazon adalah hutan hujan tropis terbesar di dunia yang terletak di Brazil yang luasnya mencapai 6 juta kilometer persegi. Hutan Amazon juga menjadi paru-paru terbesar di dunia, karena sebanyak 30% oksigen di dunia berasal dari Hutan Amazon. Saking luasnya, masih banyak spesies yang belum teridentifikasi di hutan ini. Namun, 10 persen spesies fauna terkenal, salah satunya seperti ular Anakonda berasal dari Hutan Amazon loh, smart viewers!

  1. Republik Demokratik Kongo
    Negara ini terletak di benua Afrika. Wilayah hutan hujan tropisnya mencakup Kamerun, Gabon, Republik Kongo, Equatrial Guinea, dan Republik Demokratik Kongo (DRC). Kongo memiliki sungai yang mengalir sepanjang 3,7 juta kilometer persegi yang terbentang di tengah hutannya. Spesies Simpanse, Bonobo dan Okapi berasal dari hutan ini.

  1. Indonesia
    Indonesia adalah negara tropis yang terletak di garis khatulistiwa. Lokasinya yang strategis ini membuat Indonesia memiliki hutan hujan tropis terbesar di Asia dan ketiga terbesar di dunia. Hutan hujan tersebut terletak di Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Berdasarkan data FSC (Forest Stewardship Council), Indonesia memiliki kekayaan flora dan fauna lebih tinggi dibanding Amerika Selatan dan Afrika.

  1. Peru
    Berdasarkan data Peru Manu Wildlife Center, negara yang terletak di Amerika Selatan ini, memiliki hutan dengan ribuan spesies burung, 200 lebih mamalia, ribuan kupu-kupu, puluhan ribu tanaman bunga, serta 300 lebih spesies amfibi dan reptile. Apakah smart viewers tahu hewan Llama? Hewan berbulu yang menggemaskan ini juga berasal dari Peru, loh.

  1. Madagaskar
    Negara yang memiliki nama seperti judul dalam film animasi ini ternyata benar ada di dunia loh, smart viewers! Madagaskar terletak di benua Afrika dan terbagi menjadi wilayah yang kering dan basah. Meskipun hutan hujan di Madagaskar hanya bisa ditemukan di pulau-pulau kecil saja, tetapi para ilmuwan sudah membangun pusat penelitian untuk mempelajari flora dan fauna yang ada di hutan ini. Jika smart viewers pernah menonton film “Madagaskar”, di film tersebut menampakkan pohon yang tidak memiliki dahan di bagian batang pohonnya, dan hanya terdapat daun di bagian puncak pohonnya saja. Pohon itu ternyata dinamakan Baobab yang juga sering disebut sebagai pohon botol. Wah, menarik ya, smart viewers!

Smart viewers, itulah tadi 5 negara yang memiliki hutan hujan terbesar di dunia. Hutan hujan tersebut tentunya memiliki begitu banyak manfaat bagi bumi dan kehidupan yang ada di dalamnya.

Jika kamu masih penasaran tentang seberapa penting peran hutan hujan yang ada di dunia, kamu bisa melihat penjelasan selengkapnya di program BINUS TV bertajuk W.O.W (Worthy Obvious Wonder) pada episode “Seberapa Penting Peran Hutan Amazon?” pada link di bawah ini!

https://www.youtube.com/watch?v=UVMVLmiq_bs

Jangan sampai terlewat juga info-info mengenai fenomena, peristiwa, dan hal-hal unik lainnya di program BINUS TV, W.O.W (Worthy Obvious Wonder) setiap hari Selasa, pukul 14.00 WIB hanya di YouTube Channel BINUS TV.

Source :

https://www.idntimes.com/science/discovery/budi-28/5-hewan-unik-yang-hanya-dapat-dijumpai-di-peru-spesies-langka-c1c2-1/5

https://www.idntimes.com/science/discovery/nissa-dwi-anggraeni/negara-hujan-tropis-terbesar-c1c2/6

https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5792555/5-negara-dengan-hutan-hujan-tropis-terluas-di-dunia-indonesia-urutan-berapa#:~:text=Berdasarkan%20jenis%20negara%2C%20Brazil%20menjadi,persen%20spesies%20terkenal%20di%20dunia.

Tamara Pramesti