Selain Nikmat Dikonsumsi, Kopi bisa dimanfaatkan untuk Kecantikan

Hai smart viewers, siapa yang setiap hari selalu minum kopi, nih?  Minuman yang dulunya identik di kalangan bapak-bapak ini, kini mulai digemari oleh kalangan anak muda. Minuman kopi yang diolah semakin bervariasi dan beragam jenisnya, dari kopi luwak, kopi tubruk, cold brew, americano, affogato, macchiato, dan masih banyak lagi.

Meski dikenal sebagai minuman yang nikmat dikonsumsi dan dipercaya sebagai penghilang rasa kantuk, siapa sangka ternyata kopi juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan, loh!. Hal ini karena kandungan dan nutrisi yang ada dalam biji kopi tidak hanya bermanfaat untuk dikonsumsi sebagai minuman, tetapi juga bisa diolah dan dimanfaatkan menjadi perawatan kecantikan. Berikut adalah 5 manfaat kopi untuk kecantikan yang sudah dirangkum oleh BINUS TV. Simak informasinya di bawah ini ya, smart viewers!

  1. Menyamarkan Selulit

Manfaat kopi dalam hal kecantikan yang paling dikenal adalah untuk menyamarkan selulit. Selulit adalah suatu kondisi kulit yang bergelombang dan tidak rata akibat dari kulit yang meregang. Bagi sebagian orang, selulit pada kulit dapat menganggu penampilan. Kafein yang terkandung pada kopi bisa membantu menyamarkan selulit pada kulit. Smart viewers cukup mencampurkan bubuk kopi dengan minyak zaitun dan dibalurkan sebagai scrub badan ke tubuh pada bagian yang kamu inginkan.

  1. Menyamarkan Mata Panda

Lingkaran hitam di bawah mata atau yang dikenal sebagai mata panda memang menganggu penampilan ya, smart viewers! Lingkaran mata yang hitam ini bisa membuat penampilanmu menjadi terlihat lesu dan tidak fresh. Kamu bisa membuat masker dari campuran kopi dengan air dan minyak zaitun. Setelah itu, oleskan dan diamkan selama 10 menit pada area bawah mata atau seluruh bagian wajah, dan bilas dengan air bersih.

  1. Membantu Mengatasi dan Menghilangkan Bekas Jerawat

Siapa yang tidak mau memiliki wajah yang glowing dan bebas dari jerawat? Kandungan antiinflamasi pada kopi dapat melawan bakteri  jahat penyebab jerawat dan mengurangi minyak berlebih pada kulit. Rutin menggunakan masker kopi dapat membantu kamu dalam mengatasi dan menghilangkan bekas jerawat. Smart viewers bisa mencampurkan bubuk kopi dan madu secukupnya, kemudian oleskan di wajah dan diamkan selama 10 hingga 15 menit. Jangan lupa dibilas yang bersih, ya!

  1. Meningkatkan Kesuburan Rambut

Selain bermanfaat untuk kecantikan kulit, kopi juga bisa membantu merangsang folikel rambut yang berfungsi untuk meningkatkan kesuburan rambut. Smart viewers dapat membuat masker rambut dari kopi dengan mencampurkan bubuk kopi dengan 1 cangkir air panas. Lalu, kamu bisa mengoleskannya ke rambut dan diamkan selama 20 hingga 30 menit. Saat dioleskan ke rambut, pastikan campuran masker kopi sudah dingin ya, smart viewers!

  1. Membuat Rambut Menjadi lebih Berkilau

Bagi smart viewers yang memiliki masalah rambut kusut dan kusam, mungkin kamu bisa menggunakan kopi untuk mengatasi masalahmu yang satu ini. Kandungan flavonoid dan kafein yang ada di dalam kopi, dapat membantu tekstur rambut menjadi lebih lembut dan berkilau. Campurkan bubuk kopi dan minyak kelapa, lalu diamkan pada rambut selama 30 menit. Setelah itu, bilas sampai bersih ya, smart viewers! Karena minyak kelapa yang tidak dibilas dengan bersih dapat membuat rambutmu menjadi berminyak.

Selain nikmat dikonsumsi, ternyata kopi memiliki manfaat yang banyak untuk kecantikan ya, smart viewers! Smart viewers tertarik untuk mencoba? Kamu cukup mengaplikasikannya selama 2 sampai 3 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu kamu dalam melakukan perawatan kecantikan!

Source :

https://www.brilio.net/kesehatan/7-manfaat-kopi-untuk-kecantikan-dan-cara-membuatnya-191205y.html

https://www.halodoc.com/artikel/mengenal-manfaat-kopi-untuk-kecantikan

https://katadata.co.id/sitinuraeni/berita/61e13446d9c9c/manfaat-kopi-untuk-rambut-dan-cara-penggunaannya#:~:text=Kopi%20diketahui%20bisa%20mengatasi%20kerontokan,DHT)%20yang%20merusak%20folikel%20rambut.

Tamara Pramesti