3 Hal Unik tentang Roti yang Wajib Kamu Ketahui!

Smart viewers, perkembangan dalam dunia roti semakin maju. Hingga kini, roti sudah diolah dengan cara yang berbeda-beda, mulai dari dikukus, dipanggang, bahkan dibakar. Bahan untuk membuat rotipun juga sudah sangat bervariasi, ada yang mengganti tepungnya dengan jenis tepung gluten free, mengganti jenis gula yang digunakan, termasuk juga mengganti jenis susu. Hal ini disesuaikan dengan permintaan pasar dan kebutuhan setiap orang yang berbeda-beda.

Saat ini Smart Viewers bisa menjumpai olahan roti yang memiliki bentuk, rasa, dan tekstur yang sangat beraneka ragam. Produk olahan roti di Indonesia kini bahkan bisa menggantikan peran nasi bagi sebagian orang. Karena memiliki kandungan serat yang tinggi, roti akan membuat kita mudah merasa kenyang saat mengonsumsinya loh, Smart Viewers! Selain memiliki kandungan serat yang tinggi, ternyata ada beberapa hal unik lainnya dari roti yang menarik untuk dibahas. Di bawah ini BINUS TV akan memberikan informasi mengenai 3 fakta unik tentang roti yang wajib kamu ketahui :

 

1. Dibuat pertama kali di kota Mesir

Walapun saat ini roti dikenal sebagai makanan yang populer di negara Barat, namun ternyata roti diciptakan di kota Mesir loh, Smart Viewers! Penduduk kota Mesir yang gemar mengonsumsi gandum, mendorong mereka untuk mengolah gandum dalam bentuk makanan lain. Maka dari itu, mereka mencoba untuk mengolah gandum dengan cara sederhana, yaitu dengan cara dicampur dengan air, sehingga berbentuk seperti kulit kebab. Hingga suatu hari, seorang pekerja lupa untuk mengeringkan adonan selama berhari-hari sehingga mengalami fermentasi. Hasil fermentasi tersebut kemudian dimasak dengan cara dibakar, yang ternyata menghasilkan cita rasa yang empuk dan enak. Setelah kejadian itu, mereka mencampurkan ragi kedalam adonan roti untuk membantu proses fermentasi menjadi lebih cepat.

 

2. Roti hanya dikonsumsi oleh Kalangan Atas

Roti memiliki bahan dasar tepung, yang mana tepung merupakan panganan dengan harga yang tinggi pada zamannya. Hal ini membuat roti menjadi makanan yang hanya bisa dikonsumsi oleh kalangan tertentu saja. Karena bahan dasar roti terbuat dari tepung, munculah pemikiran bahwa semakin putih warna roti yang dikonsumsi, maka semakin tinggi kasta orang yang mengonsumsinya. Akibatnya, beberapa penjual nakal mencampur gandum dengan bubuk kapur agar terlihat lebih putih. Bahkan saking maraknya penjualan roti kapur, membuat Pemerintah Inggris mengeluarkan sertifikat bagi pembuat roti untuk menunjukan keaslian roti mereka loh, Smart Viewers! Selain itu, harga roti yang melambung tinggi juga membuat masyarakat kelimpungan, sehingga diberikanlah kebijakan harga jual roti oleh pemerintah setempat. Duh, mirip seperti kelangkaan minyak sekarang ya, Smart Viewers!

 

3. Pekerja Pembuat Roti diberi Upah dengan Roti

Pada jaman dahulu, roti dibuat oleh budak-budak miskin untuk memenuhi permintaan roti kalangan atas. Pekerja pembuat roti tersebut tidak dibayar dengan uang, melainkan dengan roti. Sehingga para pekerja pembuat roti dijuluki sebagai Bredwinner, yang artinya adalah orang yang berjuang untuk mencari roti. Alat dan bahan yang digunakan oleh Breadwinner juga masih primitif dan sederhana, yaitu dengan mencampurkan tepung, air, dan ragi. Kemudian adonan tersebut akan diinjak-injak dengan kaki para Breadwinner dan dibakar pada tungku berbentuk kerucut.

Gimana nih, Smart Viewers? Ternyata roti memiliki fakta-fakta menarik ya untuk dibahas. Saat ini, aneka jajanan dari olahan roti dapat dengan mudah ditemui diberbagai tempat makan dengan berbagai variasi menu yang unik dan lezat. Karena pengolahannya yang mudah, Smart Viewers juga bisa loh untuk berkreasi masakan olahan roti sendiri di rumah dengan resep-resep yang unik dan menarik, salah satunya seperti di program BINUS TV bertajuk Weekend Dish dalam episode “Resep Lava Toast Viral TikTok” pada link di bawah ini.

Kamu juga bisa melihat berbagai tutorial memasak resep makanan dari berbagai olahan, mulai dari resep jajanan yang sedang viral hingga resep-resep inovasi lainnya. Tutorial memasak ini yang dijamin enak dan mudah untuk dibuat di rumah yang nikmat untuk disantap menemani Smart Viewers semua saat weekend.

Inspirasi resep makanan unik dan menarik ini bisa kamu saksikan di program Weekend Dish yang tayang setiap hari Sabtu, pukul 10.00 WIB hanya di YouTube Channel BINUS TV dan Instagram @binustv.

Tamara Pramesti