Hindari Hubungan yang Semakin Memburuk dari Sikap Impulsif Pasanganmu!

Jika mendengar kata impulsif, pasti sebagian besar orang akan langsung terbesit tentang perilaku boros atau kebiasaan menghambur-hamburkan uang secara berlebihan. Smart viewers, namun apakah kamu tahu bahwa impulsif bukan hanya sekedar tentang perilaku seseorang yang tidak bisa mengendalikan hasrat berbelanjanya yang berlebihan?

Nah smart viewers, impulsif sendiri memiliki arti yang berbeda jika terjadi di dalam hubungan percintaan. Sifat impulsif di hubungan percintaan ini merupakan perilaku atau perbuatan pasangan yang secara spontan dapat menyakiti pasangannya. Hal ini biasanya bisa berupa merusak barang-barang saat sedang emosi, mengucapkan kata-kata yang kasar, tidak bisa mengendalikan emosi di tempat umum, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sifat pasangan yang impulsif tentunya menjadi masalah yang cukup menyulitkan bagi keberlangsungan hubungan. Karena sebagai pasangan kekasih, tentunya harus saling menjaga hati dan perilaku untuk pasangannya agar hubungan yang dijalani berjalan dengan baik. Smart viewers, jika kamu memiliki pasangan dengan kebiasaan impulsif, maka sebaiknya kamu harus mengambil sikap agar  sesuatu yang lebih buruk tidak terjadi pada kamu dan hubungan kalian. Di bawah ini, BINUS TV akan memberikan beberapa hal yang bisa kamu lakukan terhadap pasanganmu yang bersikap impulsif.

  1. Manyadari bahwa Impulsif Masalah Utama di Hubungan

Hal yang paling utama dilakukan untuk mengatasi pasangan kekasih yang impulsif ternyata bukan pada pasangan kekasihmu, melainkan harus dimulai dari dirimu sendiri. Kamu harus menyadari dan dan tidak perlu mengelak secara terus-menerus bahwa kebiasaan buruk yang dilakukan kekasihmu termasuk kedalam perilaku impulsif. Terlebih jika kamu sangat menyayangi pasanganmu, kamu harus menyadari bahwa masalah ini harus segera ditangani demi kebaikan pasanganmu dan hubungan kalian.

Setelah dirimu yakin jika pasangan kekasihmu melakukan perlakuan impulsif yang mana bisa membuat masalah utama di hubunganmu, kamu akan lebih mudah untuk menemukan solusi dan membantunya untuk mencegah atau menghilangkan perilaku impulsifnya. Dengan begitu, kamu juga lebih mudah untuk meyakinkan pasanganmu bahwa perilakunya termasuk kedalam sifat impulsif dan dapat membahayakan hubungan kalian.

  1. Membangun Pertahanan Diri Pasangan

Jika kamu dan pasanganmu sudah saling menyadari bahwa perilaku impulsif adalah masalah utama dihubungan kalian, langkah selanjutnya yang bisa diambil adalah kamu bisa membantu pasanganmu untuk membangun pertahanan diri dari perilaku impulsifnya. Seseorang yang memiliki perilaku impulsif pada umumnya membutuhkan bantuan orang-orang di sekitarnya karena mereka memiliki kesulitan dalam mengendalikan diri.

Kamu bisa memulainya dengan memberikannya nasehat dengan hati-hati. Kamu juga harus selalu memperingatkannya dengan baik jika ia hendak melakukan tindakan impulsif, maka hal itu akan berdampak buruk dan merugikan  bagi hubungan. Hal ini juga bisa amembuat pasanganmu merasa tidak sendiri dalam menghadapi sikapnya yang sulit dikendalikan.

  1. Membuat Pertahanan Diri Sendiri

Kebiasaan impulsif yang dilakukan oleh pasanganmu mungkin terkadang akan membuatmu marah dan kesal. Karena, selain membangun pertahanan diri pasanganmu, kamu juga harus membangun pertahanan dirimu sendiri. Kamu harus tetap mengendalikan dirimu sendiri agar tidak terbawa emosi dan meluapkan amarah agar situasi tidak semakin memburuk. Kamu harus pintar-pintar mengatur emosimu sendiri dan mencari cara terbaik agar emosi tidak mengalahkanmu.

Kamu harus tetap tenang dan bersabar saat mengendalikan pasangan yang bersikap impulsif. Hindari memarahinya balik ketika ia sedang meluapkan emosinya. Karena, jika kamu ikut terbawa amarah, maka akan menyulut perilaku pasangamu semakin di luar kendali. Dengan bersikap tenang, kamu akan membuat pasanganmu merasa nyaman untuk berada didekatmu dalam menghadapi situasi dan masalah yang sedang terjadi.

  1. Menjalin Komunikasi yang Baik

Komunikasi memang menjadi solusi yang utama di dalam suatu hubungan, tak terkecuali dalam hubungan yang terdapat masalah impulsif di dalamnya.  Kamu dan pasanganmu bisa memperbaiki cara berkomunikasi dengan membangun komunikasi yang kuat. Kamu bisa menanyakan secara baik-baik apa masalah yang sedang terjadi oleh pasanganmu dan mendengarkan dengan penuh perhatian atas penjelasan yang ia berikan.

Memiliki pasangan yang bersikap impulsif sangat memerlukan kejujuran serta keterbukaan di hubunganmu tersebut.  Kamu harus mengungkapkan pendapatmu dengan jujur dan terbuka atas masalah-masalah yang timbul terhadap sikap impulsifnya. Dengan begitu, pasanganmu akan mengetahui tindakan apa yang harus ia ambil dan tidak hanya sekedar menerka-nerka.

  1. Meminta Bantuan Profesional

Jika kamu merasa pasanganmu tak kunjung memiliki perkembangan baik yang signifikan dalam mengurangi sifat impulsifnya, ini waktunya kamu melibatkan seseorang yang profesional di bidangnya. Kamu bisa meminta bantuan seorang psikolog ataupun psikiater. Namun, hal lain yang harus diperhatikan sebelum meminta bantuan seseorang yang profesional adalah membicarakannya terlebih dahulu kepada pasanganmu. Jangan memaksakan pasanganmu jika ia belum siap untuk ditangani oleh seseorang yang profesional.

Kamu bisa memberi pengertian kepada pasanganmu serta memberikan rekomendasi agar pasanganmu bisa menentukannya sendiri. Karena terkadang, sifat impulsif harus ditangani melaui bantuan profesional dengan penanganan khusus melalui terapi dan obat-obatan.

Smart viewers, itu dia bebarapa hal yang bisa kamu coba lakukan jika kamu memiliki pasangan yang cenderung bersikap impulsif. Semoga hal-hal di atas bisa membantu dalam memperbaiki hubunganmu bersama sang kekasih, ya!

Hal lainnya yang tak kalah penting dalam menyadari tindakan impulsif selain di hubungan percintaan adalah sifat impulsif pada dirimu sendiri. Sifat impulsif yang timbul di diri sendiri yang banyak ditemukan biasanya berbentuk “Impulsive Buying.” Namun, apa sih sebetulnya yang membuat manusia memiliki sifat “Impulsive Buying”? Kamu bisa melihat penjelasan selengkapnya di program BINUS TV bertajuk W.O.W (Worthy Obvious Wonder) dengan episode “Kok Bisa Manusia Mempunyai Sifat Impulsive Buying?” pada link di bawah ini!

Dapatkan juga info-info mengenai fenomena, peristiwa, dan hal-hal unik lainnya di program BINUS TV, W.O.W (Worthy Obvious Wonder)! Jangan lewatkan penayangannya setiap hari Selasa, pukul 14.00 WIB hanya di YouTube Channel BINUS TV.

Anis Sahara