Cinta Beda Agama, Lanjut atau Mundur?

Menjalani sebuah hubungan percintaan memang tidak akan lepas dari suatu masalah. Namun, jika kamu sedang menjalani hubungan dengan pasangan kekasih yang agamanya berbeda denganmu, tentu hal ini menjadi masalah yang cukup pelik bagi kedua belah pihak. Cinta beda agama memang merupakan masalah yang rumit didalam suatu hubungan. Maka, tak jarang bila seseorang banyak yang memilih untuk menghindari hubungan beda agama. Terlebih, jika kamu berada di tempat dan dikelilingi oleh lingkungan yang sangat menjunjung tinggi tentang kulturasi, adat, terutama perihal agama.

Hal besar yang perlu dipertimbangkan tentang perbedaan agama didalam suatu hubungan adalah tentang bagaimana pandangan keluarga dan orang-orang sekitar. Namun, tak sedikit pula yang sangat terbuka mengenai hal ini. Jika kamu sedang mengalami hubungan beda agama atau sedang tertarik dengan seseorang yang memiliki perbedaan agama denganmu, kamu perlu memikirkan hal-hal mengenai masa depan tentang hubunganmu tersebut.

Kali ini, BINUS TV akan membahas seputar cinta beda agama yang masih banyak dialami oleh beberapa orang. Hal ini mungkin akan membuat kamu bisa memutuskan untuk mengambil tindakan seperti apa kedepannya terhadap hubunganmu tersebut. Apakah kamu akan melanjutkan, atau mundur dari cinta beda agama? Sebenarnya ada beberapa pilihan dan cara mengatasinya jika kamu sedang berada di dalam hubungan beda agama. Apa saja pilihan dan cara mengatasinya? Simak informasinya di bawah ini ya , smart viewers!

  1. Jika baru Memulai

Jika kamu hanya baru merasakan “percikan” asmara atau boleh dibilang kamu baru merasakan jatuh hati kepada seseorang yang agamanya berbeda, kamu masih memiliki banyak kesempatan untuk memilih keputusan kedepannya.

Pertama, yakinkan perasaanmu sendiri! Kamu harus menelaah perasaanmu sendiri dan mengukur apakah kamu akan siap dengan semua konsekuensi jika memang kamu akan “terjun” ke dalam hubungan beda agama. Kamu juga harus mempertimbangkan apakah keluargamu akan siap jika kamu menjalin hubungan beda agama. Karena bagaimanapun, keluarga menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk setiap pasangan yang ingin  menjalin sebuah hubungan dengan komitmen yang serius.

Kedua, jika kamu yakin, kamu bisa mengungkapkannya kepada pasanganmu dan membicarakan hubunganmu bersama dia kedepannya. Jika sama-sama yakin, kamu dan pasanganmu harus membicarakan secara serius apa saja konsekuensi yang harus diambil dan hal-hal apa saja yang harus dipahami saat menjalani hubungan beda agama.

Ketiga, jika dirimu sendiri tidak yakin dan belum siap menghadapi rintangan dan konsekuensi hubungan beda agama, kamu bisa mundur. Hal ini akan menjadi lebih mudah sebelum hubungan kamu dan pasanganmu terlalu jauh.

  1. Menjalani Komitmen dengan Keyakinan Masing-masing

Ini merupakan keadaan dimana kamu dan pasanganmu sudah menjalani hubungan yang cukup lama dan sudah mengarah kehubungan yang serius, yaitu pernikahan. Pilihan ini mungkin bisa menjadi jalan tengah bagi pasangan yang berbeda agama dan ingin melanjutkan ke jenjang pernikahan. Namun, pasangan yang telah memutuskan untuk menikah dengan agama yang dianut masing-masing tetap harus mempertimbangkan keadaan yang akan dijalaninya kelak. Mulai dari proses yang akan dijalani sebelum pernikahan, hingga setelah menikah. Hal yang paling besar dalam pernikahan dengan pasangan beda agama adalah anak-anak. Pasangan harus memberikan pemahaman yang baik kepada sang anak atas keyakinan ataupun agama. Kedua orang tua juga harus memberikan pengertian atas keyakinan yang kelak akan dianut oleh anak-anak mereka.

  1. Salah Satu Mengalah

Pilihan lainnya untuk masalah hubungan beda agama adalah salah satu pasangan mengikuti keyakinan pasangannya. Jika hal ini menjadi pilihan, tentunya konsekuensi yang akan diterima dan dihadapi akan sangat besar, terlebih bagi seseorang yang memutuskan untuk berpindah keyakinan. Mulai dari pandangan dari orang tua, keluarga besar, hingga orang-orang disekitar. Keadaan ini menjadikan kamu dan pasanganmu harus saling memberikan dukungan yang besar.

  1. Mengakhiri Hubungan

Pilihan ini mungkin menjadi hal tersulit, terlebih jika hubunganmu dan pasanganmu yang berbeda keyakinan sudah terjalin sangat lama. Jika pilihan untuk bersatu dengan keyakinan masing-masing atau salah satu mengalah untuk berpindah keyakinan bukan menjadi solusi atas hubunganmu, ini saatnya kamu harus mengambil keputusan untuk mengakhiri hubunganmu. Hal ini terpaksa harus dilakukan sebelum hubunganmu dan pasanganmu berlarut-larut dalam ujung yang tidak pasti. Meskipun sulit, kamu dan pasangamu harus menerimanya dengan berbesar hati. Karena bagaimanapun, sebelum memulai hubungan beda agama, pasti pilihan untuk tidak bersama telah ada sejak awal. Dengan mengakhiri hubungan, kamu dan pasanganmu bisa sesegera mungkin beranjak maju dan tidak menetap di keadaan hubungan yang “terombang-ambing” dan memulai hidup yang baru.

Itulah tadi beberapa pilihan yang bisa kamu pilih jika kamu sedang “terjebak” dalam hubungan beda agama. Meski semua agama baik, namun perbedaan suatu keyakinan akan menjadi sangat rumit bagi seseorang yang telah terbiasa hidup dalam kulturasi yang mengikat. Berbagai pendapat tentang hubungan beda agama dari sudut pandang juga beragam dan menarik untuk disimak loh, smart viewers. Kira-kira apa ya pendapat orang-orang mengenai hubungan beda agama?

Smart viewers, kamu bisa menyaksikan program terbaru BINUS TV bertajuk FOMO (Find Out My Opinion) dengan episode “Di Indonesia Bisa Nikah Beda Agama?” pada link di bawah ini! Kamu juga bisa menyaksikan pendapat-pendapat seseorang dari sudut pandang yang berbeda mengenai permasalahan yang ada di sekitar kita, hanya di FOMO  (Find Out My Opinion) setiap hari Senin, pukul 19.00 WIB hanya di YouTube Channel BINUS TV!

Anis Sahara