Rekomendasi Deretan Film Indonesia Tentang Lembutnya Kasih Sayang Seorang Ayah

Smart Viewers, sosok ayah tentunya memiliki perananan yang luar biasa untuk setiap keluarga. Selain menjadi kepala keluarga, Ayah merupakan sosok laki-laki yang memiliki andil dalam segala aspek di kehidupan keluarga. Walaupun dikenal sebagai “pemimpin” keluarga, nyatanya Ayah memiliki perasaan yang lembut dengan rasa kasih sayang yang dimilikinya untuk keluarga tercinta, terutama untuk sang anak. Tak jarang, jika banyak film-film yang  mengangkat sosok kasih sayang dari seorang Ayah.

Masih memperingati Hari Ayah Nasional yang jatuh pada tanggal 12 November 2021, sepertinya paling pas jika weekend ini kita menghabiskan waktu dengan menonton film bertema Ayah bersama keluarga tercinta. Kali ini, BINUS TV akan merekomendasikan beberapa film menarik tentang sosok ayah yang dijamin bisa menyentuh hati kamu loh, Smart Viewers!

  1. Lovely Man

Film bertema Ayah pertama yang wajib kamu tonton adalah “Lovely Man” yang dijamin akan membuat kamu mengharu biru setelah menontonnya. Film ini menceritakan tentang seorang gadis pesantren berumur 15 tahun bernama Cahaya (Raihananun) yang pergi ke Jakarta untuk mencari sang Ayah bernama Saiful (Donny Damara) yang belum pernah ia temui sejak umurnya 4 tahun. Cahya yang hanya berbekal alamat sang Ayah dan sedikit uang, akhirnya pergi ke kota mencari Saiful. Namun, pertemuan mereka nyatanya bukan seperti yang diharapkan oleh Cahya. Cahya harus menerima kenyataan pahit bahwa sang Ayah bekerja sebagai Waria.

Film yang di sutradarai dan ditulis oleh Teddy Soeriatmadja ini sukses menerima banyak pujian dari berbagai pihak penikmat film. Film ini di tayangkan perdana pada Festival Film Internasional Busan 2011 dan menuai pujian dari A Window on Asian Cinema. Selain itu, film ini juga memboyong berbagai prestasi, seperti penghargaan Aktor Terbaik di Festival Asia ke-6, Penghargaan Stradara Terbaiik dan Film Terbaik di Festival Film Internasional Tiburon di AS.

  1. 27 Steps of May

Film bertema Ayah selanjutnya yang juga memboyong prestasi adalah “27 Steps of May”. Diperankan kembali oleh Raihaanun, film ini mengisahkan sosok gadis bernama May yang diliputi rasa trauma yang amat mendalam karena pemerkosaan yang dialaminya saat masih duduk di bangku SMP. Sejak saat itu, May yang sehari-hari bekerja untuk membantu sang Ayah (Lukman Sardi) tidak pernah mau berbicara dan berinteraksi kepada siapapun. Kepedihan yang dialami oleh May membuat sang Ayah merasa bersalah yang akhirnya membuat sang Ayah melampiaskan rasa seedihnya dengan mengikuti pertarungan tinju yang diadakan secara liar.

“27 Steps of May” ditayang di berbagai festival film internasional, seperti Bengaluru International Film Festival (Biffes), Mar Sharm El Sheikh Asian Film Festival (SAFF), dan Cambodia International Film Festival (CIFF). Selain itu, film ini juga menyabet beberapa penghargaan, diantaranya Aktris Utama dan Skenario Terbaik pada Festival Film Tempo, serta Pemeran Utama Wanita Terbaik pada Festival Film Indonesia.

  1. Sabtu Bersama Bapak

“Sabtu Bersama Bapak” merupakan film Indonesia bertema drama yang mengisahkan seorang ayah bernama Gunawan (Abimana Aryasatya) yang meninggalkan pesan kepada anak-anaknya sebelum dirinya meninggal dunia. Gunawan ingin semua anak-anaknya tetap merasakan kasih sayangnya, walaupun ia sudah meninggal dunia.

Gunawan membuat rangkaian pesan dalam bentuk rekaman video untuk disaksikan anak-anaknya sehingga mereka tidak merasakan kehilangan kasih sayang seorang Ayah. Selain Abimana, film ini juga diperankan oleh deretan Aktor terbaik Indonesia, diantaranya Acha Septriasa, Arifin Putra, Deva Mahendra, Ira Wibowo, dan Sheila Dara Aisha.

  1. Tampan Tailor

Diperankan oleh Vino G Bastian, “Tampan Tailor” mengisahkan tentang Topan, seorang Ayah yang harus berjuang membesarkan putranya yang bernama Bintang (Jefan Nathanio). Sang Ayah yang mengalami kebangkrutan dan ditinggalkan oleh sang Istri harus bekerja banting tulang untuk menghidupi anaknya. Segala pekerjaan dilakukan oleh Topan, mulai dari calo kereta, kuli bangunan, dan pekerjaan ekstrim lainnya. Perjuangan Topan yang gigih membuat Prita (Marsha Timothy), gadis penjaga kios di samping stasiun keretapun jatuh hati.

Film yang disutradarai oleh Soeharjanto ini diperankan oleh deretan Aktor Indonesia lainnya, seperti Ringgo Agus Rahman, Jefan Nathanio, Epi Kusnandar, dan masih banyak lagi yang lainnya.

  1. Ayah Menyayangi Tanpa Akhir

“Ayah Menyayangi Tanpa Akhir” berkisah tentang kasih sayang seorang Ayah benama Juna (Fedi Nuril) kepada anak satu-satunya yang bernama Mada (Naufal Azhar). Dalam film “Ayah Menyayangi Tanpa Akhir”, banyak kisah dan cobaan hidup yang harus dilalui Juna sebagai seorang Ayah. Ia harus melalui perjalanan asmara yang berat karena terhalang oleh restu orang tua, kematian sang istri, hingga yang paling menyedihkan adalah menerima kenyataan bahwa sang anak mengidap penyakit yang mematikan.

Film yang digarap oleh Hanny Saputra ini menggambarkan perjuangan Ayah yang sekaligus juga harus berperan sebagai Ibu untuk sang anak tercinta.

  1. Sejuta Sayang Untuknya

Di Sutradarai oleh Herwin Novianto, film bertajuk “Sejuta Sayang Untuknya” mengisahkan seorang Ayah bernama Sagala (Deddy Mizwar) yang bekerja sebagai Aktor figuran demi menghidupi Putrinya, Gina (Syifa Hadju). Sagala yang membesarkan putrinya seorang diri, rela berjuang dan bekerja agar Gina tumbuh sebagai anak yang baik dan memiliki pendidikan yang tinggi.

Gina yang merupakan gadis SMApun tumbuh sebagai anak yang cerdas dan memiliki berbagai prestasi di sekolahnya. Gina yang sangat mencintai sang Ayah juga selalu berusaha untuk menghentikan penderitaan sang Ayah yang berjuang seorang diri untuk dirinya. Film ini akan membuat para penontonnya merasakan kehangatan kasih sayang seorang anak dan ayah dengan wujud yang nyata, bukan hanya sekedar kata-kata.

  1. Surat Kecil Untuk Tuhan

“Surat Kecil Untuk Tuhan” sepertinya menjadi film yang sangat populer sejak perilisannya pada tahun 2011 silam. Film yang digarap oleh Harris Nizam ini diangkat dari kisah nyata dan novel dengan judul yang sama. Film ini mengisahkan tentang Gita Sesa Wanda Cantika atau yang biasa disapa Keke (Dinda Hauw) yang didiagnosis mengidap penyakit Rhabdomyosarcoma (Kanker jaringan lunak) pertama di Indonesia. Kisah tentang perjuangan Keke dalam melawan penyakitnya ini juga tidak terlepas dari sosok Ayah (Alex Komang) yang selalu menemani dan mencurahkan segala kasih sayangnya, serta berjuang untuk membuat Keke tetap kuat dalam menjalani hari-harinya.

Kisah yang terinspirasi dari kisah nyata serta di dukung oleh akting yang ciamik dari Dinda Hauw dan Alex Komang ini menarik animo yang besar bagi penikmat film di Indonesia. Selain mendapat banyak pujian, film ini juga berhasil memboyong berbagai prestasi, diantaranya pemenang penghargaan Pendatang Baru Wanita Terfavorit pada Indonesia Movie Awards, Pemenang Penata Musik Terbaik di Festival Film Indonesia, Pemenang Pemeran Utama Pria Terbaik, dan Pemeran Utama Wanita Terbaik di ajang Festival Film Indonesia.

Smart Viewers, itulah tadi beberapa rekomendasi dari BINUS TV dari deretan film Indonesia bertema kasih sayang sosok Ayah. Semoga film-film diatas bisa menginspirasi dan membuat hubungan kamu dan Ayah semakin hangat, ya!

Anis Sahara