Tips Meningkatkan Engagement Instagram Bisnis mu!

 

Hallo Smart Viewers, sepenting apa sih engagement sosial media? Jawabannya penting sekali. Jadi engagement pada sosial media itu bisa sebagai alat ukur seberapa keterlibatan followers kamu loh! Dari banyaknya komen, like, save dan share pada sosial media Instagram kamu, maka akan terakumulasi menjadi ER% atau biasa kita kenal engagement rate. Kamu bisa cek ER% sosial media kamu dibeberapa aplikasi online dan kamu bisa cocokan dengan standart ER% di Indonesia melalui data yang ada di internet. Dari situ kamu bisa melihat seberapa efektif sosial media kamu sekarang. Jika kamu memiliki bisnis dan menggunakan sosial media Instagram, maka kamu wajib memperhatikan ER% karena ini bisa menjadi salah satu strategi bisnis kamu. Untuk kamu yang masih memiliki ER% dibawah rata-rata jangan khawatir, berikut beberapa tips untuk Smart Viewers dalam menaikan engagement Instagram:

1. Memiliki Konten Interaktif

 

 

Selain memiliki ciri khas konten, dan konsisten posting, membuat konten interaktif juga penting. Tujuannya adalah untuk menarik perhatian followers dan mengetahui sebenarnya apa yang diinginkan oleh followers Instagram kamu. Kamu bisa menggunakan Q&A atau konten kuis untuk menarik perhatian followers kamu. Cara ini terbilang sering dilakukan karena ER% selalu berhubungan dengan interaksi followers Instagram pada suatu konten.

2. Pemilihan Hashtag yang Sesuai

 

Masih efektif kah penggunaan hashtag? Masih jika kamu menggunaan hashtag yang tepat dan sesuai dengan kontenmu. Pengaruhnya memang tidak begitu besar, tapi beberapa hashtag bisa membawa followers baru untuk sosial media kamu. Maka dari itu sebaiknya Smart Viewers bisa riset terlebih dahulu hashtag mana yang baik digunakan pada setiap postingan bisnismu. Pastikan hashtag yang kamu gunakan banyak digunakan orang dan memungkinkan orang itu mencari menggunakan keyword hashtag kamu.

3. Perhatikan Waktu Posting

 

 

Mungkin terkesan sepele tapi ini penting kamu lakukan. Pada sosial media Instagram biasanya ada data analitik yang bisa kamu gunakan untuk melihat jam dan hari apa yang paling aktif untuk followers kamu. Hal ini berguna agar postingan kontenmu berpotensi besar dilihat oleh followers. Pastikan kamu membuat dan memposting konten berdasarkan data yang ada di sosial media Instagram bisnis kamu agar lebih efektif.

 

4. Melakukan Placement

 

 

Nah jika kamu ada sedikit budget, kamu bisa sisihkan untuk melakukan placement atau kerjasama dengan akun yang  punya kesamaan target dengan bisnismu. Cara ini cukup berguna untuk menambah followers baru. Jika konten kamu menarik maka followers baru pun tidak sungkan untuk like ataupun komen. Placement juga bukan hanya untuk meningkatkan ER% tapi berguna untuk Call To Action (CTA). Jadi berkemungkinan ada orang yang membeli atau menggunakan jasa/produk bisnis kamu melalui placement.

 

 

Buat kamu yang punya bisnis dan memiliki target market mahasiswa, kamu bisa placement di BINUS TV. BINUS TV sudah melakukan kerjasama melalui sosial media dengan beberapa brand seperti Sahabat Perjalananmu Blibli .com, Moko Moko, Royal Xifu, Narasi, Looney, Emina, Oxygen, Canon, Idn Times, Opini.id, Syncronized Fest, Abang None Jakarta, MNC Pictures dan masih banyak lagi. Jadi gimana Smart Viewers? Semoga ER% sosial media bisnis kamu bisa sesuai dengan yang kamu mau ya.

 

Yohanes Bimo