Piala Thomas Cup 2020 (2021) Persembahan Atlet Badminton Indonesia untuk Rakyat Indonesia

Sumber foto: Instagram (@badminton.ina)

Smart Viewers, kabar gembira kembali datang dari cabang bulu tangkis Indonesia. Indonesia dipastikan resmi memboyong piala Thomas Cup 2020 (2021) setelah penantian panjang selama 19 tahun lamanya. Indonesia rupanya sukses menyapu bersih 3 pertandingan dalam fase grup, satu pertandingan dalam perempat final, satu laga dalam semifinal, dan yang terakhir adalah kemenangan dalam final Thomas Cup.

Diawali dengan kemengan telak dengan skor 5-0 atas Aljazair pada laga perdana grup A yang berlangsung pada tanggal 9 Oktober 2021. Kemudian dilanjutkan dengan mengalahkan lawan terkuat dari pemain asal Thailand dengan skor 3-0. Indonesia berhasil meraih kemenangan telak lewat pemain dua ganda putra, yaitu Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Gideon, dan Fajar Alfian/Muhammad Ardianto, serta lewat permainan tunggal putra Shesar Hiren Rhustavito.

Indonesia juga berhasil membawa kemenangan pada laga terakhir Grup A lewat 3 tunggal putra, yaitu Anthony Sinisuka Ginting, Jonathan Christie, dan Shesar Hiren Rhustavito. Pada laga ini, pemain Indonesia berhasil mengalahkan pemain dari Taiwan dengan skor 3-0. Usai mencatat tiga kemenangan, Indonesia dipastikan berhasil melangkah ke perempat final dengan status juara Grup A.

Pada tanggal 15 Oktober 2021 di perempat final, Indonesia kembali berhasil memenangkan pertandingan atas Malaysia dengan skor 3-0. Tiga partai awal berhasil disapu bersih oleh Anthony Sinisuka Ginting, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Gideon, dan Jonathan Christie.

Kemudian dalam semifinal yang berlangsung pada tanggal 16 Oktober 2021, Indonesia mampu mengalahkan tuan rumah, Denmark dengan skor 3-1. Meski sempat mengalami kekalahan pada partai pertama yang dimainkan oleh Anthony Sinisuka Ginting yang takluk oleh Viktor Axelsen, namun Indonesia kembali bangkit dan menyapu bersih tiga partai selanjutnya dengan kemenangan telak. Indonesia berhasil memenangkan pertandingan lewat ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Gideon,  tunggal putra Jonathan Christie, dan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian.

Dalam final Thomas Cup yang diadakan pada 17 Oktober 2021 di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Indonesia mampu menaklukan pemain pasangan dari China dengan skor 3-0 lewat pemain ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dengan kemenangan dua gim sekaligus yaitu 21-12 dan 21-19. Keberhasilan kontingen Indonesia dari tunggal putra Jonathan Christie yang berhasil mengalahkan Li Shi Feng dengan skor 21-14 juga memastikan kemenangan Indonesia dengan skor 3-0.

Peraihan kemenangan atas perjuangan atlet-atlet Badminton Indonesia ini membuat daftar perjalanan manis bagi Indonesia. Semoga kemenangan Indonesia dalam ajang Thomas Cup 2020 (2021) dapat menambah semangat baru bagi Badminton dan seluruh cabang olahraga Indonesia lainnya.

https://www.instagram.com/p/CVKgY3jA7qk/?utm_medium=copy_link

 

 

 

ANIS SAHARA