Yuk Ketahui Efektifitas Mencuci Tangan Menggunakan Sabun Vs Hand Sanitizer!

Sumber foto: Pinterest

 

Merayakan Hari Mencuci Tangan Sedunia yang jatuh pada tanggal 15 Oktober 2021, sepertinya dapat menjadi pengingat bagi kita untuk selalu peduli terhadap kebersihan tangan. Membersihkan atau mencuci tangan di saat-saat seperti ini, terutama di masa pandemi menjadi hal rutin yang harus dilakukan oleh setiap orang.

Selama masa-masa pandemi, cara termudah yang dapat dilakukan untuk menghindari virus adalah mencuci tangan. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), mencuci tangan menggunakan air yang mengalir dan sabun dapat membunuh virus yang ada di tangan. Selain mencuci tangan menggunakan air dan sabun, WHO juga menyarankan agar kita membersihkan tangan menggunakan hand sanitizer saat melakukan kegiatan sehari-hari.

Namun, sebenarnya mana kah yang lebih efektif mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer? Kali ini, BINUS TV akan merangkum untuk kamu seputar kelebihan dan kelemahan dari mencuci tangan menggunakan sabun dan menggunakan handsanitizer. Berikut informasi selengkapnya!

Mencuci Tangan dengan Hand Sanitizer

Produk hand sanitizer memang sangat populer di masa-masa pandemi. Hand sanitizer merupakan alternatif yang termudah untuk mencuci tangan saat seseorang sedang berada di luar rumah atau berpergian, jauh dari tempat cuci tangan, dan saat kesulitan mencari air bersih. Kemasannya yang praktis, membuat hand sanitizer praktis untuk dibawa-bawa kemanapun.

Pembersih tangan kemasan berbasis alkohol ini memiliki kadar konsentrasi 45 – 95% atau lebih untuk membunuh kuman. Semakin tinggi kandungan alkohol yang terdapat pada hand sanitizer, maka  kegunaan hand sanitizer akan lebih efektif dalam membunuh kuman, bakteri, dan mikroorganisme yang menempel di tangan. Namun, sifat alkohol yang mudah menguap, membuat konsentrasi alkohol mudah berubah jika di tempatkan pada suhu luar ruangan atau tempat dengan suhu yang tinggi.

Dr. Richard Ellison yang merupakan ahli kesehatan dari Universitas Kedokteran Massachusett menjelaskan bahwa kandungan alkohol yang terdapat di dalam hand sanitizer tersebut, dengan catatan bahwa alkohol tersebut harus langsung menyentuh bakteri atau mikroorganisme. Jika tangan seseorang terdapat banyak kotoran, maka hand sanitizer mungkin tidak dapat mencapai mikroorganisme yang ada di bawah kotoran.

Beberapa orang mengalami iritasi kulit atau membuat kulit menjadi kering pada saat menggunakan hand sanitizer. Maka dalam penggunaannya, kita harus mencuci tangan setelah menggunakan hand sanitizer selama 5 kali untuk mencegah resistensi antiseptik.

Mencuci Tangan dengan sabun dan Air

Menurut Center Disease of Control and Prevention (CDC), mencuci dan membersihkan tangan menggunakan sabun dan air dinilai merupakan cara yang paling baik. Hal ini dikarenakan sabun dan air memiliki kemampuan dalam membunuh semua jenis kuman yang bersemayam di tangan yang tidak bisa dibunuh oleh hand sanitizer.

Selain itu, sabun aman untuk dipergunakan berkali-kali sehingga ramah untuk digunakan untuk semua orang. Terlebih, kandungan antiseptik yang terdapat di dalam sabun tidak akan berubah di segala kondisi, baik tempat maupun suhu yang berubah.

Penggunaan sabun dengan air yang mengalir juga membuat residu kuman yang mati mampu hilang karena terbawa air yang mengalir. Namun keadaan ini membuat mencuci tangan menggunakan sabun dan air dinilai tidak praktis karena harus terdapat tempat khusus mencuci tangan.

Manakah yang lebih efektif?

Jika terdapat pertanyaan manakah yang paling efektif membersihkan kuman menggunakan hand sanitizer atau menggunakan sabun dan air? Sebenarnya jawabannya adalah tergantung kondisi yang ada.

Mencuci tangan dengan Hand sanitizer ataupun menggunakan sabun dan air memiliki peran yang sama, yaitu membunuh virus dan bakteri. Namun, hand sanitizer hanya direkomendasikan sebagai alternatif sabun dan air saat kondisi tangan ketika kita tidak cukup bersih dan jauh dari sumber air atau memang kita diminta untuk selalu dalam keadaan steril.

Sementara, mencuci tangan menggunakan sabun secara menyeluruh merupakan solusi yang paling ideal. Hal ini dikarenakan sabun dirancang untuk menghilangkan kontaminasi mikroorganisme yang menempel ditangan secara efektif.

Smart Viewers, mencuci tangan menggunakan hand sanitizer ataupun menggunakan sabun dan air keduanya memiliki efektifitas masing-masing sesuai situasi dan kondisi yang ada. Namun apapun kondisinya, kita harus tetap ingat untuk selalu mencuci tangan ya, Smart Viewers!