Ternyata Melamun Memiliki Dampak Positif dan Negatif. Yuk, Simak Info Selengkapnya!

Sumber foto: Pinterest

 

Smart Viewers, berapa kali dalam sehari kamu melamun? Sepertinya semua orang pasti pernah sengaja atau tidak sengaja melamun.  Melamun biasanya terjadi saat pikiran seseorang secara tiba-tiba terputus dengan lingkungan di sekitar dan dengan apa yang sedang dikerjakan. Meski melamun terasa menjadi kegiatan yang sepele, namun ternyata melamun memiliki keuntungan dan juga kekurangannya tersendiri loh, Smart Viewers. Mau tahu apa saja? Yuk, simak informasi yang BINUS TV rangkum mengenai keuntungan dan kekurangan dari melamun!

Keuntungan Melamun

  1. Cenderung Lebih Kreatif

Para tim yang terdiri dari perkumpulan Psikolog menemukan bahwa terdapat korelasi yang positif antara kecenderungan seseorang yang melamun dengan tingkat kecerdasan dan kreativitas. Eric Schumacher dari Georgia Institute of Technology menjelaskan bahwa sebagian orang menganggap bahwa melamun adalah kebiasaan yang buruk dikarenakan seseorang tersebut tidak memfokuskan perhatiannya. Namun, data dari penelitian menunjukkan bahwa anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar, karena seseoorang yang melamun juga memiliki fungsi otak yang lebih efisien sehingga membuat mereka cenderung berfikir lebih kreatif.

  1. Lebih Bahagia

Jika kamu memikirkan seseorang tersayang saat kamu melamun, maka hal-hal positif juga akan mempengaruhi emosimu. Berfantasi dengan orang-orang terdekat atau orang yang kamu sayang, akan membuat kamu lebih bahagia. Hal ini akan meningkatkan emosimu sehingga akan memperkuat hubunganmu dengan orang-orang tersayang.

  1. Membantu Penyelesaian Masalah

Saat kamu melamun, aktivitas otak akan meningkat. Hal ini juga termasuk pada area otak yang berhubungan dengan pemecahan masalah yang sulit. Selama melamun, otak secara tidak sadar bisa beralih untuk menyelesaikan tugas yang lebih penting ketika kamu sedang sibuk dengan urusan yang kurang penting.

  1. Perencanaan Masa Depan yang Lebih Baik

Penelitian terbaru menjelaskan bahwa terdapat korelasi antara melamun dengan mengubah mode aktivitas seseorang. Hal ini juga mempengaruhi seseorang yang melamun lebih memiliki rencana masa depan yang lebih baik, dibanding masa lalu dan masa kini. Ini juga dapat membantu seseorang dalam menetapkan tujuan serta mencari cara untuk mencapai tujuan tersebut.

Kekurangan Melamun

  1. Mudah Bosan

Seseorang yang sering melamun atau berfantasi cenderung merasa bosan akan pekerjaannya. Ini bisa terjadi dikarenakan seseorang berusaha mendiversifikasikan atau memikirkan peluang-peluang lain dengan mimpi yang lebih cerah. Hal ini juga menyababkan kamu menghabiskan waktu secara tidak produktif dan waktu-waktu dalam melaksanakan tugas-tugas terasa membosankan serta berjalan lebih cepat.

  1. Kecanduan

Jika kamu terlalu sering tenggelam dalam fantasi-fantasi indah, maka dapat membuat terjadinya lamunan maladaptif. Hal ini dapat mengganggu fungsi normal atau bahkan dapat menggantikan komunikasi kamu dengan orang sungguhan. Terlalu banyak berfantasi dapat menghabiskan hingga 60 persen dari waktu terjaga kamu dalam melakukan kegiatan yang dapat menyebabkan kecanduan dalam berperilaku.

  1. Amnesia

Terlalu banyak melamun lebih memiliki potensi “amnesia melamun” jika mimpimu jauh dari saat ini. Saat kamu memikirkan tentang hari kemarin, kamu lebih bisa mengingat hal-hal yang kamu lakukan sebelum pikiran kamu berfantasi. Namun jika kamu berfantasi tentang yang terjadi bertahun-tahun lalu, maka akan lebih sulit untuk kamu dalam mengingat masa-masa kini.

  1. Memiliki masalah dalam Membaca

Terkadang, seseorang melamun pada saat membaca. Hal ini terjadi ketika saat mata seseorang tertuju pada kalimat-kalimat dalam bacaan, namun pikiran kamu sedang melayang-layang sehingga kamu harus berulang kali membaca kalimat tersebut. Kamu juga akan kesulitan mengingat tentang apa yang telah kamu baca sebelumnya. Para ilmuwan juga menjelaskan bahwa kebanyakan melamun juga dapat mempersulit seseorang dalam memahami suatu informasi.

Smart Viewers, berdasarkan informasi yang BINUS TV rangkum diatas, melamun memang memlik banyak manfaat. Namun, kamu juga tidak boleh terlalu sering melakukannya, karena melamun juga dapat memberikan dampak buruk. Jadi, jangan terlalu sering melamun, ya Smart Viewers!

ANIS SAHARA