Kantor Pos Unik! Berkirim Surat Lewat Jalur Laut Hingga Luar Angkasa!

Hai Smart Viewers, siapa yang sampai saat ini masih senang untuk melakukan kegiatan surat-menyurat melalui kantor pos? Meski kegiatan surat menyurat mungkin telah tergantikan dengan berbagai macam perkembangan teknologi seperti aplikasi bertukar pesan, seperti whatsapp, LINE, Telegram, dan sebagainya atau punĀ  surat elektronik (e-mail), namun tetap saja masih ada beberapa orang yang masih melakukan kegiatan surat menyurat secara tradisional melalui kantor pos.

Meskipun kegiatan surat menyurat secara tradisional mulai menurun, namun tidak membuat kantor pos untuk menghentikan fungsi operasionalnya. Kantor pos sendiri masih memiliki fungsinya tersendiri karena masih banyak fungsi lain yang dimiliki oleh kantor pos, diantaranya digunakan sebagai layanan pengiriman barang atau uang dengan wesel. Bahkan ada loh kantor pos yang memiliki bangunan unik hingga didirikan di lokasi yang tidak biasa.

Merayakan Hari Surat Menyurat Sedunia yang jatuh pada tanggal 9 Oktober 2021, BINUS TV akan merangkum kantor pos yang memiliki lokasi dan bangunan terunik di dunia. Simak informasinya di bawah ini ya, Smart Viewers!

  1. Kantor Pos Bay (Pulau Floreana, Ekuador)
Sumber foto: happygringo.com

Bangunan kantor pos unik yang pertama terletak di Pulau Floreana, Ekuador yang telah berdiri sejak abad ke-18. Kantor Pos Bay dibuat oleh para penangkap ikan paus yang sedang singgah atau beristirahat di pulau ini. Kantor pos ini digunakan oleh para penangkap ikan paus untuk berkirim surat kepada keluarga yang nantinya akan diambil oleh pelaut lain yang sedang singgah dan diantar ke tempat yang dituju.

Kantor pos ini hanya berupa tumpukan kayu yang terlihat seperti sangkar burung. Di sekitar bangunan kantor pos ini juga terdapat tumpukan papan-papan kayu tua dengan tulisan nama dan tanggal surat untuk mengenang para pengirim surat-surat sebelumnya. Sampai saat ini, Kantor Pos Bay masih berdiri dan banyak dikunjungi para wisatawan untuk mengirim surat.

2. Kantor Pos Cina (Gunung Everest, Nepal)

Sumber foto: elearn.id

Kantor Pos Cina ini juga disebut Qomolangma yang merupakan kantor pos dengan letak tertinggi di dunia. Lokasi kantor pos ini berada di sekitar base camp pendakian Gunung Everest, tepatnya di Qomolangma, di daerah Otonomi Tibet, Nepal.

Kantor pos ini telah berdiri sejak tahun 2008 yang juga menjadi tempat persinggahan para pelancong untuk beristirahat. Kantor Pos Cina hanya di buka selama 7 bulan dalam setiap tahunnya, yaitu dari bulan April sampai dengan Oktober. Meski letaknya sulit di jangkau, namun kantor pos ini dalam sehari melayani 30 pelanggan.

3. Kotak Pos Bawah Laut (Susami, Jepang)

Sumber foto: Pinterest

Kotak Pos Bawah Laut Susami yang terletak di negara Jepang ini disebut sebagai kotak pos bawah air terdalam di Guinness Book of World Records. Kotak Pos Susami berada di kedalaman 33 kaki di bawah permukaan laut ini telah berdiri sejak tahun 1999. Kotak Pos Susami dibangun sebagai bagian dari acara festival olahraga kelautan.

Tak hanya dibangun sebagai bagian dari acara festival kelautan, kotak pos ini juga dapat digunakan untuk mengirim surat. Di Kotak Pos Susami, setiap sehari sekali terdapat seorang petugas pos setempat yang akan menyelam untuk mengambil surat-surat yang diletakkan oleh para penyelam sebagai bagian dari layanan surat harian.

4. Kantor Pos Terapung (Kashmir, India)

Sumber foto: sonora.id

Jika sebelumnya kotak pos berada di bawah laut, kali ini ada Kantor Pos Terapung yang letaknya mengapung di perairan Danau Dal Srinagar, Kashmir, India. Kantor Pos Terapung yang telah diresmikan pada bulan Agustus tahun 2011 lalu ini menjadi perhatian bagi para wisatawan. Selain menjalankan fungsinya sebagai kantor pos, Kantor Pos Terapung ini juga merupakan museum filateli. Di sini, terdapat para pekerja pos yang siap melayani pelayanan surat-menyurat dan terdapat berbagai macam perangko.

5. Kantor Pos Ochopee (Collier, Florida)

Sumber foto: postmark.org

Kantor Pos Ochopee terletak Collier, Florida yang merupakan kantor pos terkecil di Amerika Serikat. Ukuran bangunan kantor pos ini hanya seluas 7 x 8 kaki. Berada di lokasi yang hanya ditinggali oleh 15 orang penduduk, kantor pos ini hanya memiliki 1 orang petugas pos. Petugas pos Kantor Pos Ochopee bertugas untuk mengelola surat masuk sekaligus mengantarkannya ke alamat tujuan.

6. Kantor Pos Luar Angkasa (Beijing, China)

Sumber foto: beritasatu.com

Kantor pos terakhir yang tidak kalah unik adalah Kantor Pos Luar Angkasa yang didirikan oleh China. China resmi membuka kantor pos virtual yang terletak di 343 di atas permukaan bumi sejak 3 November 2011 lalu.

Pembukaan Kantor Pos Luar Angkasa ini dilakukan dalam rangka merayakan peluncuran wahana antariksa tanpa awak Shenzo-8 dengan menggunakan Tiangong-1. Kantor pos ini memungkinkan kita untuk berkirim surat kepada para astronot yang sedang berada di stasiun luar angkasa Tiangong-1.

Ternyata selain memiliki fungsi untuk berkirim surat, kantor pos juga bisa dijadikan tempat menarik dan unik yang wajib dikunjungi jika kita berwisata ke negara-negara tersebut ya, Smart Viewers. Semoga informasi ini bermanfaat dan juga dapat membuat kamu terus menjaga budaya surat-menyurat, ya! Selamat Hari Surat Menyurat!

ANIS SAHARA