Memperingati HUT TNI Ke-76, Yuk Simak Sejarah Peringatan 5 Oktober sebagai HUT TNI!

Sumber foto: Instagram (@
tni_angkatan_darat)

 

Smart Viewers, tepat pada tanggal 5 Oktober 2021 Indonesia merayakan hari ulang tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang ke-76. Dalam sejarahnya, tanggal 5 Oktober 1945 memiliki perjalanan panjang di masa kemerdekaan. Namun, apakah kamu tahu kenapa 5 Okober ditetapkan sebagai HUT TNI?

Dalam rangka memperingati HUT TNI yang ke-76, kali ini BINUS TV akan merangkum sejarah tanggal 5 Oktober yang ditetapkan sebagai  HUT TNI. Simak informasinya di bawah ini, ya!

Sebelumnya bernama Badan Keamanan Rakyat (BKR)

Berdasarkan penjelasan dalan situs resmi milik TNI yaitu tni.mil.id, TNI merupakan perkembangan organisasi yang lahir bersama rakyat di masa perjuangan melawan para penjajah. Pada awalnya, TNI terbentuk dengan nama Badan Keamanan Rakyat (BKR) sebagai bagian dari Badan Penolong Keluarga Korban Perang (BPKKP) pada tanggal 22 agustus 1945.

BKR beranggotakan para pemuda yang sebelumnya terbentuk dalam pasukan PETA, Heiho, Kaigun Heiho, dan sebagainya. Para anggota BKR dipersiapkan untuk menjadi prajurit negara di masa yang akan datang dan untuk selanjutnya membentuk angkatan perang.

Berubah nama menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR) yang digagas oleh Urip Sumoharjo

Pada tanggal 5  Oktober 1945, BKR berubah nama menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR) yang dibentuk sesuai dengan dasar Maklumat Pemerintah dikutip dari Ensiklopedia Umum (1991) yang berbunyi “Untuk memperkuat perasaan umum, maka diadakan Tentara Keamanan Rakyat.” Hal ini sebagai respon atas kedatangan tentara Inggris ke Indonesia setelah Jepang menyerah terhadap Sekutu tanpa syarat.

Dikutip dari buku yang berjudul “100 Tokoh yang Mengubah Indonesia (2009)”, TKR berangkat dari kegelisahan Urip Sumoharjo. Namun, kegelisahan Urip terjawab ketika Beliau dan para mantan perwira PETA menggagas berdirinya organisasi “Pelindung Bangsa” yang dinamai Tentara Keamanan Rakyat atau TKR di Yogyakarta ini. Hal tersebut membuat Urip Sumoharjo dikenal sebagai peletak dasar kemiliteran Indonesia. Kemudian pada tanggal 14 Oktober 1945, Urip Sumoharjo ditunjuk oleh Presiden Soekarno untuk menjabat sebagai Kepala Staf Umum yang merangkap sebagai Panglima sementara sebulan sebelum diadakannya pemilihan Panglima TKR.

Berubah nama menjadi Tentara Republik Indonesia (TRI) hingga Tentara Nasional Indonesia (TNI)

Sejak terbentuknya TKR, pasukan militer nasional mengalami sejumlah pergantian nama. Diantaranya adalah, TKR yang diubah namanya menjadi Tentara Keselamatan Rakyat. Kemudian dalam rangka berbenah demi memperbaiki susunan untuk kesesuaian dengan dasar militer internasional, TKR berganti nama lagi menjadi Tentara Republik Indonesia (TRI).

Hingga pada tanggal 3 Juni 1947, Presiden Soekarno kemudian mengganti nama TRI menjadi Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan Jenderal Soedirman sebagai Panglima Besar pertama TNI. TNI merupakan gabungan dari TRI dan tentara elemen-elemen rakyat lainnya.

Nama TNI hingga kini dan ditetapkannya HUT TNI tanggal 5 Oktober 1945

Sejak tanggal 3 Juni 1947, nama TNI masih bertahan hingga saat ini. Indonesia yang pada saat itu belum memiliki pasukan tentara resmi dalam menghadapi kekuatan asing, membuat Pemerintah memiliki kebijakan untuk mengedepankan strategi diplomasi.

Meski nama TNI diresmikan pada tanggal 3 Juni 1947, namun tanggal 5 Oktober 1945 tetap ditetapkan sebagai HUT TNI. Karena pada tanggal tersebut, lahir TKR yang merupakan pasukan atau aparat resmi yang pertama kali dimiliki oleh Indonesia setelah kemerdekaan pada 17 Agustus 1945. Karena BKR yang sudah ada sebelum TKR pada saat itu bukanlah suatu angkatan perang, melainkan hanya memiliki fungsi sebagai pertahanan sipil.

Itulah yang akhirnya membuat tanggal 5 Oktober ditetapkan sebagai HUT TNI yang kita peringati hingga saat ini. Semoga rangkuman sejarah HUT TNI ini menambah wawasan kamu dan menambah kecintaan kamu terhadap Indonesia ya, Smart Viewers. Selamat HUT TNI yang ke-76!

Sumber:

https://tirto.id/sejarah-22-februari-1893-lahirnya-jenderal-oerip-soemohardjo-dhyz

https://www.kompas.com/tren/read/2020/10/05/142000565/hut-ke-75-tni-ini-sejarah-lahirnya-pada-5-oktober-1945?page=all

https://news.detik.com/berita/d-3670914/sejarah-5-oktober-jadi-hut-tni

https://id.wikipedia.org/wiki/Oerip_Soemohardjo

https://www.merdeka.com/jabar/peristiwa-5-oktober-lahirnya-tentara-nasional-indonesia-begini-sejarahnya-kln.html?page=4

ANIS SAHARA