Apa itu Program Petani Milenial yang Diluncurkan Staf Khusus (Stafsus) Presiden Billy Mambrasar?

 

Stafsus Presiden Billy Mambrasar meluncurakn Program Petani Milenial di Kabupaten Tambrauw, Papua Barat, Minggu (19/09/2021). Sumber: https://setkab.go.id/kelima-di-tanah-papua-billy-mambrasar-luncurkan-program-petani-milenial-di-tambrauw. Minggu, 19/09/2021.
Stafsus Presiden Billy Mambrasar meluncurakn Program Petani Milenial di Kabupaten Tambrauw, Papua Barat, Minggu (19/09/2021).
Sumber: Foto: Tim Stafsus Billy Mambrasar

Program Petani Milenial adalah sebuah program yang ingin  mendorong regenerasi tenaga kerja di sektor pertanian, yang memiliki inovasi, gagasan, dan kreativitas.

Melalui pemanfaatan teknologi digital, petani milenial akan menggerakkan kewirausahaan bidang agrikultur yang menjadikan wajah pertanian menjadi lebih segar dan atraktif untuk bisa berkelanjutan di Jawa Barat.

Program Petani Milenial untuk Wilayah Papua, seperti dikutip dari laman setkab.go.id, telah diluncurkan oleh Khusus (Stafsus) Presiden Billy Mambrasar untuk yang kelima di Distrik Kebar, Kabupaten Tambrauw, Provinsi Papua Barat, Minggu (19/09/2021).

Peluncuran serupa sebelumnya dilakukan di Kabupaten Manokwari, Kabupaten Merauke, Kabupaten Teluk Bintuni, dan Kabupaten Fakfak.

“Program Petani Milenial di Papua dan Papua Barat disambut dengan antusias yang tinggi dari anak-anak Papua dengan lebih dari 5.000 orang bergabung menjadi bagian dari Petani Milenial, jumlah ini akan terus bertambah setiap harinya,” ucap Billy.

Billy menambahkan, peluncuran program Petani Milenial  ini merupakan kegiatan kolaborasi antara Kementerian Pertanian (Kementan), Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tambrauw, dan Gerakan Papua Muda Inspiratif untuk mendukung ketahanan pangan nasional.

Daftar pemuda yang tergabung dalam Program Petani Milenial ini akan diserahkan dan dikelola langsung oleh kepala dinas kabupaten terkait.

“Agar data tersebut bisa terintegrasi ke dalam Petani Milenial secara keseluruhan dan dapat dikelola atau dimaksimalkan oleh Kementerian Pertanian,” imbuhnya.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menurut Billy, direncanakan akan meninjau Program Petani Milenial dalam kunjungan kerjanya saat menghadiri PON XX Papua yang akan dihelat pada Oktober 2021 mendatang.

“Ini membuktikan keseriusan dan antusiasme dari Presiden Joko Widodo untuk mengembangkan sektor pertanian di Papua,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi yang hadir secara daring menyampaikan bahwa Papua adalah wilayah yang tepat untuk Program Petani Milenial karena diberkati tanah yang subur dan ekosistem yang mendukung.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tambrauw, Thomas Kofiaga menyambut baik dan mengapresiasi kehadiran Program Petani Milenial di Distrik Kebar ini.

Distrik ini merupakan segitiga emas dalam memasok produk ke dua kota besar di Papua Barat, yaitu Sorong dan Manokwari.**

 

Mus