People Innovation Excellence

Kendaraan Penjelajah NASA Perseverance Rover  Berhasil Mengebor Batu di Mars

Perseverance Rover
Perseverance Rover, Kendaraan Penjelajah Mars. Sumber Foto: NASA

Binus.tv-Kendaraan penjelajah NASA, Perseverance Rover berhasil mengebor batu di planet Mars, dalam upaya pengumpulan material bebatuan untuk mencari tanda-tanda kehidupan di Mars.

Sky News melaporkan, Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA, yang mengawasi misi ke Mars menyatakan Perseverance  menyimpan batu tersebut di dalam tabung pengumpulnya.

Laporan itu melanjutkan, pengeboran batu dilakukan untuk sampel batuan di Mars sebagai bagian dari pencarian tanda-tanda kehidupan di planet purba tersebut.

NASA mengumumkan gambar yang dikirimkan oleh Perseverance menunjukkan sampel terkumpul dengan baik di dalam tabung.

“Proyek mendapatkan inti batu Mars yang pertama ini adalah pencapaian yang fenomenal,” kata Jennifer Trosper, manajer proyek di Jet Propulsion Laboratory NASA di California Selatan.

Batu di Planet Mars yang sudah di Bor. Sumber Foto; NASA

“Tim menentukan lokasi, dan memilih serta membuat inti batu yang layak dan bernilai ilmiah. Kami melakukan apa yang harus kami lakukan. Kami akan mengatasi masalah kecil ini dengan kondisi pencahayaan di gambar dan tetap didorong bahwa ada sampel di tabung ini,” tambah Jennifer.

Rover dilengkapi dengan lengan robot sepanjang dua meter yang memiliki mata bor berlubang dan bor perkusi di ujungnya untuk mengekstrak sampel dari bawah permukaan Mars.

Selama misi, sekitar setengah kilogram sampel batuan dan tanah dimaksudkan untuk disimpan dalam tabung titanium besar yang akan ditinggalkan penjelajah di planet ini untuk dikumpulkan oleh misi masa depan yang belum dikonfirmasi.

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Social Media

    Tweets By @BinusTV

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close