Kendaraan Penjelajah NASA Perseverance Rover  Berhasil Mengebor Batu di Mars

Perseverance Rover
Perseverance Rover, Kendaraan Penjelajah Mars. Sumber Foto: NASA

Binus.tv-Kendaraan penjelajah NASA, Perseverance Rover berhasil mengebor batu di planet Mars, dalam upaya pengumpulan material bebatuan untuk mencari tanda-tanda kehidupan di Mars.

Sky News melaporkan, Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA, yang mengawasi misi ke Mars menyatakan Perseverance  menyimpan batu tersebut di dalam tabung pengumpulnya.

Laporan itu melanjutkan, pengeboran batu dilakukan untuk sampel batuan di Mars sebagai bagian dari pencarian tanda-tanda kehidupan di planet purba tersebut.

NASA mengumumkan gambar yang dikirimkan oleh Perseverance menunjukkan sampel terkumpul dengan baik di dalam tabung.

“Proyek mendapatkan inti batu Mars yang pertama ini adalah pencapaian yang fenomenal,” kata Jennifer Trosper, manajer proyek di Jet Propulsion Laboratory NASA di California Selatan.

Batu di Planet Mars yang sudah di Bor. Sumber Foto; NASA

“Tim menentukan lokasi, dan memilih serta membuat inti batu yang layak dan bernilai ilmiah. Kami melakukan apa yang harus kami lakukan. Kami akan mengatasi masalah kecil ini dengan kondisi pencahayaan di gambar dan tetap didorong bahwa ada sampel di tabung ini,” tambah Jennifer.

Rover dilengkapi dengan lengan robot sepanjang dua meter yang memiliki mata bor berlubang dan bor perkusi di ujungnya untuk mengekstrak sampel dari bawah permukaan Mars.

Selama misi, sekitar setengah kilogram sampel batuan dan tanah dimaksudkan untuk disimpan dalam tabung titanium besar yang akan ditinggalkan penjelajah di planet ini untuk dikumpulkan oleh misi masa depan yang belum dikonfirmasi.

 

Mus