Fakta-fakta Menarik Seputar Kemerdekaan Indonesia

Sumber foto: Pinterest

17 Agustus merupakan hari yang sangat bersejarah bagi Bangsa Indonesia. Seluruh rakyat Indonesia merayakan momentum bersejarah Kemerdekaan Indonesia di setiap tahunnya. Pada hari diumumkannya kemerdekaan Indonesia, tepatnya pada 17 Agustus 1945 pada pukul 10.00 WIB di Jalan Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta Pusat ternyata banyak fakta-fakta menarik yang terjadi. Kira-kira faktanya apa saja ya, smart Viewers?

Berikut BINUS TV akan merangkum untuk kamu, fakta-fakta menarik seputar momentum Kemerdekaan pada 17 Agustus 1945.

  1. Fakta Bendera Merah Putih
Sumber foto: Pinterest

Bendera Merah Putiih merupakan lambang Negara Indonesia yang harus di hormati, karena merupakan identitas bangsa dan memiliki filosofi yang sangat dalam bagi Bangsa Indonesia. Seperti kita ketahui, Bendera Merah Putih yang berukuran 274 x 196 cm dijahit oleh Ibu Fatmawati yang merupakan istri dari Ir. Soekarno. Selain itu dibalik sejarahnya yang panjang, Bendera Merah Putih menyimpan fakta-fakta menarik lainnya selama proses pembuatannya:

  • Pemilihan warna Merah dan Putih untuk Sang Saka terinspirasi oleh warna Panji Kerajaan Majapahit. Pada Panji Kerajaan Majapahit tersebut memiliki sembilan garis berwarna merah dan putih yang tersusun secara horizontal.
  • Bendera Merah Putih terbuat dari bahan katun Jepang yang di peroleh dari seorang perwira Jepang bernama Hitoshi Shimmizu. Pada saat itu, bahan ini merupakan bahan khusus yang digunakan untuk bendera-bendera negara di dunia karena terkenal dengan keawetannya.
  • Bendera Merah Putih untuk pertama kalinya dikibarkan dengan menggunakan tiang bambu yang ditancapkan di tanah halaman belakang rumah Presiden Ir. Soekarno. Tiang bendera bambu ini disiapkan hanya dalam waktu beberapa saat sebelum Upacara Kemerdekaan dimulai.
  1. Fakta Naskah Proklamasi
Sumber foto: Pinterest

Perumusan Naskah Proklamasi melalui proses yang cukup panjang. Bahkan pada saat itu, Presiden Ir. Soekarno kesulitan dalam merangkai kalimat-kalimat didalam teks Proklamasi. Perumusan Naskah Proklamasi sendiri dihadiri oleh Ir. Soekarno, Drs. Mohammad Hatta, Ahmad Subardjo, Sayuti Melik, Laksamana Maeda, dan Soekarni. Adapun fakta menarik tentang Naskah Proklamasi, diantaranya:

  • Terdapat dua jenis Naskah Proklamasi yaitu Naskah Proklamasi Klad yang merupakan hasil tulisan tangan Ir. Soekarno yang dibantu Drs. Mohammad Hatta dan Achmad Soebardjo yang tidak dibubuhi tanda tangan Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta. Selanjutnya adalah Naskah Proklamasi Otentik yang merupkan Naskah Proklamasi hasil ketikan Sayuti Melik yang telah ditandatangani.
  • Naskah Proklamasi dirumuskan di kediaman Tadashi Maeda yang merupakan perwira Angkatan laut Kekaisaran Jepang yang pada saat itu menjamin keamanan para tokoh-tokoh Indonesia untuk menyiapkan Naskah Proklamasi. Kediaman Tadashi Maeda saat ini menjadi Museum Perumusan Naskah Proklamasi yang bertempat di Jl. Imam Bonjol No. 1, Jakarta Pusat.
  • Penulisan tahun dalam penanggalan Naskah Proklamasi mengikuti penanggalan Jepang sebagai otoritas tertinggi pada saat itu. Itulah sebabnya penulisan angka tahun pada Naskah Proklamasi ditulis dengan ’05 yang diambil dari tahun Jepang yaitu tahun 2605, bukan tahun 1945 walaupun diproklamasikan pada tahun 1945.

 

  1. Fakta Peristiwa Upacara Proklamasi
Sumber foto: Pinterest

Peristiwa Upacara Proklamasi memang menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh Rakyat Indonesia pada saat itu. Sebab, dengan memproklamasikan kemerdekaan, maka Indonesia telah resmi menyatakan kemerdekaanya. Namun, ada beberapa fakta-fakta yang terjadi sepanjang peristiwa Upacara Proklamasi, diantaranya:

  • Pada tanggal 17 Agustus 1945, Ir. Soekarno sedang sakit saat membacakan Teks Proklamasi. Beliau sedang mengidap sakit Malaria dan memiliki suhu tubuh yang tinggi akibat kelelahan karena semalaman menyusun Naskah Proklamasi. Bahkan 2 jam sebelum pembacaan Teks Proklamasi, Ir. Soekarno masih tertidur pulas di kediamannya. Namun Beliau terbangun pukul 09.00 WIB, kemudian dengan mengenakan pakaian terbaiknya Ia bergegas menemui Mohammad Hatta. Dan pada akhirnya memproklamasikan kemerdekaan dengan lantang pada pukul 10.00 WIB.
  • Proklamasi Kemerdekaan bertepatan pada bulan Ramadhan, yaitu pada hari Jum’at, 9 Ramadhan 1364 Hijriah. Penentuan tanggal Kemerdekaan ini bukan tanpa alasan, karena sebelumnya Ir. Soekarno telah meminta pendapat kepada para ulama, diantaranya K.H Hasyim Asy’ari dari Nahdatul Ulama dan K. H Abdoel Moekti dari Muhammadiyah.
  • Foto detik-detik Proklamasi yang diabadikan oleh France Mendoer yang merupakan fotografer Ipphos hendak dirampas oleh tentara Jepang. Namun, France berbohong kepada tantara Jepang dan mengaku sudah menyerahkan filmnya ke barisan pelopor. Sebenarnya, France telah menyembunyikan negatif film foto tersebut di bawah pohon halaman kantor Asia Raja.

Wah Smart Viewers, ternyata banyak sekali fakta-fakta dari peristiwa bersejarah di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945 lalu, ya! Sebenarnya, fakta-fakta tersebut tidak sampai disitu saja, banyak momen bersejarah lainnya yang terjadi sebelum peristiwa Proklamasi Kemerdekaan, berikut perjuangan dan tumpah darah semua Pahlawan Tanah Air.

Karena itu, sebagai Warga Indonesia, kita patut bangga dan selalu menghormati sejarah. Karena sejarah adalah guru yang paling berharga. Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-76!

Sumber:

https://tirto.id/fakta-fakta-menarik-sejarah-hari-kemerdekaan-ri-17-agustus-1945-giwk

https://id.wikipedia.org/wiki/Sang_Saka_Merah_Putih

https://news.detik.com/berita/d-4925603/5-fakta-teks-proklamasi-kemerdekaan-indonesia

https://www.popmama.com/big-kid/6-9-years-old/jusita-dewayani/fakta-sejarah-proklamasi-17-agustus/5

https://www.beritabaik.id/read?editorialSlug=indonesia-baik&slug=1533627466847-5-fakta-unik-bendera-merah-putih-indonesia

https://id.berita.yahoo.com/4-fakta-bendera-merah-putih-102338383.html?guccounter=1&guce_referrer=aHR0cHM6Ly93d3cuZ29vZ2xlLmNvbS8&guce_referrer_sig=AQAAAMTGMJyy3BC1VumxVoXVjxiHjXfH-VoBA0L7oONRqSExq3vPi-8UGExkp4q-_i1SO1C3bxhQDmB-wqHzL3eU1soRpzM1KkVkMB0wimGSh6ceziPh7XNe57lINd0wmh3wjRz1pBU-scDaTJEb4k3jftXw8PwWVcnuT9IAIhy8bJMx

https://daihatsu.co.id/tips-and-event/tips-sahabat/detail-content/7-fakta-sejarah-dan-teks-proklamasi-kemerdekaan-republik-indonesia/

ANIS SAHARA