Cara Mudah Mendetoks Tubuh Secara Alami

Sumber Foto: Pinterest

Salah satu bagian tubuh yang terpenting untuk dijaga adalah sistem pencernaan. Segala sesuatu yang kita makan akan melewati saluran pencernaan, kemudian disaring melalui hati untuk mengekstrak nutrisi dari semua yang kita makan sebelumnya.

Jika tubuh manusia mengalami masalah pada sistem pencernaan, tentunya banyak kondisi yang tidak akan nyaman dirasakan oleh tubuh, seperti diare, sembelit, mual, dan sakit perut. Kondisi seperti ini bisa menyebabkan terjadinya GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) atau penyakit asam lambung.

Untuk itu, tubuh manusia juga memerlukan detoks untuk membersihkan tubuh dari zat-zat yang tidak baik atau mengatur ulang tubuh. Berikut BINUS TV akan merangkum untuk Smart Viewers, beberapa cara alami yang dapat dilakukan untuk mendetoks tubuh secara alami.

  1. Meminum Air Putih

Selain sebagai kebutuhan harian, meminum air putih memiliki segudang manfaat bagi tubuh manusia. Jika diminum secara rutin dengan takaran yang sesuai, yaitu idealnya 8 gelas setiap hari, maka akan sangat baik untuk kesehatan ginjal, paru-paru, jantung, dan sistem pencernaan.

Sistem pencernaan yang terganggu akibat dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh menyebabkan terjadinya sembelit. Saat hal ini berlangsung, maka usus besar akan kesulitan untuk menyerap air yang menyebabkan feses menjadi keras dan kering.

  1. Mengkonsumsi Buah dan Sayur

Buah dan sayur merupakan serat alami yang bisa didapatkan untuk memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh. Serat berfungsi untuk melunakkan sisa pembakaran makanan yang bercampur dengan kuman dan bakteri lainnya dalam tubuh, sehingga Buang Air Besar (BAB) akan terasa lancar dan pencernaan pun akan bersih.

Sayuran berwarna hijau dan ungu sangat direkomendasikan untuk detoks alami tubuh. Kamu juga bisa mengkonsumsi biji-bijian, kacang-kacangan untuk mengurangi rasa lapar. Sementara untuk buah, kamu bisa mengkonsumsi perasan lemon, buah apel, alpukat, dan jenis-jenis beri. Makanan berserat ini akan memudahkan tubuh untuk mengeluarkan racun.

  1. Mengkonsumsi Probiotik

Probiotik berfungsi untuk memberikan dorongan dalam sistem pencernaan, sehingga keseimbangan bakteri baik pada usus akan membuat sistem pencernaan menjadi lancar. Selain itu, probiotik juga membantu dalam sistem kekebalan tubuh.

Probiotik yang bisa dikonsumsi adalahi yogurt, kimchi, kombucha, dan makanan jenis fermentasi lainnya. Mengkonsumsi probiotik dapat dilakukan disela-sela aktivitas keseharian kamu sebagai asupan baik untuk tubuh.

  1. Mengelola Stress

Selain mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat dan nutrisi, rahasia alami lain untuk mendetoks tubuh adalah dengan mengelola stress. Stress ternyata dapat mengganggu sistem pencernaan pada tubuh manusia loh, Smart Viewers.

Kondisi stress yang berlebihan akan menganggu dinding pembatas usus yang melindungi tubuh dari bakteri. Hal ini akan menyebabkan terjadinya peradangan pada sisstem pencernaan dan menjadi salah satu penyebab BAB yang tidak lancar. Oleh karena itu, kita harus mengelola stress dengan baik, seperti melakukan rutinitas yang menyenangkan sehingga membuat tubuh dan pikiran kembali segar dan Bahagia.

  1. Makan secara Perlahan

Cara seseorang untuk memakan makanannya bisa membawa efek yang berbeda bagi sistem pencernaan. Mengunyah makanan secara perlahan-lahan tidak hanya membuat tubuh merasa sekedar kenyang, namun merasa puas.

Ketika kita mengunyah makanan terlalu cepat, maka udara yang kita hirup akan lebih banyak yang membuat perut bekerja lebih keras. Hal ini menyebabkan perut terasa kembung dan begah. Makan dengan perlahan dan penuh perhatian tentunya akan menghindari kamu dari perasaan lesu setelah makan.

  1. Istirahat yang Cukup

Cara mendetoks tubuh dengan mudah dan paling ampuh adalah mencukupi kebutuhan tidur. Kita harus memperhatikan durasi yang ideal tubuh untuk beristirahat atau tidur. Idealnya, manusia memerlukan waktu tidur 7 sampai 9 jam sehari.

Dengan mencukupi kebutuhan tidur, maka tubuh akan secara otomatis memperbaiki seluruh sistem di dalamnya. Hal ini juga berpengaruh pada berat badan, penurunan kadar kolesterol, dan memperbaiki sel-sel dalam tubuh lainnya.

Ternyata untuk mendetoks tubuh secara alami dapat dilakukan dengan cara yang sangat mudah ya, Smart Viewers. Semoga tips-tips mendetoks tubuh dari BINUS TV tersebut dapat diaplikasikan dalam keseharian kamu, ya!

ANIS SAHARA