5 Sungai dengan Pemandangan Menakjubkan ini dapat Kamu Temui di Indonesia

Sumber foto: Pinterest

Smart Viewers, Indonesia memang dikaruniai tempat-tempat indah yang rasanya tidak akan habis untuk dibahas. Banyak sekali destinasi wisata yang bisa dikunjungi, bahkan banyak yang dijuluki dengan “surga dunia” karena memiliki pemandangan alam yang menakjubkan. Salah satu kekayaan alam yang tidak boleh dilewatkan bagi pecinta travelling adalah sungai.

Meski sebagian orang jarang menjadikan destinasi sungai sebagai pilihan tempat wisata, nyatanya di Indonesia begitu banyak deretan sungai yang memiliki pemandangan serta aliran sungai yang tak kalah mengagumkan dari sungai-sungai di luar negeri. Berikut ini BINUS TV rakumkan untuk Smart Viewers, 5 Sungai dengan pemandangan menakjubkan yang berada di Indonesia:

  1. Kali Biru Warsambin, Kepulauan Raja Ampat
Sumber foto: Pinterest

Siapa yang tak kenal dengan kawasan Raja Ampat? Kepulauan Raja Ampat memang bisa dibilang gudangnya pemandangan alam yang indah di Indonesia. Salah satu tempat yang bisa membuat kamu terpesona adalah sungai Kali Biru Warsambin. Seperti Namanya, sungai ini memiliki aliran sungai dengan warna biru. Warn ini didapat karena fenomena alam aliran sungai yang menyerap gelombang cahaya matahari.

Selain itu jika kamu berenang di sungai Kali Biru Warsambin ini, kamu akan merasakan sensasi sejuk dan dingin yang menyegarkan dari airnya. Tapi kamu harus tetap berhati-hati jika ingin berenang di sungai ini ya, Smart Viewers. Karena aliran sungai Kali Biru Warsambin terbilang cukup deras. Selain dapat menikmati sensasi kesegaran air sungainya, kamu juga akan dimanjakan dengan rimbunnya pepohonan dan vegetasi hijau yang rimbun.

  1. Sungai Sekonyer, Kalimantan Tengah
Sumber foto: Pinterest

Bagi Smart Viewers yang merupakan pecinta film pasti sudah tidak asing dengan film “Anaconda”, bukan? Lokasi pembuatan syuting film “Anaconda” sendiri dibuat di Sungai Sekonyer ini loh, Smart Viewers. Kamu akan disuguhi pemandangan yang indah saat menelusuri Sungai Sekonyer di Kalimantan Tengah ini.

Kamu bisa memanfaatkan perahu klotok sambil bermalam didalam perahu tersebut. Semakin mengasyikan lagi, kamu bisa menyantap hidangan lezat didalam kapal sembari merasakan suasana asri dan indah dari pemandangan alam di Sungai Sekonyer. Ditambah lagi, kamu bisa melihat secara langsung habitat-habitat orang utan yang hidup di dalamnya. Dijamin, kamu akan merasakan pengalaman yang sangat tak terlupakan jika berkunjung ke Sungai Sekonyer.

  1. Sungai Tamborasi, Sulawesi Tenggara
Sumber foto: Kolakcyber

Sungai Tamborasi yang berada di lokasi Provinsi Sulawesi Tenggara ini hanya memiliki panjang 20 meter dan lebar 15 meter. Sungai ini diklaim sebagai sungai terpendek di dunia. Meski Sungai Tamborasi merupakan sungai terpendek di dunia, namun sungai ini menyguhkan pemandangan yang sangat eksotis dengan air sungainya yang berwarna biru. Aliran sungainya pun terbilang sangat tenang dan memiliki suhu air yang dingin.

Kamu juga akan dimanjakan dengan rimbunnya pepohonan di sekitar sungai. Disekelilingnya terdapat bebatuan sungai yang membuat pemandangan sungai ini semakin indah. Selain itu, kamu juga dapat menikmati pemandangan pantai yang hanya beberapa meter dari lokasi sungai. Hal ini memberikan pesona dengan pemandangan yang berbeda dari sungai-sungai lainnya.

  1. Sungai Musi, Sumatera Selatan
Sumber foto: Flickr

Selain merupakan ikon khas dari Palembang, Sungai Musi juga merupakan sungai yang menjadi pusat perekonomian warga Sumatera Selatan. Sungai Musi membelah Kota Palembang menjadi 2 yaitu Seberang Ilir dan Seberang Ulu yang memiliki Panjang sungai 750 km.

Di tengah Sungai Musi terdapat Pulau Kemaro yang menjadi incaran destinasi para wisatawan. Di pulau Kemaro ini menawarkan pemandangan cantik dan legenda yang menarik. Pada sore harinya, kamu akan dibuat takjub dengan pemandangan sunset dengan warna air yang berubah menjadi warna keemasan. Ditambah lampu-lampu kota yang menyala dan pemandangan jembatan menambah kesan yang mempesona bagi Sungai Musi.

  1. Sungai Cukang Taneuh, Jawa Barat

Provinsi Jawa Barat juga tak ketinggalan dengan sungai eksotisnya. Sungai Cukang Taneuh atau biasa disebut dengan “Green Canyon” ini menjadi destinasi yang patut untuk dijadikan list wisata untuk kamu. Terletak di Kabupaten Ciamis , Jawa Barat, sungai ini memiliki keindahan yang tak kalah memukau.

Sungai Cukang Taneuh diapit dengan 2 tebing serta dikelilingi oleh pepohonan yang rimbun. Hal ini membuat pantulan airnya berwarna hijau sehingga menyejukkan pemandangan. Selain itu, kamu bisa menaiki perahu untuk mengelilingi pemandangan sepanjang sungai Cukang Taneuh ini.

Ternyata di Indonesia memiliki sungai-sungai indah yang tak kalah menakjubkan dari di luar negeri ya, Smart Viewers. Tapi jika kamu berlibur ke sungai-sungai dan destinasi wisata lainnya di Indonesia, kamu harus tetap menjaga kebersihan ya! Karena jika sungai-sungai bersih dan bebas tercemar, kita semua dapat menikmati keindahan alam Indonesia yang menakjubkan ini sampai anak cucu kita nanti.

 

ANIS SAHARA