Tips-tips Merayakan Patah Hati Akibat Putus Cinta

Sumber foto: Pinterest

Smart Viewers, dalam hidup pasti kita akan mengalami hal-hal yang tidak terduga. Entah yang membuat kita bahagia atau malah justru membuat kita sedih dan terpuruk. Salah satu yang paling sering dialami tentunya perihal hubungan percintaan. Hubungan percintaan yang dijalani pasti ada kalanya mengalami kendala, dan yang paling menyulitkan adalah ketika mengalami putus cinta.

Melalui masa-masa putus cinta memang bukan perkara yang mudah, ya Smart Viewers. Namun, jika saat ini kamu sedang mengalami putus cinta dan sedang berjuang bangkit dari kesedihan, BINUS TV akan merangkum hal-hal yang bisa kamu coba untuk membangun perasaan positif setelah putus cinta:

  1. Mengambil Waktu untuk Meresapi Keadaan
Sumber foto: Freepik

Saat mengalami patah hati akibat putus cinta, memang rasanya ingin segera berlalu. Kadang, seseorang melakukan berbagai cara untuk mengalihkan pikiran dari hal-hal menyedihkan dengan harapan rasa sedih itu bisa menghilang secara instant. Namun, hal ini tidak selalu berjalan dengan mulus. Saat mengalami patah hati, kamu justru berhak untuk merayakan rasa berduka tersebut dan perlahan-lahan mengizinkan diri untuk bersedih. Beri waktu untuk dirimu sendiri jika ingin menangis, berduka, dan ingin meluapkan emosi. Jangan mencoba untuk menahan atau melawan emosi tersebut untuk tetap terlihat baik-baik saja, karena patah hati juga harus dirayakan.

  1. Menjauh dari Media Sosial
Sumber foto: Freepik

Kehidupan di media sosial kerap kali mempengaruhi mood kita. Terkadang dengan melihat kehidupan orang lain, kita malah jadi membanding-bandingkan diri dengan orang lain. Hal ini bisa memperlambat proses pemulihan patah hati kamu loh, Smart Viewers. Untuk mengurangi perasaan tidak nyaman seperti ini, kamu bisa menjauh dulu dari media sosial. Kamu bisa menonaktifkan akun media sosial kamu untuk sementara waktu atau pun bisa me-logout akun media sosial mu untuk beberapa hari.

  1. Mengaplikasikan Konsep Mindfulness
Sumber foto: Freepik

Mindfulness merupakan konsep untuk membawa pikiran kita ke masa sekarang. Dalam kondisi seperti ini, kamu harus membawa diri kamu ke masa sekarang dimana ini adalah keadaan yang kamu harus lewati. Dengan menerapkan konsep mindfulness, kamu lebih bisa menjalani hidup dengan bebas dan lebih realistis, tanpa perlu memaksakan dan mengatur bahwa hidup tak selalu kamu bisa kendalikan sesuai keinginanmu.

  1. Mengenali Diri Lebih dalam
Sumber foto: Freepik

Selama menjalani hubungan, mungkin kamu sedikit banyak selalu menyesuaikan diri kamu dengan pasangan. Hal ini membuat kamu lupa untuk menjadi diri sendiri. Putus cinta bisa menjadi momen tepat agar kamu bisa mengenali dirimu sendiri yang telah kamu lewatkan sebelum kamu menjalani hubungan bersama mantan kekasih. Kamu bisa melakukan tapak tilas, dimana kamu mengingat hal-hal apa saja yang kamu sukai, mengingat hal-hal yang belum sempat kamu coba atau hal yang ingin kamu lakukan, dan melakukan me time dengan kegiatan yang sebelumnya kamu tinggalkan selama sibuk berpacaran.

  1. Berbagi dengan Sesama
Sumber foto: Freepik

Berbagi dengan sesama menjadi salah satu hal yang bisa menenangkan hati kita. Kamu bisa melakukan banyak hal untuk orang lain seperti menjadi sukarelawan, berbagi bingkisan, ataupun melakukan kegiatan sosial lainnya. Mengetahui orang lain berbahagia lewat kepedulian yang kita berikan, akan berdampak positif untuk diri sendiri, menimbulkan perasaan bersyukur, dan membuat hari-hari mu lebih cerah.

  1. Self Care
Sumber foto: Freepik

Setelah melakukan pengobatan dari dalam diri, selanjutnya kamu bisa “mereparasi” bagian luar di dirimu. Kamu bisa memanjakan diri kamu sendiri untuk merawat tubuh atau wajah, seperti spa, creambath, membeli dan mengaplikasikan skincare secara rutin. Kamu juga bisa memperkuat metabolisme tubuh kamu dengan berolahraga secara teratur, makan-makanan yang bernutrisi, dan istirahat yang cukup. Jika kamu melakukan hal-hal yang berdampak positif untuk fisikmu, ini juga akan mempengaruhi mood kamu untuk lebih  positif lagi dan lebih bahagia. Ingat sebuah peribahasa ya Smart Viewers, “Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang sehat!”

Menyembuhkan diri dari patah hati memang memerlukan waktu yang tidak sebentar dan bukan perkara mudah. Tapi, kamu harus terus berjuang agar bisa mengalahkan perasaan kecewa dan segera bangkit dari patah hati. Selamat merayakan patah hati, Smart Viewers!

ANIS SAHARA