Mobil Terbang Segera Menjadi Kenyataan

Prototipe mobil terbang “AirCar” yang dikembangkan perusahaan Klein Vision tampak di bandara Bratislava, Slowakia (Foto: Reuters)

 

Keinginan kita melihat mobil terbang seperti dalam film fiksi ilmiah, tampaknya akan segera terujud.  Sebuah mobil dengan sayap telah menyelesaikaan uji terbang di Slowakia.

Sebuah mobil dengan sayap hasil rancangan Stevan Klein telah  menyelesaikan uji terbang di Slowakia awal Juli lalu.  Perancang prototipe AirCar tersebut kepada Markiza TV mengatakan keberhasilannya tersebut membawanya selangkah lebih dekat menuju tercapainya mobil terbang.

“Baik sekali ketika ada aturan hukum yang memungkinkan mewujudkan rencana seperti ini dari lokasi virtual ke lokasi nyata. Ini tujuan kami – menciptakan produk sungguhan yang suatu hari nanti bisa Anda beli,” ujar Stevan.

Dalam uji coba tersebut, perancang AirCar Stevan Klein mengemudikan mobil terbang rancangannya selama 35 menit, dari Nitra ke ibu kota Slowakia, Bratislava.

“Ketika kami tiba di bandara, suasana masih gelap. Kami menarik mesin itu ke landasan pacu. Meskipun kami sudah menerbangkannya selama berjam-jam, ketika melintasi landasan yang panjang, rasanya tetap berbeda.”

AirCar yang berkekuatan 160 tenaga kuda dirancang dengan sayap yang dapat dikendalikan. Piranti ini sudah melalui uji penerbangan selama lebih dari 40 jam dan dapat mencapai kecepatan jelajah maksimum di udara hingga 190 kilometer per jam.

Editor: Mus