People Innovation Excellence

Kenali Kondisi Tubuh Saat Imun Menurun dan Cara Penaganannya

Sumber foto: Freepik

Di masa pandemic seperti sat ini, kegiatan mobilitas kita memang sangat terbatas. Meski harus lebih banyak di rumah saja, namun kita juga harus tetap menjaga imun agar tetap kuat ya, Smart Viewers juga harus tau dan mengenali kondisi dimana imun tubuh mulai melemah atau menurun agar dapat dilakukan penanganannya secara dini.

Berikut BINUS TV akan merangkum tanda-tanda tubuh yang mengalami penurunan imun beserta penanganannya.

  1. Pilek

Menurut Heather Moday yang merupakan dokter dan ahli imunologi integratif, pilek atau yang bisa disebut selesma bisa menjadi tanda penurunan kekebalan tubuh. Dikutip dari CDC, seseorang mengalami 2-3 kali sakit pilek per tahunnya merupakan hal yang normal dan kebanyakan dapat kembali pulih di hari ke 7-10. Namun jika seseorang memerlukan waktu lebih lama untuk pulih, maka sistem kekebalan tubuh kita sedang berjuang untuk mengimbanginya.

  1. Mudah Lelah

Jika kamu mengalami kesulitan bangun atau terjaga sepanjang hari, ini menjadi salah satu tanda sistem imun sedang terganggu. Dilansir dari Insider, terdapat timbal balik antara tidur dan sistem imun. Infeksi atau sakit akan berdampak buruk pada pola tidur, sementara kualitas tidur yang cukup berfungsi untuk menguatkan sistem imun.

  1. Mengalami Masalah Pencernaan

Ada kalanya seseorang mengalami masalah pencernaan seperti diare, kembung, kram atau konstipasi. Masalah pencernaan ini juga merupakan tanda bahwa sistem tubuh sedang lemah. Sebanyak 70 persen jaringan pada sistem imun tubuh berada di usus dan saat kita mengalami masalah pencernaan, maka hal yang perlu dipertimbangkan adalah kondisi imun tubuh.

  1. Timbul Masalah Kulit dan Pemulihan yang Lambat

Dokter kulit holistik, Keira Barr menuturkan bahwa sistem kekebalan tubuh mempengaruhi jenis mikroorganisme yang hidup di kulit dan mempengaruhi risiko penyakit. Saat seseorang mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh, timbul masalah kulit seperti eksim, reaksi alergi, penyembuhan luka yang lambat, infeksi bakteri, jamur atau virus. Hal ini disebabkan karena pola makan yang buruk hingga stress yang menimbulkan imunosupresi.

  1. Nyeri Pada Sendi

Menurut Health Shots, saat kekebalan tubuh melemah dalam waktu yang lama, maka akan timbul vakulitis atau peradangan pada pembuluh darah karena gangguan autoimun atau infeksi. Selain itu, seseorang juga bisa mengalami sendi bengkak dan kaki yang nyeri karena peradangan lapisan sendi.

  1. Luka Yang Lambat Sembuh

Sistem imun yang sedang mengalami penurunan akan meyulitkan kulit untuk beregenerasi sehingga menyebabkan luka lebih lama untuk sembuh. Hal ini berbeda jika tubuh dalam kondisi sehat, maka pemulihan atau regenerasi kulit akan berlangsung dengan cepat.

  1. Rentan Infeksi

Menurut Pooja Banga yang merupakan ahli gizi menyebutkan bahwa sistem kekebalan tubuh terdiri dari sel darah putih, kelenjar getah bening, dan antibodi. Ketika sel darah putih berkurang, maka tubuh akan lebih rentan terhadap infeksi.

Setelah mengetahui tanda-tanda melemahnya sistem imun atau penurunan sistem kekebalan tubuh, selanjutnya kamu perlu tahu cara untuk mengantisipasinya. Berikut beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan untuk mengembalikan kekuatan sistem imun pada tubuh kita.

  1. Tidur yang Cukup

Tubuh akan melepas kekuatan pemulihan atau sitokin protektif saat tidur. Ini merupakan terjadinya pelepasan protein pada tubuh selama tidur yang berfungsi mendorong kualitas tidur dan melawan infeksi.

  1. Diet Seimbang

Mengkonsumsi mekanan dengan gizi yang seimbang merupakan hal yang penting untuk menguatkan sistem imun, hal ini diperlukan agar semua kebutuhan nutrisi pada tubuh selalu terpenuhi.

  1. Aktivitas Fisik Rutin

Melakukan Aktivitas secara rutin akan menjaga tulang tetap kuat. Hal ini mendorong bakteri paru keluar dan juga menurunkan risiko penyakit jantung.

  1. Manajemen Stress

Secara alamiah, stress memang tidak dapat dihindari oleh semua orang. Namun kita tetap bisa mengontrol rasa stress tersebut lewat meditasi, olahraga, menulis jurnal, ataupun melakukan kegiatan lainnya yang kita sukai.

  1. Menerapkan Praktik Kebersihan.

Menjaga kebersihan mulai dari tubuh sendiri seperti mencuci tangan, menutup mulut dengan kain saat batuk, menjaga luka dalam kondisi tertutup, dan mandi secara rutin merupakan hal yang dapat mendorong sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat.

Smart Viewers, jika kamu memiliki tanda-tanda penurunan sistem imun, sebaiknya kamu segera menanganinya secara dini agar sistem kekebalan tubuh tidak melemah secara berkelanjutan, ya!


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Social Media

    Tweets By @BinusTV

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close