People Innovation Excellence

Masih Takut sama Vaksin? Berikut Manfaat yang didapat Jika Kita Melakukan Vaksin Covid-19

Pemerintah Indonesia dan seluruh dunia saat ini sangat gencar dalam menjalankan program vaksin Covid-19. Yang mana, saat ini proses pendaftaran vaksin di Indonesia sudah dapat dilakukan oleh masyarakat luas dengan cara mudah dan gratis. Kemunculan vaksin Covid-19 memang memberikan angin segar dan harapan baru bagi masyarakat dunia, terutama warga Indonesia. Namun ternyata tidak sedikit pula masyarakat yang meragukan keefektifan dan keampuhan vaksin Covid-19. Bahkan banyak pula masyarakat yang enggan melakukan vaksin karena takut merasakan efek yang dirasakan setelah melakukan vaksin tersebut.

Fenomena kecemasan masyarakat terhadap efek samping dari vaksin Covid-19 ini juga didasari kurangnya pengetahuan yang dimiliki masyarakat terhadap seberapa penting atau pun manfaat yang didapatkan jika kita melakukan vaksin Covid-19. Sebelum membahas mengenai manfaat vaksin Covid-19, Smart Viewers terlebih dahulu harus tahu apa sebenarnya pengertian dari vaksin Covid-19.

Dilansir dari laman covid19.go.id, Vaksin Covid-19 merupakan bentuk pencegahan yang berfungsi mendorong pembentukan kekebalan tubuh spesifik pada penyakit Covid-19 agar terhindar dari tertular atau kemungkinan sakit berat. Namun perlu ditekankan, bahwa vaksin Covid-19 bukanlah obat. Vaksin diberikan kepada orang yang sehat untuk mencegah penyakit yang menjangkiti orang tersebut.

Nah, kalau gitu kenapa sih kita harus vaksin? Vaksin Covid-19 tentunya memiliki manfaat bagi penerimanya loh, Smart Viewers. Berikut ini merupakan manfaat vaksin Covid-19 yang dilansir dari laman covid19.go.id.

  1. Vaksin menyelamatkan jiwa, melindungi diri, keluarga, dan masyarakat dari berbagai penyakit menular yang berbahaya.
  2. WHO menyebutkan, sebanyak 2 – 3 juta jiwa terselamatkan tiap tahunnya di seluruh dunia. Sejak vaksin ditemukan sejumlah penyakit yang dulunya mematikan dan membuat kelumpuhan menjadi sangat jarang, atau punah.
  3. Vaksin membentuk kekebalan tubuh untuk melawan suatu penyakit dengan lebih cepat dan ampuh.
  4. Tidak hanya untuk Individu, vaksin juga memberikan perlindungan bagi orang-orang yang tidak dapat diimunisasi, contohnya pada usia tertentu, maupun orang dengan penyakit tertentu.
  5. Semua vaksin yang tersedia untuk masyarakat sudah melalui uji keamanan dan efektivitas yang ketat. Termasuk uji klinis, sebelum disetujui untuk diproduksi dan dapat digunakan.
  6. Jika terdapat cukup banyak masyarakat yang diimunisasi, maka dapat mengurangi penyebaran, memutus rantai penularan, dan menghentikan wabah. Hal ini tentunya dapat membentuk kekebalan tubuh pada suatu kelompok.
  7. Hampir semua rasa tidak nyaman atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) bersifat sementara. Seseorang yang mengalami KIPI dengan efek berat, jumlahnya sangat langka.

Wah, ternyata dengan melakukan vaksin Covid-19, bukan hanya kita yang mendapatkan manfaat baiknya ya Smart Viewers, orang-orang disekitarpun juga mendapatkan manfaatnya. Dengan menjalankan vaksin Covid-19, kita juga memberikan dampak yang sangat besar bagi seluruh dunia dalam bangkit melawan Covid-19.

Jadi, Smart Viewers sekarang tidak perlu ragu lagi untuk vaksin, ya! Jangan lupa tetap menerapkan protokol kesehatan walaupun kita sudah melakukan vaksin Covid-19, demi menjaga orang-orang tersayang di sekitar kita.

https://www.instagram.com/p/CQpkm63B6JD/?utm_medium=copy_link


Published at :
Leave Your Footprint

    Social Media

    Tweets By @BinusTV

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close