Kapolri Terbitkan Izin Liga 1 dan Liga 2 Dengan Prokes Ketat

Kapolri terbitkan izin kompetisi Liga 1 dan Liga 2. Sumber Foto; polri.go.id

 

Kompetisi sepak bola di tanah air akan segera bergulir, setelah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menerbitkan izin pertandingan sepak bola Liga 1 dan Liga 2 tahun 2021.

Izin diberikan dengan syarat, kompetisi tersebut nantinya harus diselenggarakan dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) penanganan Covid-19 yang disiplin dan ketat.

“Karena itu dari hasil diskusi kami memutuskan memberikan izin keramaian dengan catatan tetap melaksanakan protokol kesehatan secara ketat,” kata Sigit dalam jumpa pers di Gedung Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (31/5/2021).

Kapolri menjelaskan, pihak kepolisian akan melakukan pengawasan dan evaluasi berkala saat nanti bergulirnya kompetisi Liga 1 dan Liga 2 itu. Apabila di perjalanannya ditemukan pelanggaran maka aparat tak segan untuk memberikan sanksi yang pastinya akan menyangkut dari pertandingan itu sendiri.

“Kegiatan akan kami evaluasi sehingga pelanggaran prokes berpengaruh terhadap proses pelaksanaan liga,” ujar Sigit.

Mantan Kapolda Banten itu menegaskan, seluruh pihak penyelenggara harus memastikan peristiwa konvoi suporter sepak bola tidak akan kembali terulang di pelaksanaan Liga 1 dan Liga 2.

“Maka penyelenggaran liga sepak bola beberapa waktu lalu tentu menjadi bagian dari evaluasi kami. Beberapa waktu lalu penyelenggaraan sudah cukup bagus, tapi yqng kami sayangkan masih terjadi arak-arakan di akhir pertandingan yang potensial menimbulkan klaster Covid-19,” ucap Sigit.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali memastikan pelaksanaan Liga 1 dan Liga 2, akan berkomitmen untuk menerapkan protokol kesehatan.

Salah satunya, menurut Menpora, dengan melaksanakan pertandingan Liga 1 dan Liga 2 di Pulau Jawa, yang angka penyebaran virus coronanya rendah atau dikategorikan sebagai zona hijau.

Kompetisi Liga 1 rencananya akanĀ  bergulir 10 Juli 2021. Sedangkan Liga 2 akan bergulir pada 24 Juli 2021.

Editor: Mus