Pengguna Facebook, Instragam Kini Bisa Sembunyikan Jumlah ‘Like’

Sumber Foto: VOA Indonesia

 

Instagram dan Facebook sejak Rabu (26/5) telah meluncurkan fitur yang bisa menyembunyikan angka yang menunjukkan berapa banyak orang yang menyukai kiriman teks dan foto oleh pengguna.

Instagram mulai menyembunyikan fungsi ‘likes’ atau ‘suka’ pada 2019 sebagai bagian dari upaya untuk membuat aplikasi media sosial itu lebih bersahabat dan mengurangi tingkat stres para pengguna.

Banyak pengguna yang menyambut baik fitur ini, tetapi seperti dilaporkan VOA Indonesia, sebagian lain, termasuk para influencer, khawatir jika hal tersebut menghilangkan pengalaman bermedia sosial.

Untuk menyembunyikan jumlah ‘like’ di Instagram, pengguna bisa masuk ke bagian pengaturan dan klik bagian “posts”. Jika pengguna memilih untuk mematikan fungsi jumlah ‘like’, hal tersebut berlaku untuk semua unggahan pengguna. Selain itu, pengguna juga bisa menyembunyikan jumlah postingan individu sebelum dipublikasikan.

Pengguna juga bisa memilih untuk menyembunyikan jumlah like sebelum mempublikasikan sebuah unggahan. Atau, bisa menyetel “on” atau “off” setelah unggahan itu muncul.

Fitur ini telah tersedia untuk pengguna Instagram mulai Rabu (26/5), sedangkan untuk pengguna Facebook akan muncul dalam beberapa minggu ke depan.

Editor: Mus