Program Nasional Literasi Digital “Makin Cakap Digital” Diluncurkan

 

Program Literasi Digital Nasional dengan tema “Indonesia Makin Cakap Digital 2021”  akan diluncurkan Kementerian Komunikasi dan Informatika di Hall Basket Senayan, Kamis (20/05/2021).

Presiden Joko Widodo bersama Menteri Kominfo Johnny G. Plate, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim dijadwalkan  menghadiri acara yang akan diikuti masyarakat dari 514 kabupaten dan kota di 34 provinsi Indonesia.

Peluncuran program itu menandai pelaksanaan kelas literasi digital secara simultan di 514 kabupaten dan kota.

Jubir Kementerian Kominfo, Dedy Permadi menjelaskan, penyelenggaraan kegiatan peluncuran dilakukan secara hybrid dimana pelaksanaan offline di Istora Senayan dan secara online.

Jubir Kementerian Kominfo menambahkan, kelas pelatihan literasi digital “Indonesia Makin Cakap Digital” terbuka bagi masyarakat luas secara gratis di sepanjang tahun ini dan tahun-tahun berikutnya.

Kelas tersebut akan berlangsung secara hybrid dengan 50 orang peserta yang hadir baik on-site maupun secara online melalui platform Zoom dengan menghadirkan narasumber di bidang komunikasi, informatika dan teknologi digital.

“Materi kelas literasi digital didasarkan pada 4 pilar utama, yaitu: Etis Bermedia Digital; Aman Bermedia Digital; Cakap Bermedia Digital; dan Budaya Bermedia Digital,” tutur Dedy Permadi.

Masyarakat yang akan mengikuti kelas sesuai dengan peminatan dan waktu pilihan, dapat mengakses informasi terkait kelas-kelas ini melalui akun Instragram Siberkreasi dan melalui tautan https://event.literasidigital.id/

Editor. Mus